6 Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android Edisi 2019

Apa tidak bosan menatap layar ponsel dengan wallpaper yang itu-itu saja?

Home Listicle 6 Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android Edisi 2019

Wallpaper dapat memberi nuansa yang berbada untuk ponsel kita. Ponsel murah pun bisa terkesan mewah jika diberi wallpaper yang menarik. Namun, mencari wallpaper yang cocok untuk ponsel kita tidaklah mudah. Saya sendiri pernah menghabiskan waktu hampir 3 jam hanya untuk mencari wallpaper yang pas–selama itu juga masih belum menemukan yang cocok–dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan wallpaper bawaan ponsel. Maka dari itu, melalui artikel ini, saya ingin mencoba merangkum beberapa aplikasi wallpaper terbaik di Android yang dapat pengguna unduh di Play Store. Selera itu berbeda-beda; cocok bagi saya, belum tentu bagi pengguna lain, dan begitu juga sebaliknya.

Wallpaper yang saya anggap bagus adalah yang dapat memberikan kesan yang tidak membosankan. Wallpaper, menurut saya, juga seharusnya tidak menyamarkan ikon dan teks yang ada di layar utama ponsel, karena akan membuat bingung dan dapat mengurangi produktivitas pengguna. Saya berharap aplikasi-aplikasi yang saya rangkum di artikel ini dapat membantu pengguna mencari wallpaper yang pas. Pengguna tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam mencari wallpaper yang cocok; bisa juga sih berjam-jam jika memiliki selera dan menghargai nilai estetika yang tinggi, atau memiliki sifat gampang bosan seperti saya hehe.

Aplikasi-aplikasi ini kebanyakan sudah dibekali dengan fitur untuk menyortir wallpaper sesuai dengan kategorinya, seperti kategori Landscape, Animals, Patterns, dll. Beberapa aplikasi juga memungkinkan pengguna mengunduh wallpaper dengan banyak pilihan resolusi untuk menyesuaikan dengan layar ponsel yang sedang dipakai. Wallpaper yang diunduh juga dapat dipasang di layar utama maupun di lock screen ponsel.

Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android Edisi 2019

1. Backdrops – Wallpapers

Aplikasi wallpaper terbaik di Android yang ingin saya bahas pertama adalah Backdrops. Aplikasi ini menawarkan wallpaper-wallpaper dengan desain bertemakan ilustrasi yang mengesankan. Wallpaper-wallpaper di aplikasi ini didesain sendiri oleh tim Backdrops. Maka dari itu, mereka menyatakan jika wallpaper-wallpaper yang ada di aplikasinya tidak akan dapat ditemukan di aplikasi lain.

Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android
Kredit gambar: Backdrops / Google Play Store

Pengguna yang suka dengan ilustrasi ataupun gambar dengan warna yang cerah dan unik dapat mencoba Backdrops sebagai aplikasi pilihan ketika ingin mengganti wallpaper di ponsel. Selain dapat mengunduh wallpaper, pengguna juga dapat berkontribusi dengan mungunggah wallpaper buatan pengguna. Wallpaper tersebut nantinya akan diunduh oleh pengguna lain di komunitas Backdrops.

Aplikasi ini juga memiliki user interface yang mengesankan dan mudah dipahami. Backdrops membagi wallpaper yang disediakan sesuai dengan gaya dan kategori dari wallpaper tersebut, seperti Material, Minimal, Patterns, Scenery, Outer Space, Earth Views, Abstract, Photography, Geometric, dan juga wallpaper-wallpaper untuk layar AMOLED yang paling saya suka.

Aplikasi ini gratis untuk diunduh di Play Store. Namun, Backdrops juga menyediakan versi Pro, yang dapat menghapus iklan di dalam aplikasi. Pengguna versi Pro juga dapat menyimpan wallpaper di kategori Explore, dan juga mengakses wallpaper-wallpaper eksklusif yang dikoleksi oleh tim Backdrops.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 7 Aplikasi Note Terbaik di Android Edisi 2019

2. Walli – 4K, HD Wallpapers & Backgrounds

Aplikasi wallpaper terbaik di Android lainnya adalah Walli. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi wallpaper yang menyediakan wallpaper melalui karya-karya seniman di komunitasnya. Wallpaper yang diunggah ke Walli dipilih satu per satu secara manual oleh tim Walli agar kumpulan wallpaper di aplikasi ini mempunyai kualitas yang bagus; setidaknya sesuai dengan standar mereka. Saya sendiri sudah mencobanya, dan wallpaper yang disediakan memang rata-rata bagus dan memiliki keunikan tersendiri. Maka dari itu, pengguna yang berhasil mengunggah wallpapernya ke Walli akan mendapatkan reward. Saya sendiri belum tahu rewardnya apa, karena belum pernah mengunggah wallpaper ke aplikasi ini.

Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android
Kredit gambar: Shanga / Google Play Store

Di dalam aplikasi, pengguna akan menemukan 3 bagian menu yang berbeda. Ada bagian Featured, yang berisi wallpaper rekomendasi dari tim Walli. Ada juga bagian Popular, yang berisi wallpaper-wallpaper yang sedang populer di kalangan pengguna lain. Yang terakhir adalah bagian Recent, yang berisi wallpaper yang baru saja diunggah pengguna. Selain melalui 3 bagian menu tadi, pengguna juga dapat memilih wallpaper berdasarkan kategori mereka, seperti kategori Animals, Space, Nature, Quotes, dll.

Di Walli, pengguna dapat menyetel wallpaper langsung dari dalam aplikasi. Wallpaper di Walli dapat diunduh pengguna sesuai dengan resolusi ponsel yang sedang dipakai. Wallpaper-wallpaper tersebut juga dapat diunduh secara gratis untuk kebutuhan pribadi. Jika ingin menggunakannya untuk kebutuhan komersial, pengguna diharuskan untuk menghubungi seniman yang bersangkutan.

