Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows

Home How To Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows

Setiap orang memiliki rahasianya sendiri-sendiri; entah foto atau dokumen-dokumen rahasia yang tidak seharusnya dilihat atau diakses oleh orang lain. Memberikan keamanan dan perlindungan lebih pada folder yang berisi file-file tersebut sangatlah masuk akal, dan dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah cara mengunci folder dengan password di Windows.

Perlu diingat bahwa pemberian password dalam memberikan perlindungan terhadap folder di suatu sistem operasi bukanlah hal yang biasa dilakukan. Metode yang dapat kita gunakan dijabarkan menjadi 2 bagian: menggunakan menu built-in (fitur bawaan) Windows, atau dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga.

Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows

Menggunakan menu folder encryption di Windows 10 Pro

Metode pertama yang disebutkan diatas untuk cara mengunci folder dengan password di Windows adalah menggunakan menu built-in dari Windows. Menu yang dimaksud di sini adalah menu folder encription. Namun sayangnya, menu sekaligus fitur ini hanya dapat diakses pengguna yang menggunakan Windows 10 Pro.

Fitur ini tidak tidak memiliki fitur lengkap yang dapat ditawarkan oleh kebanyakan aplikasi pihak ke-3. Password yang disimpan adalah password untuk login ke akun Windows kita, atau ke akun Microsoft jika PC kita telah dihubungkannya. Jadi, jika kita mengaktifkan fitu ini namun tidak memberikan password pada akun Windows kita, maka fitur ini sama sekali tidak akan berguna.

Meskipun memiliki kekurangan seperti yang disebutkan di atas, cara ini cukup terbilang efektif. Kita tidak perlu repot untuk menginstall aplikasi pihak ke tiga; yang tentunya akan menghemat memori dan meringankan beban PC kita. Berikut langkah-langkah menggunakan folder encription di Windows 10 Pro:

Langkah 1: Klik kanan pada folder yang ingin dikunci dengan password, lalu pilih menu “Properties”;

cara mengunci folder dengan password di Windows
© Digital Trends

Langkah 2: Setelah kotak dialog “Properties” muncul, klik tombol “Advanced”;

cara mengunci folder dengan password di Windows
© Digital Trends

Langkah 3: Setelah itu, klik centang pada pilihan yang bertuliskan “Encrypt contents to secure data”, lalu klik “OK”;

cara mengunci folder dengan password di Windows
© Digital Trends

Langkah 4: Kilk “Apply”, lalu akan muncul kotak dialog di mana kita disuruh untuk memilih apakah kita ingin semua folder dalam direktori tersebut fiberi password, atau hanya folder luarnya saja. Jika telah memberi pilihan, lalu klik “OK”.

Untuk menyelesaikan prosesnya memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar; tergantung besarnya kapasitas dari folder tadi. Jika telah selesai, maka akan terlihat simbol gembok di dekat folder tadi.

Menggunakan aplikasi 7Zip

Metode kedua ini menggunakan aplikasi pihak ke-3 dengan nama 7Zip. Aplikasi ini adalah software open-source yang dapat mengompres (compress) pada file-file kita. Dibuat oleh developer Rusia, Igor Pavlov, 7Zip ini juga dapat membantu kita dalam mengunci file folder dengan password. Karena 7Zip ini adalah aplikasi pihak ke-3, kita diharuskan untuk me-download dan meng-installnya terlebih dahulu sebelum menggunakan.

Perlu diingat juga, sebelum menggunakan kita diwajibkan untuk melakukan kompresi terhadap folder yang ingin kita beri password. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka halaman unduh 7-Zip dan pilih unduhan yang sesuai dengan OS yang sedang dipakai, baik itu x32 ataupun x64. Setelah diunduh, install seperti biasa dan jalankan.

Langkah 2: Cari folder yang ingin diberi password melalui UI (user interface) di 7Zip dan klik simbol “plus” hijau yang terletak di sudut kiri atas.

cara mengunci folder dengan password di Windows
© Digital Trends

Langkah 3: Seperti yang sudah dijelaskan di atas, metode menggunakan 7Zip ini mengahruskan kita untuk melakukan kompresi pada folder yang ingin kita beri password. Setalah mengklik tombol “plus” tadi, muncullah kotak dialog di mana kita disuruh untuk menentukan hasil (output) kompresi dari folder tadi. Yang perlu diperhatikan hanyalah kolom “Archive format”, “Enter password”, dan “Reenter password”. Pilih “zip” untuk kolom “Archive format”. Pada kolom “Enter password” dan “Reenter password”, masukkan password yang ingin kita gunakan. Lalu klik OK. Maka suatu file ber-format .zip akan terbuat. File ini berisi folder kita tadi yang sudah diberi password.

cara mengunci folder dengan password di Windows
© Digital Trends

Langkah 4: Setelah selesai, maka lakukanlah test dengan membuka folder yang ada di file .zip tadi. Jika diminta password dan dan bisa dibuka setelahnya, maka prosesnya berjalan dengan lancar. Jadi, setelah itu, folder original yang belum diberi password tadi bisa dihapus untuk mengindari duplikasi file dan menghemat kapasitas hard disk.

cara mengunci folder dengan password di Windows
© Digital Trends

Dari kedua Cara mengunci folder dengan password di Windows di atas, langkah pertama direkomendasi untuk menjadi pilihan pertama jika pengguna menggunakan Windows 10 Pro. Namun jika tidak, pengguna dapat melakukannya dengan metode ke-2.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...