Currents: Layanan Pengganti Google+ untuk Bisnis

Diluncurkan dalam versi beta setelah beberapa hari Google+ dihentikan.

Home Enterprise Currents: Layanan Pengganti Google+ untuk Bisnis

Google akan mengganti Google+ yang dihentikan pada 1 April lalu dengan Currents. Berbeda dengan Google+ yang ditujukan untuk penggunaan pribadi, Google akan menyediakan Currents pengguna bisnis. Google mengumumkan peluncuran Currents pada acara Cloud Next 2019 di San Francisco beberapa hari lalu.

Currents: Layanan Pengganti Google+ untuk Bisnis

Bisnis terkadang membutuhkan media komunikasi, selain layanan perpesanan dan email, yang dapat digunakan secara internal oleh setiap karyawan. Google menciptakan Currents untuk kebutuhan tersebut. Menurut Google Currents “memungkinkan pengguna untuk berdiskusi dan berinteraksi kepada pengguna lain di suatu organisasi, membantu membuat semua pengguna agar tetap terhubung dan memberi para pemimpin kesempatan untuk terhubung dengan karyawan mereka.”

Google currents bisnis
Kredit gambar: Google

Currents memiliki antarmuka pengguna yang hampir sama dengan Google+. Hanya saja, cara kerja beranda di Currents diatur ulang untuk mempercepat pengguna dalam mengirim konten, dan mempermudah dalam pemberian label konten tersebut. Selain itu, suatu kiriman dari eksekutif perusahaan dapat diprioritaskan agar dapat dilihat oleh semua karyawan yang terdaftar di Currents.

Artikel terkait: Google Jadikan Ponsel Android sebagai ‘Kunci’ Keamanan

Selain itu, administrator sebagai perwakilan dari perusahaan juga dapat melihat interaksi pengguna dengan kiriman dari perusahaan di Currents. Data interaksi tersebut dapat digunakan perusahaan untuk mendapatkan wawasan mengenai bagaiman cara karyawan merespons terhadap kiriman yang dikirim. Berikut beberapa hal lainnya yang dapat dilakukan adminstrator di Currents:

  • Administrator dapat menugaskan pengguna lain di perusahaan untuk mengelola konten yang dikirim perusahaan. Pengguna tersebut akan dijuluku yang disebut dengan Content Administrator;
  • Content Administrator nantinya dapat membuat alur konten yang sudah dikustomisasi, mengelola label kirima, memoderasi konten, dan melacak interaksi pengguna dengan metrik yang disediakan.

Nama Currents sebenarnya diambil dari salah satu layanan Google yang juga telah diberhentikan. Google Currents yang lama merupakan aplikasi layanan berita dari Google yang dirilis pada Desember 2011 lalu. Layanan ini dimaksudkan untuk menjadi penerus dari Google Newsstand, yang kemudian digantikan dengan Google News.

Currents saat ini masih dalam versi beta. Administrator atau perwakilan dari perusahaan yang terdaftar di G Suite dapat meminta akses dengan mengirim email ke currentsbeta@google.com. Natinya, semua kiriman perusahaan, bukan pengguna reguler, di Google+ akan secara otomatis dipindahkan ke Currents.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...