5 Emulator Android Terbaik di PC Edisi 2018

Home Listicle 5 Emulator Android Terbaik di PC Edisi 2018

Software emulator Android akhir-akhir ini tampaknya menjadi lebih populer karena popularitas Android yang terus berkembang. Pengguna, termasuk pengembang, biasanya menggunakan emulator Android di PC mereka karena alasan yang bermacam-macam. Ada pengguna yang menggunakannya untuk bermain game Android di PC, mencoba aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat Android mereka, dan juga tidak sedikit pengembang yang menguji aplikasi mereka melalui emulator sebelum merilisnya. Karena ada banyak sekali emulator Android di luar sana, artikel ini merupakan suatu rangkuman dari beberapa emulator Android terbaik di PC dengan berbagai macam fitur yang berbeda.

5 Emulator Android Terbaik di PC Edisi 2018

1. Nox App Player

Nox App Player dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gamer di Android. Emulator ini cocok digunakan untk memainkan game-game berat Android di PC, seperti PUBG Mobile atau Vainglory. Dengan emulator ini, pengguna juga dapat menjalankan aplikasi biasa dengan lancar dan menikmati pengalaman Android secara keseluruhan. Software ini juga disediakan secara gratis tanpa embel-embel iklan di dalamnya.

Emulator Android Terbaik di PC
Credit: BigNox

Fitur yang paling menarik yang dimiliki oleh emulator ini adalah fitur pemetaannya. Emulator Nox memungkinkan penggunanya untuk memetakan tombol Keyboard, Mouse, dan Gamepad. Pengguna juga bahkan dapat menetapkan tombol keyboard untuk mengakses fitur gestures yang biasa ada di Android.

Pengguna dapat menentukan penggunaan CPU dan RAM dalam opsi pengaturan untuk mendapatkan hasil penggunaan terbaik. Selain itu, Nox App Player juga memiliki fitur root yang mudah diakses. Pada waktu artikel ini ditulis, emulator Android ini didasarkan pada Android 4.4.2 (KitKat).

Kelebihan Nox App Player:

  • Fitur multiple windows pada satu perangkat;
  • Pemetaan yang mudah pada gamepad;
  • Akses root yang mudah.

Nox App Player dapat diunduh melalui halaman resminya melalui tautan ini.

2. BlueStacks

Emulator Android terbaik di PC lainnya adalah BlueStacks. Emulator ini mungkin adalah emulator Android yang paling dikenal di kalangan pengguna Android. BlueStacks banyak digunakan penggunanya untuk bermain game, dan memiliki banyak fitur yang sangat mudah diatur. Selain Play Store, pengguna memiliki opsi untuk mengunduh aplikasi yang dioptimalkan BlueStacks dari store aplikasinya sendiri.

Emulator Android Terbaik di PC
Credit: BlueStacks

Versi yang lebih baru, yang disebut BlueStack 4, mendukung pemetaan pada keyboard, namun tidak mendukung fitur gestures. Saat ini, BlueStacks juga sudah didasarkan pada Android Nougat.

Kelemahan utama dari emulator BlueStacks adalah iklan di dalamnya yang dapat mengganggu. Namun, BlueStacks menyediakan versi premium dari software ini untuk menghapus iklan tersebut dengan harga sekitar USD24.

Kelebihan BlueStacks:

  • Mudah diatur;
  • Dukungan untuk berbagai akun;
  • Didasarkan pada Android versi baru (Nougat).

BlueStacks dapat diunduh melalui halaman resminya melalui tautan ini.

Baca juga: 5 Emulator PSP Terbaik Untuk Android Tahun 2017

3. MeMu

MeMu relatif merupakan emulator pendatang baru jika dibandingkan dengan yang lain. Diluncurkan pada tahun 2015, MeMu Play, sama seperti kedua emulator di atas, difokuskan untuk bermain game. Untuk hal kecepatan, baik ketika bermain game atau menjalankan aplikasi biasa, emulator Android ini mempunyai nilai yang relatif sama seperti Nox dan BlueStacks.

Emulator Android Terbaik di PC
Credit: MeMu

Salah satu fitur terpenting dari emulator Android MeMu adalah dukungannya untuk chip AMD dan Nvidia. MeMu juga mendukung versi Android yang berbeda seperti Android Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop. Meskipun MeMu dikhususkan untuk game berkinerja tinggi, kinerja grafisnya relatif buruk. Pengguna akan melihat sedikit tekstur yang hilang dan tingkat kehalusan yang berkurang ketika bermain game dibandingkan dengan emulator lainnya.

