Microsoft Rilis Ekstensi Windows Defender di Chrome dan Firefox

Penggunaan ekstensi ini masih harus melibatkan Microsoft Edge.

Home Development Microsoft Rilis Ekstensi Windows Defender di Chrome dan Firefox

-

Minggu ini, Microsoft merilis ekstensi Windows Defender di Chrome dan Firefox. Ekstensi ini merupakan hasil port dari teknologi Windows Defender Application Guard yang sudah tersedia di Microsoft Edge. Untuk sementara waktu, ekstensi ini hanya berfungsi untuk Chrome dan Firefox yang berjalan pada Windows Insider rilis terbaru, yaitu build 18358. Namun, ketersediaanya untuk publik diharapkan terealisasi melalui rilis stabil terbaru Windows 10, dengan kode 19H1, pada April 2019 mendatang.

Microsoft Rilis Ekstensi Windows Defender di Chrome dan Firefox

Teknologi Windows Defender Application Guard adalah fitur keamanan Windows Defender yang relatif baru, dan dikhususkan untuk perusahaan. Sebelum ekstensi ini diumumkan, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Microsoft Edge. Melalui fitur ini, administrator dapat membuat daftar situs web yang dipercaya, yang nantinya dapat diakses oleh pengguna lain. Jika pengguna membuka situs web yang tidak ada di dalam daftar, maka Windows Defender Application Guard akan membuka situs tersebut melalui sesi karantina. Dengan begitu, attacker tidak memiliki celah untuk masuk ke sistem perusahaan jika situs web tersebut nantinya dianggap berbahaya.

Ekstensi Windows Defender di Chrome dan Firefox
Kredit gambar: Microsoft

Artikel terkait: 8 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android Edisi 2019

Ekstensi yang dirilis Microsoft di Chrome dan Firefox minggu ini juga memliki cara kerja yang sama. Setiap kali pengguna Chrome dan Firefox mengakses situs web tidak ada di dalam daftar, Windows Defender Application Guard akan memuat situs tersebut melalui sesi kuarantina di Microsoft Edge—bukan di Chrome atau Firefox. Namun, tautan apa pun yang diklik di sesi kuarantina masih akan dibuka di browser sebelumnya jika tautan tersebut mengarah situs web yang ada di dalam daftar tadi.

Untuk menggunakan fitur keamanan ini, administrator perusahaan harus:

  • Mengaktifkan Windows Defender Application Guard melalui Windows Defender;
  • Mengatur pengaturan isolasi jaringan untuk membuat daftar situs web terpercaya;
  • Memasang aplikasi companion dari Windows Defender Application Guard yang bisa diunduh melalui Microsoft Store;
  • Memasang ekstensi di Google Chrome atau Mozilla Firefox yang sudah disediakan oleh Microsoft.

Microsoft akhir-akhir ini gencar untuk meningkatkan pemasaran dari Microsoft Edge, yang jauh di bawah Chrome dan Firefox. Bulan Desember lalu, Microsoft mengumumkan jika mesin kerja dari Edge akan diganti menggunakan Chromium, yang juga digunakan Chrome dan browser-browser pada umumnya. Perilisan ekstensi ini mungkin adalah strategi Microsoft untuk mengenalkan fitur-fitur menarik di Edge yang tidak dimiliki oleh browser lain.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...