Dropbox Memberi Batasan 3 Perangkat untuk Pengguna Gratis

Pengguna diharuskan membayar untuk berlangganan paket Plus atau Professional jika ingin menghubungkan akun Dropbox di lebih dari 3 perangkat.

Home Internet Dropbox Memberi Batasan 3 Perangkat untuk Pengguna Gratis

Dropbox sekarang memberi batasan untuk pengguna gratis, di mana akun hanya bisa dihubungkan di 3 perangkat saja. Perusahaan cloud storage tersebut secara diam-diam memperbarui kebijakan penggunaan layanan yang ada di website mereka. Perubahan kebijakan ini, yang pertama kali dilaporkan oleh Liliputing, diluncurkan Dropbox pada awal bulan ini.

Dropbox Memberi Batasan 3 Perangkat untuk Pengguna Gratis

Pengguna gratis yang telah menghubungkan akunnya di lebih dari 3 perangkat sebelum Maret 2019 akan tetap diizinkan untuk akunnya agar tetap terhubung dengan perangkat-perangkat tersebut; meskipun telah melebihi batasan 3 perangkat. Namun, pengguna tidak dapat menambah perangkat baru lagi di akun tersebut. Jika pengguna memiliki lebih dari tiga perangkat yang ingin dihubungkan dengan akun Dropbox, pengguna harus membayar untuk paket Plus atau Professional, mulai dari USD 9.99, atau sekitar IDR 140.000 per bulan.

Artikel terkait: Dropbox Mengumumkan Kerja Sama dengan G Suite Apps

Dropbox nantinya akan memberi pesan jika akun pengguna telah melebeihi batas untuk terhubung dengan perangkat baru. Pesan yang disampaikan berisi pilihan untuk membayar atau memutuskan tautan akun di salah satu perangkat yang terhubung. Artinya, jika tidak ingin membayar namun tetap memaksa untuk menghubungkat perangkat ke-4 di akun gratis, pengguna harus memutuskan tautan di salah satu akun terhubung dan menghubungkan perangkat yang baru; begitu seterusnya.

Dropbox Memberi Batasan 3 Perangkat untuk Pengguna Gratis
Kredit gambar: Dropbox

Ponsel juga termasuk dalam batasan kebijakan tiga perangkat yang dimaksud Dropbox. Jadi, jika akun gratis pengguna sudah dihubungkan dengan laptop, ponsel, dan tablet, maka pengguna sudah mencapai batas yang ditetapkan. Namun, berdasarkan uji coba yang saya lakukan, perubahan ini tampaknya tidak berdampak pada penggunaan di browser. Jadi, pengguna masih dapat menggunakan Dropbox, meskipun sudah mencapai batas perangkat yang terhubung, melalui situs web langsung di https://www.dropbox.com.

Dengan mengurangi batas perangkat ini, Dropbox mengambil resiko untuk kehilangan sebagian penggunanya ke pesaing mereka. Namun, menurut saya, kehilangan pengguna gratis bukanlah kerugian yang besar. Selain itu juga, tiga perangkat seharusnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Sebagai perbandingan, platform note-taking berbasis cloud Evernote juga membatasi dua perangkat untuk pengguna gratisnya, yang menurut saya terlalu memaksa untuk membuat pengguna melakukan upgrade ke paket berbayar.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...