Unduh di Play Store

3. Wallp – Stock HD Wallpapers

Wallp agak berbeda dengan aplikasi wallpaper kebanyakan. Aplikasi ini menyediakan wallpaper-wallpaper bawaan dari berbagai macam ponsel dan OS, seperti wallpaper bawaan Samsung, Google, LG, iOS, Android, Xiaomi, Huawei, OnePlus, dan masih banyak lagi. Selain wallpaper bawaan tersebut, Wallp juga menyediakan wallpaper eksklusif yang disediakan dari tim mereka.

Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android
Kredit gambar: Stress Codes / Google Play Store

Wallp memiliki UI yang interaktif. Wallpaper-wallpaper di aplikasi ini disortir berdasarkan kategori mereka. Di dalam aplikasi juga sudah disediakan tab Popular, di mana pengguna akan menemukan wallpaper-wallpaper populer yang diunduh pengguna lain. Ada juga fitur pencarian untuk memudahkan pengguna mencari wallpaper yang diinginkan. Selain itu, pengguna juga dapat memilih wallpaper favorit untuk dijadikan koleksi.

Wallpaper di Wallp disediakan di resolusi hingga 2880×2660. Pengguna juga dapat memotong wallpaper tersebut untuk disesuaikan dengan layar ponsel. Beberapa wallpaper juga disediakan dalam ukuran yang dapat digeser, scrollable wallpaper, di ukuran 2160×1920. Pengunduh dapat mengunduh semua wallpaper di Wallp secara gratis.

Unduh di Play Store

4. MINIMALIST WALLPAPERS

Aplikasi wallpaper terbaik di Android lainnya adalah Minimalist Wallpapers. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi wallpaper yang menyediakan wallpaper-wallpaper minimalis dengan desain yang unik. Wallpaper-wallpaper minimalis cocok bagi pengguna yang menyukai konsep sederhana, namun di sisi lain juga menyukai keindahan. Ada setidaknya 2500+ wallpaper dengan konsep minimalis yang dapat diunduh pengguna melalui aplikasi ini.

Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android
Kredit gambar: Junaid Maknojiya / Google Play Store

Semua wallpaper di aplikasi ini disediakan dengan ukuran Ultra HD. Wallpaper tersebut juga dapat dibagikan, disimpan, dipotong, dan disetel sebagai wallpaper langsung dari dalam aplikasi. Minimalist Wallpapers juga menyortir wallpaper sesuai dengan kategori mereka untuk memudahkan pengguna menemukan wallpaper yang diinginkan.

Pengguna dapat mengunduh semua wallpaper yang ada di Minimalist Wallpapers secara gratis. Mereka menyatakan jika semua wallpaper yang ada di aplikasinya merupakan hasil dari unggahan pengguna, dan terkadang juga diambil dari situs-situs publik dengan lisensi Creative Common. Maka dari itu, pengguna juga dapat membuat permintaan untuk mengunggah wallpaper ke aplikasi ini.

Unduh di Play Store

5. Resplash

Resplash adalah aplikasi wallpaper yang mengambil koleksi wallpapernya dari Unsplash, sebuah situs yang menyediakan foto-foto dengan lisensi Creative Commons. Maka dari itu, wallpaper-wallpaper di aplikasi ini memiliki kualitas super dari banyak fotografer dan seniman terkenal.

Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android
Kredit gambar: Brandon Lam / Google Play Store

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengunduh foto-foto yang disediakan untuk dijadikan wallpaper secara gratis. Setiap hari Resplash memperbarui koleksi wallpapernya seperti yang ada di Unsplash. Replash juga menyatakan jika ada sekitar 800,000 foto yang dapat diuduh pengguna.

Kenapa tidak langsung mengunduh dari Unsplash? Karena, menurut saya, menggunakan aplikasi ini akan memudahkan pengguna untuk memilih wallpaper yang pas. Pengguna dapat menyetel wallpaper langsung dari dalam aplikasi. Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat mengatur kualitas foto yang akan diunduh, yaitu dengan pilihan Raw, Full, Regular, Small, dan Thumb.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 8 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android Edisi 2019

6. Wallify – 4k, HD Wallpapers & backgrounds

Aplikasi wallpaper terbaik di Android lainnya adalah Wallify. Wallify mengatakan jika mereka menyediakan wallpaper dari berbagai situs di internet. Wallpaper-wallpaper yang diambil diseleksi terlebih dahulu oleh tim mereka untuk memberikan pengguna koleksi wallpaper yang paling bagus. Semua wallpaper juga sudah disediakan dengan kualitas high quality (HQ), dan dengan ukuran yang berbeda, dari 1080x1920px (1080p Full HD) sampai 2160x3840px (4k Ultra HD).

Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android
Kredit gambar: Intrepidsoft / Google Play Store

Pengguna dapat mencari wallpaper sesuai dengan kategori mereka, seperti Nature, Animals, Space, Games, Design, dll. Ada juga tab Latest di dalam aplikasi yang menampilkan wallpaper-wallpaper terbaru yang disediakan Wallify. Selain itu, pengguna juga dapat menemukan wallpaper-wallpaper yang sedang populer melalui tab Popular.

Semua wallpaper yang disediakan di Wallify dapat diunduh secara gratis. Pengguna juga dapat mengunggah wallpaper untuk dapat diunduh oleh pengguna lain. Namun, tim Wallify akan menyelsksi wallpaper tersebut sebelum ditayangkan di dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi wallpaper terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...