Facebook Segera Rilis Fitur ‘Unsend’ di Messenger

Home Enterprise Facebook Segera Rilis Fitur 'Unsend' di Messenger

Facebook baru-baru ini dituduh secara diam-diam menghapus pesan yang dikirim oleh CEO Mark Zuckerberg dari kotak masuk penerima. Seperti yang kita ketahui, selain Zuckerberg dan deretan eksekutif di Facebook, pengguna lainnya tidak memiliki kontrol untuk menghapus pesan yang telah mereka kirim ke pengguna lainnya. Namun, karena ada banyak aduan dan tuduhan macam-macam dari pengguna, hal ini akan segera berubah. Dari laporan yang dikutip dari TechCrunch, Facebook segera rilis fitur ‘Unsend’ di Messenger untuk semua pengguna dalam beberapa bulan ke depan. Fitur ini nantinya akan berfungsi untuk menghapus pesan yang telah kita kirim.

Facebook Segera Rilis Fitur ‘Unsend’ di Messenger

Berita ini dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook kepada TechCrunch, yang mengungkapkan bahwa Facebook saat ini sedang mengerjakan pengembangan fitur ‘Unsend’. Fitur ini akan tersedia secara universal untuk semua pengguna Messenger dalam beberapa bulan mendatang.

Saat ini, Facebook Messenger menawarkan mode Secret Conversation, di mana pengguna dapat mengaktifkan timer untuk menghapus semua pesan secara otomatis setelah waktu yang ditentukan. Semua penerima percakapan juga diberitahu tentang waktu kedaluwarsa dari percakapan mereka.

Memang benar fitur ‘Unsend’ akan memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan secara selektif dari kotak masuk penerima. Namun, fitur ini diumumkan hanya setelah adanya aduan yang diajukan terkait perlakuan khusus dari CEO Mark Zuckerberg; di mana perlakuan penghapusan pesan ini melanggar kebijakan Facebook.

Baca juga: Fitur Panggilan Suara dan Video di Instagram Akan Segera Hadir

Berikut adalah pernyataan dari juru bicara Messenger terkait isu dari penghapusan pesan oleh Zuckerberg ini:

“Kami telah mendiskusikan fitur ini beberapa kali. Dan pengguna yang menggunakan fitur Secret Conversation dalam versi Messenger yang terenkripsi memiliki kemampuan untuk mengatur timer dan menghapus pesannya secara otomatis. Kami sekarang akan membuat fitur ‘Unsend’ yang lebih ditingkatkan lagi. Pengembangan ini mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hingga fitur ini siap, kami tidak akan lagi menghapus pesan apa pun milik eksekutif kami. Kami seharusnya melakukan tindakan mengenai hal ini lebih cepat; dan kami menyesal karena kami tidak melakukannya.”

Meskipun Facebook telah meminta maaf karena tidak segera merilis fitur ini, penghapusan pesan milik CEO mereka masih membekas, Hal ini dapat mengurangi kepercayaan beberapa pengguna mereka. Facebook juga telah memastikan bahwa hal seperti ini tidak akan terjadi lagi sampai fitur ‘Unsend’ dirilis secara universal untuk semua pengguna.

Dengan diumumkannya fitur ‘Unsend’ ini, terlihat jelas bahwa Facebook ingin menormalkan situasi dan membuat insiden ini layaknya bukan masalah besar. Bahkan, laporan yang diumumkan juru bicara mereka ini terkesan terburu-buru; dan merupakan upaya untuk mengurangi kritik yang akan diterima dengan menawarkan fitur ‘Unsend’ ini kepada semua pengguna.

SumberTechCruch

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...