4 Emulator SNES Terbaik di Android

Bermain game-game seru SNES sekarang jadi lebih mudah dan '(mungkin) lebih menyenangkan' melalui ponsel Android yang dapat dibawa ke-sana ke-mari.

Home Listicle 4 Emulator SNES Terbaik di Android

-

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari deretan permainan yang membuat konsol ini cukup populer ketika pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1990 silam. Oleh karena itu, bagi pengguna yang ingin bernostalgia, saya sudah merangkum beberapa emulator SNES terbaik di Android yang dapat membawa kembali semua kenangan masa kecil bersama konsol seminal dari Nintendo ini.

Sedikit trivia: selain SNES, konsol ini juga memiliki beberapa nama lain, seperti Super NES, Super Nintendo, Super Famicom (SFC) yang digunakan oleh pengguna di Jepang, dan Super Comboy oleh pengguna di Korea Selatan.

4 Emulator SNES Terbaik di Android

1. Snes9x EX+

Emulator SNES pertama yang ingin saya bahas adalah Snes9x EX+. Emulator ini dikembangkan oleh Robert Broglia, dan telah diunduh sebanyak 5 Juta kali di Play Store. Nilai jual dari emulator ini adalah ketersediaannya yang bersifat open source, dan dapat dunduh secara gratis tanpa disertai iklan.

Emulator SNES Terbaik di Android
Kredit gambar: Robert Broglia / Google Play Store

Dengan mengunduh Snes9x EX+ ini, pengguna sudah dibekali dengan satu permainan klasik, yaitu Bio Worm. Meskipun begitu, pengguna juga dapat mengunduh ROM dari permainan lainnya. ROM yang diunduh harus berformat .smc dan .sfc, atau sudah dikompres dalam berkas dengan format ZIP, RAR, dan 7Z. Untuk kontroler, pengguna dapat menggunakan kontroler PS4 atau Xbox One yang dapat disambungkan menggunakan Bluetooth. Kontroler lain juga didukung, namun tombolnya terkadang harus diatur secara manual.

Unduh di Play Store

2. RetroArch

Berbeda dengan emulator lainnya, RetroArch tidak hanya mendukung sistem permainan SNES, namun juga beberapa yang lainnya, termasuk PSX, GameBoy, dll. Untuk menggunakan RetroArch, pengguna diharuskan mengunduh suatu ‘core’ dari sistem permainan yang ingin dijalankan. Ada beberapa ‘core’ SNES yang disediakan, namun saya menyarankan untuk memilih Snes9x karena kualitas dan reputasinya yang sudah banyak dikenal bagus.

Emulator SNES Terbaik di Android
Kredit gambar: Libretro / Google Play Store

Di sisi antarmuka pengguna, RetroArch menawarkan menu yang ‘eye candy’ dan mudah diakses. Selain itu, fitur yang ditawarkan meliputi pemindaian berkas permainan, pemetaan input kontroler, kemampuan untuk menggunakan kode cheat, dukungan multi bahasa, mode multiplayer dengan bantuan NetPlay, dan masih banyak lagi. Namun, yang paling saya suka, dan saya yakin juga disukai oleh semua pengguna, yaitu tidak adanya iklan yang menganggu dalam emulator RetroArch ini.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 5 Emulator PSP Terbaik di Android Edisi 2019

3. SuperRetro16 (SNES Emulator)

SuperRetro16 merupakan emulator SNES yang diklaim tercepat dan memiliki kompatibilitas terbaik dari yang lainnya. Emulator ini juga memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Chromecast untuk memainkan permainan dari TV dengan ponsel yang akan berfungsi sebagai kontroler. Pengguna juga dapat memanfaatkan fasilitas ‘Cloud Syncing’ yang dapat menynkronkan progres permainan pengguna dari cloud menggunakan perangkat lain.

Emulator SNES Terbaik di Android
Kredit gambar: Neutron Emulation John Emulators / Google Play Store

Fitur lainnya meliputi dukungan untuk kontroler Bluetooth, penggunaan kode cheat, dukungan ‘mouse’ untuk beberapa permainan, dan ‘Turbo Mode’ untuk memainkan permainan dengan cepat. SuperRetro16 juga menawarkan performa yang bagus dengan dukungan ‘visual effect shaders’ yang dapat menghasilkan kualitas grafik yang memuaskan. Selain itu, emulator ini juga mendukung ROM dengan berbagai format, serta berkas yang sudah dikompres. Ada juga mode multiplayer menggunakan Wi_Fi dan Bluetooth.

Unduh di Play Store

4. John NESS

Emulator SNES terbaik di Android yang terakhir ingin saya bahas adalah John NESS. Emulator ini telah diunduh oleh lebih dari 50 Ribu pengguna, dan memiliki lebih dari 800 ulasan di Play Store. Sama-sama dikembangkan oleh John Emulators, John NESS merupakan suksesor dari John NES dan John SNES.

Emulator SNES Terbaik di Android
Kredit gambar: / Google Play Store

Dikutip dari halaman Play Store John NESS, emulator ini menggunakan engine asli dari NES atau SNES, yang dapat menghasilkan rendering dengan kualitas tinggi. Apa itu engine asli yang dimaksud? Saya juga tidak tahu, namun terdengar ‘autentik’ hehe. Fitur yang dimiliki meliputi fungsi untuk menggunakan kode cheat, dukungan berkas ZIP, penyimpanan progres permainan, tata letak kontroler virtual yang dapat diatur, dan dukungan kontroler Bluetooth dan MOGA.

Namun, John NESS sayangnya menampilkan iklan. Pengguna dapat menghapus iklan tersebut dengan melakukan pembelian ‘remove ads’ di dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing emulator di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap emulator, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari emulator SNES terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...