MeMu saat ini berbasis pada Android Lollipop dan juga dapat menjalankan aplikasi produktivitas dengan baik.

Kelebihan MeMu:

  • Pemetaan keyboard, mouse, dan gamepad yang mudah;
  • Dukungan untuk AMD dan nVidia.

MeMu dapat diunduh melalui halaman resminya melalui tautan ini.

4. Ko Player

Sama seperti emulator game lain lainnya, Ko Player difokuskan untuk memberikan pengalaman gaming yang bebas lag pada penggunanya dengan software pre-install yang ringan.

Emulator Android Terbaik di PC
Credit: Ko Player

Meskipun dapat diunduh gratis, emulator ini menampilkan iklan di dalamnya yang dapat mengganggu. Emulator ini juga sangat mudah untuk diinstall dan memiliki fitur yang mudah diakses. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pemetaan pada keyboard dan gamepad.

Kelemahan dari emulator Android ini adalah kebiasaannya yang suka nge-freeze secara tiba-tiba. Selain itu, Ko Player juga masih sedikit buggy dan menyulitkan pengguna untuk meng-uninstall emulator Android ini.

Kelebihan Ko Player:

  • Memiliki UI yang simpel;
  • Mudah untuk diinstall.

Ko Player dapat diunduh melalui halaman resminya melalui tautan ini.

5. Genymotion

Emulator Android terbaik di PC yang terakhir dari daftar ini adalah Genymotion. Emulator ini bukanlah emulator Android kasual; melainkan Genymotion hanya ditargetkan untuk pengembang. Emulator Android ini memungkinkan pengguna untuk menguji aplikasi pada berbagai perangkat virtual dengan versi Android yang berbeda. Emulator ini kompatibel dengan Android SDK dan Android Studio. Genymotion juga bahkan dapat dijalankan di macOS dan Linux.

Emulator Android Terbaik di PC
Credit: Genymotion

Meskipun emulator ini khusus dibuat untuk pengembang, emulator ini juga masih dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi biasa atau aplikasi aplikasi untuk menunjang produktivitas pengguna. Namun, emulator ini sangat tidak cocok bagi pengguna yang ingin menggunakannya untuk kebutuhan gaming.

Sebagai tambahan, untuk mendapatkan versi premium Genymotion, pengguna diharuskan untuk berlangganan dengan biaya sekitar USD136/tahun.

Kelebihan Genymotion:

  • Dukungan untuk Android Studio;
  • Dapat dijalankan di Mac OS dan Linux;
  • Dapat menjalankan Android dari versi 4.1 – 8.0;
  • Memiliki UI yang elegan.

Genymotion dapat diunduh melalui halaman resminya melalui tautan ini.

Catatan: Daftar di atas merupakan kompilasi dari emulator Android terbaik di PC. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan. Sebagai tambahan, sebelum pengguna menginstall emulator di atas, penting untuk dicatat bahwa emulator-emulator tersebut tidak benar-benar lepas dari bug dan mungkin dapat menghasilkan lag dari waktu ke waktu. Performa emulator-emulator tersebut juga sepenuhnya akan dipengaruhi oleh spesifikasi PC pengguna.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Fitur Boomerang dan Mode Selfie Telah Hadir di Messenger

Kamera di Facebook Messenger mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan hari ini. Facebook mengumumkan jika fitur Boomerang dan mode selfie telah hadir di Messenger. Tidak...

FlashScore ID: Aplikasi Skor Langsung dan Jadwal Pertandingan Berbagai Olahraga

Di zaman yang sudah serba digital ini, melihat skor langsung dan jadwal pertandingan dari sebuah pertandingan olah raga dapat dilakukan dengan mudah; salah satunya...

Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Instagram menggunakan AI untuk membuat deskripsi foto yang diunggah penggunanya ke platform tersebut. Perilisan fitur baru ini diumumkan Instagram hari ini memalui halaman blog resminya....

Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Demi meningkatkan pengelaman penggunanya, Instagram akan menghapus follower dan like palsu, termasuk juga komentar palsu, dari akun yang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk mendapatkannya....