Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Untuk kesekian kalinya, Tumblr, sebuah platform blogging yang once upon a time pernah populer, memiliki pemilik baru.

Home Enterprise Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

-

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya ‘lebih kecil’ dari harga yang ditentukan. Axios melaporkan jika Automattic membeli Tumblr dengan harga ‘jauh di bawah’ USD$20 Juta.

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Kepemilkan Tumblr pertama kali berganti setelah Yahoo membelinya pada tahun 2013 silam dengan harga USD$1.1 Miliar. Kemudian, Verizon membeli Yahoo dan seluruh aset yang dimilikinya pada tahun 2017 lalu dengan harga yang tidak lebih dari USD$5 Miliar. Hal ini membuat Verizon menjadi pemilik Tumblr, yang pada akhirnya menjual kembali ke Automattic Inc.

Bagi yang belum familiar, Automattic Inc. adalah perusahaan pemilik WordPress.com, yang sama-sama merupakan platform blogging. Automattic juga memiliki peran penting dalam memelihara WordPress.org, yang merupakan versi gratis dan open-source dari WordPress yang banyak digunakan oleh banyak situs web di internet hingga saat ini.

“Tumblr adalah salah satu ‘brand’ situs web yang paling ikonik,” kata CEO Automattic, Matt Mullenweg tentang pembelian ini. “Ini (Tumblr) merupakan tempat penting untuk berbagi ide, budaya, dan pengalaman baru; membantu jutaan orang menciptakan dan membangun komunitas dengan minat yang sama. Kami sangat senang menambahkannya ke jajaran layanan kami, yang sudah termasuk WordPress .com, WooCommerce, Jetpack, Simplenote, Longreads, dan banyak lagi.”

Apa yang dikatakan oleh Mullenweg tentang Tumblr yang ikonik ada benarnya. Tumblr dulunya merupakan salah satu platform blogging yang paling populer, namun menjadi berkurang di bawah kepemilikan Yahoo dan Verizon.

Singkatnya seperti ini: meskipun Tumblr memiliki banyak blog yang ‘normal’ seperti blog pada umumnya, namun banyak pengguna yang hanya menggunakan Tumblr guna mengakses konten dewasa. Ketika Verizon membeli Tumblr pada tahun 2017 lalu, mereka memutuskan untuk melarang konten dewasa tersebut pada platform blogging ini, yang menyebabkan protes dari banyak pengguna.

Laporan tentang Verizon yang ingin menjual Tumblr bermunculan sejak bulan Mei lalu. PornHub, di kala itu, berminat untuk membelinya, dan mengatakan jika ingin mengembalikan semua konten dewasa yang ada di Tumblr.

Dengan Automattic membeli Tumblr, hal tersebut sepertinya tidak akan terjadi. Namun, pembelian ini juga memberi banyak pengguna, termasuk saya, antusias untuk Tumblr agar bangkit kembali. Automattic, sebagai perusahaan yang memiliki kesuksesan dalam membangun suatu platform blogging, memiliki kesempatan untuk membuantnya menjadi kenyataan.

SumberVerizon

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...