Bermain Game Windows di Linux melalui Steam Play

Home Development Bermain Game Windows di Linux melalui Steam Play

Kemarin, Valve memperkenalkan versi baru dari Steam Play. Versi ini membawa perkembangan yang cukup banyak dari apa yang ditawarkan sebelumnya dari layanan multi-platform tersebut. Salah satunya, pengguna sekarang dapat bermain game Windows di Linux melalui Steam Play. Untuk mewujudukan hal ini, Valve telah bekerja dengan CodeWeavers selama dua tahun terakhir, mengembangkan distribusi Wine yang telah dimodifikasi, yang disebut Proton.

Bermain Game Windows di Linux melalui Steam Play

Steam Play adalah layanan yang merupakan bagian dari Steam Store yang diperkenalkan pada tahun 2010 lalu. Layanan ini menawarkan versi permainan multi-platform dengan pembelian tunggal. Yang berarti, pemain dapat membeli game sekali dan memainkannya di Windows, macOS, atau Linux — asalkan game tersebut memiliki versi yang tersedia di setiap platform.

Proton, versi modifikasi Wine yang digunakan Steam pada versi baru Steam Play, membawa beberapa perbaikan khusus untuk Wine, seperti kinerja multi-threaded yang lebih baik, dukungan layar penuh yang lebih baik, dukungan controller game yang ditingkatkan, dan ketersediaan native Steamworks dan OpenVR libraries.

Baca juga: Discord Meluncurkan Game Store Sendiri seperti Steam

Dikutip dari TechRadar, Valve mengklaim bahwa Proton didasarkan pada Vulkan, sebuah API grafis open-source populer yang bersifat multiplatform. Yang berarti, Vulkan diperuntukkan untuk dapat berjalan di Windows, Linux dan macOS (dan sistem operasi lainnya); tidak seperti API DirectX, yang hanya dapat berjalan di Windows.

Karena ini merupakan versi awal dari Steam Play yang didukung Proton, tidak banyak game yang telah didukung. Versi yang sekarang juga masih belum mendukung game yang tidak ada di Steam; seperti game dari EA yang tersedia di Origin. Sementara itu, meskipun Wine dan Proton dapat berjalan di macOS, saat ini Valve tidak mempunyai rencana untuk menghadirkan fungsi baru multi-platform baru Steam Play ini ke perangkat Apple. Per tanggal 23 Agustus 2018, berikut adalah daftar sementara game yang didukung:

Steam Play compatible games

Beat Saber Bejeweled 2 Deluxe Doki Doki Literature Club!
DOOM DOOM II: Hell on Earth DOOM VFR
Fallout Shelter FATE FINAL FANTASY VI
Geometry Dash Google Earth VR Into The Breach
Magic: The Gathering – Duels of the Planeswalkers 2012 Magic: The Gathering – Duels of the Planeswalkers 2013 Mount & Blade
Mount & Blade: With Fire & Sword NieR: Automata PAYDAY: The Heist
QUAKE S.T.A.L.K.E.R.: Shadow of Chernobyl Star Wars: Battlefront 2
Tekken 7 The Last Remnant Tropico 4
Ultimate Doom Warhammer® 40,000: Dawn of War® – Dark Crusade Warhammer® 40,000: Dawn of War® – Soulstorm​

Jika Steam Play di suatu hari dapat menjadi perantara pengguna untuk memainkan game Windows di Linux dengan sempurna, maka hal ini tentu akan menjadi game-changer. Pengguna, khususnya gamer, akan mempertimbangkan kembali untuk menggunakan Windows sebagai OS default mereka; mengingat Windows memerlukan lisensi yang tidak murah untuk digunakan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...