Daftar Smartphone dengan Fitur Fast-charging Tercepat

OnePlus 5T dapat mengisi daya beterai dari nol sampai hampir penuh hanya dalam waktu satu jam.

Home Mobile Daftar Smartphone dengan Fitur Fast-charging Tercepat

-

Dengan begitu banyaknya pilihan smartphone flagship dengan kinerja dan spesifikasi yang hampir sama, faktor yang cenderung lebih menentukan pasarannya adalah harga dan kualitas baterai. Masyarakat Indonesia cenderung memilih smartphone yang lebih murah dengan spesifikasi yang hampir sama; begitu juga untuk masalah performa baterai. Dari sebuah review yang dilakukan oleh Tom’s Guide, berikut adalah daftar smartphone dengan fitur fast-charging tercepat.

Tes dari review tersebut mencatat masa pakai (lama daya) baterai dari setiap smartphone setelah 30 menit dan 60 menit pengisian. Selama pengisian, smartphone tersebut dihidupkan dengan kondisi layar mati, dan dan pengisian dimulai dari 0%. Smartphone yang diuji adalah smartphone flagship terbaru, yang anatara lain OnePlus 5T, LG V30, Apple iPhone X, 8, 8 Plus, Google Pixel 2, dan Samsung Galaxy Note 8.

Daftar Smartphone dengan Fitur Fast-charging Tercepat

Smartphone dengan pengisian daya tercepat dimenangkan oleh OnePlus 5T. Baterai 3300mAh-nya berada pada kapasitas 59% pengisian setelah 30 menit. Dan dalam waktu hampir satu jam, pengisian tersebut hampir selesai dengan daya 93%. Mayoritas reviewer telah memuji smartphone ini. Untuk harga kurang lebih $499, smartphone ini sangat layak dipinang untuk mereka yang membutuhkan fitur fast-charging.

Daftar Smartphone dengan Fitur Fast-charging Tercepat
© Tom’s Guide

Meskipun tidak berada pada level yang sama seperti smartphone flagship dari Google, Samsung, dan Apple, LG V30 membuktikan bahwa smartphone ini dapat mengalahkan flagship yang lain dalam urusan kecepatan pengisian daya. Seperti OnePlus 5T, smartphone ini juga memiliki kapasitas baterai sebesar 3300mAh; mencapai daya 53% setelah setengah jam pengisian dan 86% setelah satu jam pengisian.

Berikutnya adalah iPhone, namun posisi mereka untuk fitur fast-charging dibanding flagship lainnya tidak terlalu meyakinkan. Pasalnya, smartphone Android diuji dengan menggunakan aksesoris pengisian cepat (fast-charging) yang tidak dimiliki oleh model iPhone terbaru. Aksesoris-aksesoris ini berupa adaptor power 29 watt dan adaptor converter kabel USB-C ke kabel Lightning. Untuk mendapatkan keduanya, pengguna iPhone X, 8, dan 8 Plus dapat membelinya dengan harga sekitar $68.

Dengan menggunakan aksesoris fast charging, smartphone Apple dapat mengungguli Pixel 2 (2700mAh) dan Note 8 (3300mAh). Pengisian daya iPhone X (2716 mAh) mencapai setengah dari kapasitas baterai dalam 30 menit dan 81% setelah satu jam. Untuk IPhone 8 dan 8 Plus, kedua smartphone ini masing-masing berada di tempat keempat dan kelima.

Apple mungkin bangga dengan menduduki peringkat fast-charging di atas Google dan Samsung. Namun, tanpa aksesoris fast-charging, smartphone flagship dari Apple ini tidak ada apa-apanya. Pengisian standard untuk baterai iPhone X hanya mencapai 17% setelah 30 menit dan 37% setelah satu jam.

Daftar Smartphone dengan Fitur Fast-charging Tercepat
© Tom’s Guide

Sebagai kesimpulan, uji coba ini adalah kemenangan besar bagi OnePlus 5T, terutama karena harganya yang sekitar setengah dari harga iPhone X.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...