Cara memposting lowongan pekerjaan di mesin pencari Google for Jobs sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun, sebelum melangkah ke hal tersebut, ada baiknya untuk mengulas sedikit tentang apa itu Google for Jobs sendiri.

Ditujukan untuk memudahkan penggunanya mencari lowongan pekerjaan, Google for Jobs adalah layanan pencarian yang disempurnakan oleh Google. Layanan ini mengumpulkan daftar lowongan pekerjaan dari situs pekerjaan online dan menampilkannya di hasil pencarian Google. Untuk selengkapnya tentang layanan ini, kalian bisa membacanya melalui artikel Google for Jobs: Cara Mudah Mencari Lowongan Pekerjaan.

Cara Memposting Lowongan Pekerjaan di Mesin Pencari Google for Jobs

Ada dua cara untuk mencantumkan atau memposting lowongan pekerjaan di mesin pencari Google for Jobs: dengan menggunakan situs pekerjaan pihak ketiga atau dengan mengintegrasikannya langsung dengan Google.

Menggunakan situs pekerjaan pihak ketiga

Yang pertama untuk cara memposting lowongan pekerjaan di mesin pencari Google for Jobs adalah dengan menggunakan situs-situs pekerjaan online pihak ketiga. Google for Jobs bukanlah sebuah layanan papan lowongan pekerjaan, melainkan adalah alat penelusuran yang disempurnakan. Jadi, tidak ada cara untuk benar-benar mendaftarkan lowongan pekerjaan di Google for Jobs. Sebagai gantinya, layanan ini mencari dan menampilkan lowongan pekerjaan yang sudah diterbitkan.

Cara Memposting Lowongan Pekerjaan di Mesin Pencari Google for Jobs
Credit: Google

Jadi, jika kalian sudah memposting daftar lowongan pekerjaan di situs pekerjaan online yang telah terintegrasi dengan mesin pencari kerja Google, you’ve done it. Daftar lowongan pekerjaan yang kalian posting akan secara otomatis muncul di pencarian Google for Jobs.

Berikut adalah daftar situs pekerjaan online pihak ketiga yang sudah terintegrasi dengan Google for Jobs:

Mengintegrasikan langsung dengan Google

Yang kedua untuk cara memposting lowongan pekerjaan di mesin pencari Google for Jobs adalah dengan mengintegrasikan langsung dengan Google. Persyaratannya adalah kalian memiliki situs web untuk dijadikan tempat dipublikasikannya lowongan pekerjaan tersebut, dan kalian mempunyai kuasa untuk mengedit HTML dari posting lowongan pekerjaan tersebut.

Metode ini mungkin memerlukan bantuan dari tim IT atau developer website kalian. Google menjelaskan panduan teknisnya melalui tautan ini.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengintegrasikan langsung dengan Google:
  1. Pastikan halaman web kalian terindeks;
  2. Sertakan data lowongan pekerjaan daftar pekerjaan kalian, seperti persyaratan, kualifikasi, dll;
  3. Update dan gunakan sitemap untuk memberi tahu Google tentang perubahan pada postingan kalian;
  4. Gunakan Google Search Console untuk melihat analytics postingan kalian, termasuk jumlah klik dan tayangannya. (Optional)

Untuk pedoman lanjutan, optimalkan deskripsi postingan daftar lowongan pekerjaan kalian agar mendapat peringkat yang bagus dalam mesin pencari Google. Berikut adalah beberapa teknik SEO untuk meningkatkan ranking Google dari daftar lowongan pekerjaan kalian:

  1. Gunakan kata kunci dan frasa yang relevan dan berhubungan dengan deskripsi lowongan pekerjaan kalian;
  2. Hindari jargon, dan gunakan judul pekerjaan yang jelas yang kemungkinan akan dicari oleh para pelamar pekerjaan;
  3. Lengkapi dengan materi visual, misal dengan foto dan video.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini