Cara Mengkonversi Format File Buku Kindle ke PDF

Home How To Cara Mengkonversi Format File Buku Kindle ke PDF

-

Kindle adalah salah satu perangkat pembaca e-book yang paling nyaman dan efisien. Perangkatnya ini merupakan solusi yang tepat bagi siapa saja yang ingin mengemas ribuan buku gratis dan relatif murah ke dalam satu bingkai dengan berat kurang dari 5 ons. Tapi, bagaimana jika kita ingin memutuskan ingin mengakses file Kindle berharga kita di PC? Atau jika kita ingin mengaksesnya di perangkat lain yang tidak mendukung format ebook asli seperti AZW atau MOBI? Maka dari itu kita perlu mengkonversinya menjadi file format PDF. Berikut adalah langkah-langkah cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF.

Cara Mengkonversi Format File Buku Kindle ke PDF

Ada banyak tools online dan offline yang akan membantu kita dengan mudah cepat untuk mengkonversi file Kindle yang dibeli melalui Amazon tersebut ke dalam format yang dapat dilihat pada sejumlah perangkat; yaitu format PDF.

Menggunakan EPUB Converter – berbasis web

Sesuai namanya, EPUB Converter adalah tool online gratis yang digunakan untuk mengkonversi file ebook ke dan dari format aslinya. Alat ini mendukung opsi untuk mengkonversi e-book, dalam format EPUB ke PDF, MOBI, dan AZW. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengkonversi file Kindle secara langsung ke PDF. Alat ini cukup cepat, sederhana, dan tidak memberatkan kinerja PC kita.

Langkah 1: Mengakses EPUB Converter.

cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF (9)
© Digital Trends

Untuk mengakses halaman konversi Kindle ke PDF di situs web EPUB Konverter, silahkan klik link ini.

Langkah 2: Mengunggah dan mengkonversi file Kindle kita

cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF (9)
© Digital Trends

Setelah berada di halaman konversi Kindle ke PDF di situs web EPUB Konverter, klik tombol Add File yang berwarna kuning. Setelah itu, akan muncul jendela pop-up Windows untuk menentukan file Kindle yang ingin kita konversi; kemungkinan besar diformat dalam jenis file berpemilik Amazon, seperti AZW atau MOBI. Selanjutnya klik tombol Open di jendela pop-up tadi. EPUB Converter juga memungkinkan kita untuk mengunggah dan mengonversi file secara bersamaa, jadi jangan ragu untuk menambahkan file sebanyak mungkin yang kita inginkan. Setelah selesai, klik tombol Start Upload yang berwarna kuning.

Langkah 3: Setelah proses konversi selesai, kita dapat mengunduh file PDF kita dengan mengklik link yang disediakan. EPUB Converter akan menyimpan file tersebut di servernya selama dua jam, jadi sebaiknya file yang dikonversi langsung kita unduh agar memulai proses dari awal.

cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF (9)
© Digital Trends

Menggunakan software Calibre – untuk Windows, iOS, dan Linux

Cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF lainnya adalah dengan menggunakan software pihak ke tiga, yaitu Caliibre. Software ini mendukung berbagai format input yang beragam, mulai dari MOBI dan HTML sampai RRC dan AZW, dan mampu berfungsi dengan atau tanpa koneksi internet. Calibre juga tersedia untuk Windows, iOS, dan Linux.

Langkah 1: Unduh, instal dan jalankan Calibre

cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF (9)
© Digital Trends

Buka browser kita, dan masuk ke halaman situs web unduh Calibre. Setelah itu, klik tombol Download Calibre yang berwarna biru. Setelah proses unduhan selesai, instal seperti biasa file mentahan Calibre tersebut, dan jalankan setelah proses instalasi selesai.

Langkah 2: Menambahkan file Kindle-nya

cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF (9)
© Digital Trends

Untuk menambahkan file Kindle-nya, pertama kita tentukan dulu file mana yang akan kita konversi. Setelah itu, klik tombol Add books yang terletak di sudut kiri atas jendela aplikasi. Setelah itu, pilih file yang sudah kita tentukan tadi, dan klik OK. Calibre ini mendukung penambahan file sekaligus juga. Jadi, kita dapat menambahkan file lebih dari 1 secara bersamaan untuk dikonversi.

Langkah 3: Mengkonversi file Kindle-nya

cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF (9)
© Digital Trends

Sorot file yang ingin kita konversi dan klik tombol Convert books yang terletak di sisi kiri bilah navigasi. Setelah itu kita akan dihadapkan dengan jendela pop-up yang menampilkan berbagai opsi untuk mengubah sampul buku, judul, penulis, tag, dan komponen metadata lainnya. Setelah itu, pilih PDF dari menu drop-down yang berada di bilah atas kanan format dalam menut Output. Selanjutnya kita klik OK untuk memulai konversi. Proses konversi ini berpotensi memakan waktu lama tergantung pada ukuran file Kindle kita.

Langkah 4: Menyimpan file file PDF hasil konversi kita

cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF (9)
© Digital Trends

Setelah konversi selesai, pilih ebook sekali lagi dan klik kanan atau CTRL-klik link PDF berwarna biru yang terletah di bilah samping kanan dalam menu Format. Pilih opsi kedua dari menu drop-down yang dihasilkan untuk menyimpan format PDF ke disk, dan lalu pilih lokasi save yang kita inginkan.

Dari 2 cara mengkonversi format file buku Kindle ke PDF, pilihlah salah satu yang cocok dengan kebutuhan kita. Kedua cara di atas sama-sama mempunyai tujuan yang sama: yaitu mengkonversi e- book yang berformat sebagai file Kindle ke PDF.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...