• Tutorial

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Menggabungkan file PDF dapat dilakukan dengan mudah melalui dua cara berikut: menggunakan Adobe Acrobat DC atau dengan cara online.

Pilihan

9 Distro Linux Terbaik

Linux merupakan sistem operasi (OS) yang bersifat open source, dan telah digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai penjuru negara....

Windows OEM dan Perbedaannya dengan Versi Retail

Dua versi Windows yang paling dikenal oleh banyak pengguna adalah Windows OEM dan Windows Retail. Keduanya merupakan produk orisinil...

Facebook Luncurkan Layanan Kencan ‘Facebook Dating’

Facebook resmi meluncurkan layanan kencan mereka, "Facebook Dating." Dimumkan pada acara F8 tahun lalu, Facebook Dating tersedia mulai hari...

iPhone 11 Pro dan Pro Max Hadir dengan Tiga Kamera

Selain iPhone 11, Apple hari ini juga mengumumkan dua model ponsel termahalnya untuk tahun 2019 ini. iPhone 11 Pro...

PDF Merupakan format file untuk dokumen yang banyak dipakai di internet. Setiap pengguna internet wajib mengetahui bagaimana cara membuat dan mengkonversi suatu file PDF. Selain itu, salah satu hal yang juga penting adalah pengguna wajib mengetahui cara menggabungkan file PDF menjadi satu file. Hal ini biasanya dilakukan jika ada dua atau lebih file PDF yang terpisah, dan lebih cocok jika digabungkan menjadi satu file.

Tutorial step-by-step di bawah ini akan dikhususkan bagi pengguna Windows OS saja. Jika sudah berhubungan dengan sebuah OS, tentu dibutuhkan suatu software yang akan digunakan. Software yang dimaksud adalah Adobe Acrobat DC. Sebagai tambahan, tutorial ini juga akan membahas alternative-alternative yang bisa digunakan melalui penyedia jasa online. Tambahan ini akan sangat berguna bagi pengguna non Windows.

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

1. Menggunakan Acrobat DC

Sebagai salah satu software pembaca PDF terbaik di dunia, Adobe Acrobat DC mempunyai banyak fitur di dalamnya, termasuk fitur Combine files. Fitur ini berfungsi untuk menggabungkan dua atau lebih file PDF menjadi satu dokumen. Karena banyaknya fitur yang disajikan, Adobe Acrobat DC merupakan software yang berbayar (premium). Namun, tutorial ini akan menggunakan free trial dari software tersebut.

IKLAN

Langkah 1: Download dan install Adobe Acrobat DC free trial;

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu
© Digital Trends

Langkah 2: Setelah ter-install, buka softwarenya dan klik tab “Tools” menu pojok kiri atas;

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu
© Digital Trends

Langkah 3: Klik tombol “Combine Files”;

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu
© Digital Trends

Langkah 4: Klik tombol “Add Files” dan pilih dokumen PDF yang ingin kalian gabungkan;

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu
© Digital Trends

Catatan: pengguna bisa memilih dokumen lain selain PDF, semisal Word (.docx), Excel (.xlsx), dll.

Langkah 5: Ketika sudah selasai memilih dokumennya, klik tombol “Combine” menu di pojok kanan atas;

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu
© Digital Trends

Langkah 6: PDF kalian sekarang telah berhasil digabungkan menjadi satu. Langkah selanjutnya adalah menyimpannya ke lokasi baru. Klik “File” yang diikuti dengan “Save As” untuk memilih nama dan lokasi untuk file PDF baru tadi.

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu
© Digital Trends

Catatan: Bagi kalian yang tidak suka dengan free trial yang ditawarkan oleh Adobe Acrobat DC, ada banyak software lain yang tidak kalah menariknya. Kalian bisa mencoba Perfect PDF Combine. Software ini sangat direkomendasi untuk menggabungkan file PDF menjadi satu tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Sebagai opsi lainnya, kalian juga bisa menggunakan jasa website online yang menawarkan fitur menggabungkan file PDF. Selain banyak yang gratis, jasa yang ditwarakan sama efektifnya dengan menggunakan software seperti di atas.

2. Dengan Cara Online

Opsi menggabungkan file PDF menjadi satu secara online menggunakan jasa sebuah website adalah alternative bagi yang tidak menggunakan Windows, dan ingin proses yang cepat. Maka dari itu, tidak ada proses instalasi software yang dibutuhkan. Namun, biasanya website-website ini membatasi ukuran file PDF yang akan digabung.

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu
© Digital Trends

Berikut adalah beberapa website yang paling populer untuk menggabungkan file PDF. Namun, perlu diingat bahwa pada dasarnya website-website ini mempunyai tujuan yang sama. Jika kalian mengalami masalah dengan salah satu website, kalian bisa mencoba yang lain.

  • PDFMerge!: Buka PDFMerge, dan kalian akan dihadapkan dengan jendela sederhana dengan bar untuk drag-and-drop file-file PDF yang akan digabung. Kalian dapat memilih hingga empat file sekaligus. Sisi negatifnya, PDFMerge! melayani sampai dengan batasan file 15MB. Setelah 15MB digunakan, kalian diharuskan untuk membayar.
  • PDF Joiner: PDF Joiner mendukung segala format file. Kalian bisa menggabungkan PDF, dan kalian juga bisa mengubah output gabungan dari file dokumen kalian menjadi file teks atau JPG (atau sebaliknya). PDF Joiner mendukung penggabungan dari 20 file sekaligus.
  • Smallpdf: Smallpdf mendukung fitur upload dari Google Drive maupun Dropbox. Jadi, jika file kalian sudah ada di salah satu kedua cloud storage tersebut, kalian tidak perlu meng-uploadnya lagi. Ada banyak opsi yang bisa dipilih, seperti fitur penggabungan (merge) dan pemisahan (split) file PDF. Smallpdf juga tersedia untuk Windows dan juga bisa didownload sebagai extension di Google Chrome.
  • Foxyutil’s Merge PDF
  • Docupub
IKLAN

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

Aplikasi keyboard, atau papan tik, merupakan salah satu komponen penting, dan biasanya, semua ponsel sudah memilikinya sebagai salah satu...

Discord Segera Tutup Katalog ‘Nitro Games’

Discord mengumumkan jika akan menutup layanan Nitro Games, yang menyediakan akses terhadap beberapa gim gratis. Layanan ini merupakan salah satu keuntungan dari berlangganan layanan...

Aplikasi Slack di Desktop Dapatkan Mode Gelap

Slack, melalui sebuah artikel blognya, mengumumkan jika telah merilis 'mode gelap' untuk aplikasinya di desktop, termasuk Windows, Mac, dan Linux. Slack untuk perangkat mobile,...

Firefox Uji Coba Layanan VPN Gratis

Mozilla baru saja meluncurkan layanan VPN gratis miliknya, yang dapat diakses melalui peramban Firefox. Dinamai Firefox Private Network, layanan ini merupakan bagian dari program...