Daftar Smartphone Yang Menerima Update Project Treble

Home Mobile Daftar Smartphone Yang Menerima Update Project Treble

-

Salah satu fitur terpenting yang ada di Android 8.0 Oreo adalah Project Treble, upaya Google untuk melakukan modulasi di Android. Project Treble adalah modul baru dari Google yang memisahkan vendor implementation (seperti fitur bawaan dan driver) yang ada di sebuah HP (smartphone) dari framework pada OS Android-nya. Modul ini berfungsi untuk memudahkan device makers (manufacturers; Samsung, LG, dll) dalam melakukan upgrade OS Android pada perangkat HP mereka. Namun, sampai sekarang masih ada sedikit daftar smartphone yang menerima update Project Treble.

Ada alasan lain mengapa Project Treble merupakan fitur penting yang akan disukai pecinta smartphone: Custom ROM. Hal ini secara signifikan akan memudahkan pengguna smartphone yang menggunakan Custom Rom untuk melakukan upgrade OS Android-nya. Seorang pengembang Android bisa melakukan booting stok ROM Oreo pada Huawei Mate 9 miliknya hanya dalam satu hari, berkat Treble. Adanya modul fitur ini juga memungkinkan pengembang untuk fokus pada satu system image yang dapat bekerja pada perangkat smartphone yang berbeda-beda; selama perangkat tersebut kompatibel dengan Treble.

Catatan: Tidak ada jaminan bahwa sebuah perangkat smartphone dapat diinstall Custom ROM dan mendapatkan update yang lebih cepat. Ada banyak halangan lainnya dalam pengembangan Custom ROM, seperti kendala pada locked bootloader.

Dilihat dari dampak dan hal positif yang bisa diambil dari adanya fitur Project Treble, berikut daftar smartphone yang menerima update Project Treble

Daftar Smartphone Yang Menerima Update Project Treble

Saat memperbarui smartphone dan tablet lama mereka ke Oreo, manufacturers dapat memilih apakah akan memberikannya fitur Treble atau tidak. Namun, setiap perangkat smartphone yang sejak pertama rilis sudah di-install dengan Android 8.0 Oreo (atau lebih tinggi) pasti akan mendukung Treble. Perangkat-perangkat smartphone ini termasuk Google Pixel 2, Sony Xperia XZ1, dan perangkat lain yang dirilis dengan Oreo.

Baca jugaDefinisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo

Berikut adalah daftar smartphone yang menerima update Project Treble; yang sebelumnya tidak diluncurkan dengan Android Oreo:

ASUS

Essential

  • Essential Phone PH-1 (sumber)

Google

Huawei

Lenovo

Oppo

OnePlus

  • Unofficial: OnePlus 5/5T (sumber)

Razer

Xiaomi

Daftar Smartphone Yang Menerima Update Oreo Tanpa Fitur Project Treble

Sebagian besar perangkat smartphone yang diperbarui ke Oreo dari versi sebelumnya tidak akan mendukung Treble, yang dikarenakan manufacturers memilih untuk tidak melakukannya mengingat update ini membutuhkan kerja yang ekstra. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar smartphone yang menerima update Oreo tanpa fitur Project Treble:

Asus

Google

  • Google Nexus 6P
  • Google Nexus 5X
  • Google Pixel C

HTC

LG

Motorola

  • Motorola Z2 Force (sumber)
  • Moto X4/X4 Android One edition (sumber)

Nokia

OnePlus

Samsung

  • Samsung Galaxy S8/S8+ (sumber)

Sony

  • Sony Xperia XZ (sumber)
  • Sony Xperia XZs (mempunyai firmware yang sama dengan XZ, jadi sepertinya juga tidak support Treble)
  • Sony Xperia XZ Premium (sumber)

Xiaomi

Catatan: daftar di atas akan selalu diperbarui. (Terakhir diperbarui: 29/07/2018)

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...