Detail Lengkap Tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite

Home Mobile Detail Lengkap Tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite

-

Lebih banyak dikenal sebagai produsen di dunia PC dan Game, Asus juga telah membuat sejumlah seri smartphone. Selama empat generasi Zenfones sebelumnya, Asus dilaporkan selalu melewatkan pameran pasar smartphone terbesar di dunia; salah satunya adalah event MWC di Barcelona. Karena inilah, smartphone flagship dari Asus sering kalah di pasaran dari para pesaingnya. Untuk sekarang, Asus tampaknya kembali ingin bersaing di dunia smartphone dengan merilis tiga smartphone baru sekaligus, yaitu Zenfone 5, Zenfone 5Z, dan Zenfone 5 Lite. Berikut adalah detail lengkap tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite.

Detail Lengkap Tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite: Flasgship Baru dari Asus

Tersedia dalam tiga model yang berbeda: Zenfone 5Z, Zenfone 5 standar, dan Zenfone 5L, ketiga smartphone ini mempunyai fitur dan spesifikasi layaknya smartphone papan atas yang diluncurkan pesaingnya. Dikutip dari CNET, spesifikasi dan fitur ini termasuk kamera belakang ganda dengan zoom 2x, speaker stereo, dan face unlock. Zenfone 5 bahkan juga memiliki lekukan di bagian atas layarnya serupa dengan yang dimiliki iPhone X. Luar biasa.

Design dan Layar

Asus Zenfone 5Z dan Asus Zenfone 5 keduanya memiliki body yang tertutup kaca, dengan desain yang berkilau. Smartphone ini memiliki dua pilihan warna, yaitu Midnight Blue dan Meteor Silver. Dengan layar berukuran 6.2 inci, layar Zenfone 5 memiliki bezels kecil dan mempunyai kemiripan seperti iPhone X di bagian atas. Selain itu, keduanya mempunyai bobot 155g dan memiliki layar dengan rasio 19:9 dan resolusi Full HD+.

Detail Lengkap Tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite
Credit: Koh Wanzi / HardwareZone.com.sg

Selain itu, layarnya keduanya merupakan layar LCD IPS yang dapat digunakan mesikpun menggunakan sarung tangan. Kedua ponsel ini juga dapat secara otomatis mengubah suhu warnanya berdasarkan pencahayaan di sekitar.

Untuk Zenfone 5 Lite, smartphone ini menngunakan layar IPS beresolusi Full HD+ dengan lebar 6 inci dan memiliki rasio 18:9. Smartphone ini juga memiliki bezel yang ramping.

Selain itu, ketiganya dibekali dengan sekumpulan fitur “AI” yang terpasang di depan, seperti pengisian daya AI, dan layar AI dengan rasio layar hingga 90 persen dari body yang dimiliki. Fitur AI yang dimiliki Asus Zenfone 5 sendiri juga kurang meyakinkan. Seolah-olah Asus hanya sembarangan melontarkan istilah AI ke dalam fiturnya.

Kamera

Detail lengkap tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite lainnya terletak pada kamera. Asus Zenfone 5Z dan Asus Zenfone 5 keduanya memiliki dual kamera belakang. Kamera utamanay dapat mengambil gambar dengan resolusi utama 12MP dengan aperture f/1.8, dan lensa sekunder yang mendukung pengambilan gambar dari sudut 120 derajat.

Detail Lengkap Tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite
Credit: Koh Wanzi / HardwareZone.com.sg

Kedua ponsel ini juga bisa merekam video di ukuran 4K, dan juga memiliki fitur kamera AI. Jadi, fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis mendeteksi jenis scenery yang sedang diambil dan menyesuaikan pengaturannya.

Untuk kamera depan, kedua smartphone ini dibekali dengan kamera 8MP menggunakan aperture f/2.0.

Baca juga: Informasi Lengkap dari Perilisan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Berbeda dengan keduanya, Zenfone Lite mempunyai kamera belakang 16MP dan kamera depan 20MP. Kedua kamera tersebut dilengkapi dengan lensa sekunder 120 derajat untuk pengambilan gambar dari sudut yang lebar, sehingga smartphone memiliki empat lensa kamera secara total.

Baterai

Semua tiga model Zenfone 5 memiliki baterai dengan kapasitas 3.300 mAh. Selain itu, Zenfone 5 dan Zenfone 5Z dilengkapi dengan fitur fast charging dan AI Charging. Artinya, smartphone-smartphone ini dapat memantau habit dari pengisian daya penggunanya dan melakukan penyesuaian untuk menghemat umur baterainya.

Spesifikasi

Ketinga smartphone dari Asus ini memiliki spesifikasi yang berbeda di bagian RAM dan chipset yang dipakai. Asus Zenfone 5Z memiliki RAM hingga 8GB dan menggunakan chipset Snapdragon 845. Asus Zenfone 5 hanya memiliki RAM 4GB dan menggunakan chipset Snapdragon 636 mid-range. Sementara itu, Zenfone 5 Lite masih menggunakan chipset Snapdragon 630.

Detail Lengkap Tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite
Credit: Koh Wanzi / HardwareZone.com.sg

Zenfone 5Z juga memiliki ruang penyimpanan lebih besar, yaitu 256GB, dibandingkan dengan Asus Zenfone 5 yang memiliki ruang penyimpanan 64GB. Selain itu, keduanya juga dilengkapi slot kartu microSD, termasuk juga pada Zenfone 5 Lite.

Zenfone 5Z dan Zenfone 5 juga akan menggunakan Android Oreo. Zenfone 5 Lite kemungkinan juga sama, hanya saja hal ini masih belum dikonfirmasi.

Fitur Lainnya

Ketiga model Zenfone 5 ini memiliki fitur pemindai sidik jari dan face unlock. Selain itu, ketiganya juga mendukung NFC (Near-field communication). Zenfone 5 dan Zenfone 5Z juga memiliki speaker stereo ganda dan dukungan untuk audio Hi-Res. Seperti banyak hal lainnya yang membedakan dari Zenfone 5Z dan Zenfone 5, Zenfone 5 Lite kemungkinan juga memiliki fitur ini, namun detailnya masih belum dikonfirmasi.

Detail lengkap tentang Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite lainnya mungkin adalah harga yang dibanderol Asus untuk ketiga smartphone ini. Harga dari Zenfone 5Z adalah 423 poundsterling (sekitar Rp 8 jutaan). Untuk Zenfone 5 dan 5 Lite, Asus masih belum memberikan konfirmasi mengenai harganya.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...