5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android Edisi 2019

Mendengarkan musik menjadi lebih mudah dengan adanya layanan streaming musik.

Home Listicle 5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android Edisi 2019

-

Jujur saja, dari dulu saya susah sekali untuk melewati hari-hari tanpa mendengarkan musik; baik itu melalui CD atau berkas MP3. Namun, berbeda dengan dulu, di zaman sekarang, mendengarkan musik sudah dapat dilakukan dengan mudah karena adanya layanan streaming musik. Cukup menggunakan koneksi internet, musik sudah siap didengarkan. Berikut sudah saya rangkum beberapa aplikasi streaming musik terbaik di Android yang dapat pengguna unduh melalui Play Store.

Karena layanan streaming musik sudah beragam, pengguna perlu memilih salah satu atau mungkin lebih untuk mendengarkan musik favorit. Mulai dari fitur aplikasi, harga berlangganan, sampai kelengkapan musik yang ditawarkan perlu dipertimbangkan ketika ingin memilih layanan streaming musik. Melalui artikel ini, saya berharap dapat mempermudah pengguna untuk menentukan pilihan tersebut.

5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android Edisi 2019

1. Spotify – Musik dan Podcast

Aplikasi streaming musik pertama yang ingin saya bahas adalah Spotify. Tidak hanya di Indonesia, aplikasi streaming ini sudah cukup populer bagi pengguna dari seluruh dunia. Ketika artikel ini ditulis, Spotify telah memiliki 500Jt unduhan dan rating 4.6/5 dari 15jt ulasan pengguna di Play Store.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: Spotify Ltd. / Google Play Store

Memiliki katalog musik yang hampir lengkap, Spotify menawarkan beragammusik dan podcast dari berbagai musisi terkenal dari Indonesia maupun mancanegara. Spotify juga memudahkan pengguna untuk menemukan musik baru, melalui rekomendasi playlist yang sudah tersedia atau playlist yang telah disesuaikan dengan selera musik pengguna.

Spotify dapat diunduh secara gratis, namun dengan berbagai batasan yang dapat dibuka dengan berlangganan Spotify Premium. Dengan berlangganan, pengguna akan mendapatkan fitur untuk memutar musik dengan bebas tanpa harus diacak, mengunduh musik, serta mendengarkan musik tanpa iklan dan dengan kualitas terbaik. Biaya berlangganan Spotify Premium adalah Rp49.990/bulan.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 11 Browser Terbaik di Android Edisi 2019

2. JOOX Music

Joox merupakan aplikasi streaming musik yang juga sudah populer, terutama bagi pengguna di Asia. Sama dengan Spotify, aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis dengan fitur yang terbatas. Pengguna dapat mengakses semua fitur yang ditawarkan oleh Joox dengan berlangganan Joox VIP.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: Tencent Mobility Limited / Google Play Store

Pengguna gratis dapat menikmati playlist yang berisi lagu-lagu yang direkomendasikan oleh Joox. Selain itu, pengguna gratis juga dapat membuat playlist sendiri untuk menyimpan lagu-lagu favorit. Fitur lainnya untuk pengguna gratis meliputi ‘Real-time Sharing’ yang berfungsi untuk berbagi lagu dengan teman yang terdaftar di WeChat, dan fitur ‘Joox Live’ untuk menonton siarang langsung yang diasakan oleh para musisi yang terdaftar.

Sedangkan bagi pengguna Joox VIP, fitur-fitur yang ditawarkan tentu lebih lengkap. Pengguna VIP dapat memutar musik sesuai dengan keinginan, mengunduh musik, dan memainkan musik tersebut dengan kualitas terbaik. Pengguna VIP juga dibebaskan dari iklan yang mengganggu. Pengguna dapat berlangganan Joox VIP dengan harga Rp49,000/bulan.

Unduh di Play Store

3. SoundCloud – musik & audio

Aplikasi streaming musik terbaik di Android lainnya adalah SoundCloud. Layanan ini merupakan layanan streaming musik pertama yang saya kenal. Dikutip dari halaman Play Store aplikasi ini, SoundCloud diklaim sebagai layanan streaming musik dan audio terbesar di dunia, dengan 150jt koleksi musik yang dimiliki.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: SoundCloud / Google Play Store

SoundCloud juga dikenal sebagai ‘rumah’ dari artis-artis indie yang sedang berkembang. Jadi, jangan heran jika koleksi musik di SoundCloud didominasi dengan lagu-lagu indie dari musisi yang mungkin belum pernah kita dengar namanya. Tapi jangan salah juga, lagu-lagu tersebut terkadang dapat mengejutkan kita karena memang benar-benar bagus. Saya sendiri pernah ‘terkejoet’ dan berkata ‘kok bisa lagu ini gak terkenal?’

SoundCloud memiliki 3 skema berlanggana, yaitu SoundCloud Free, SoundCloud Go, dan SoundCloud Go Plus. SoundCloud Free diperuntukkan untuk pengguna gratis dengan fitur yang yang terbatas,. SoundCloud Go untuk pengguna premium yang ingin mendengarkan musik tanpa iklan dan koneksi internet dengan mengunduhnya. Masing-masing pengguna SoundCloud Free dan SoundCloud Go dapat mengakses lebih dari 120jt musik. Untuk dapat mengakses 150jt katalog musk yang tersedia, pengguna perluberlangganan SoundCloud Go Plus. Harga yang ditawarkan adalah USD$4.99/bulan untuk SoundCloud Go, dan USD $9.99/bulan untuk SoundCloud Go Plus.

Unduh di Play Store

4. Deezer Music Player: Songs, Radio & Podcasts

Deezer merupakan aplikasi alternatif untuk Spotify. Pengguna gratis Deezer dapat mendengarkan musik dari 53jt katalog musik yang ditawarkan. Pengguna gratis juga dpaat mendengarkan musik secara acak melalui Shuffle Mode. Selain itu, Deezer juga menawarkan playlist yang berisi rekomendasi lagu-lagu untuk setiap suasana. Pengguna juga dapat membuat playlist sendiri untuk mengoleksi lagu-lagu favorit.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: Deezer Mobile / Google Play Store

Pengguna yang berlangganan Deezer Premium dapat mendengarkan musik tanpa iklan. Pengguna premium juga ditawarkan fitur Offline Mode untuk mendengarkan musik yang telah diunduh secara offline. Selain dapat memutar musik tanpa batasan, pengguna premium juga dapat mendengarkan musik tanpa harus mengacaknya. Langganan Deezer Premium dapat didapatkan dengan harga Rp49,990/bulan.

Meskipun memiliki katalog musik yang lebih sedikit, saya menyukai Deezer karena menawarkan kualitas musik yang jauh lebih baik. Layanan streaming musik ini menawarkan musik dengan kualitas Hi-Fi, yang memiliki kualitas hampir sama seperti yang ada di CD orisinil. Saya jamin, musik dengan kualitas ini dapat merubah pengalaman pengguna dalam mendengarkan musik. Pengguna dapat berlangganan Deezer Hi-Fi dengan harga Rp99,980/bulan.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Android Edisi 2019

5. SongFlip – Free Music Streaming & Player

Aplikasi streaming musik terbaik di Android yang terakhir ingin saya bahas adalah SongFlip. Berbeda dengan aplikasi streaming musik yang lain, apliaksi ini menawarkan musik dengan lisensi Royalty-free. Artinya, semua musik yang ditawarkan dapat dimainkan secara gratis. Hal tersebut membuat aplikasi streaming musik ini tidak memiliki skema berlanggan premium atau sejenisnya.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: SongFlip Music / Google Play Store

SongFlip menawarkan fitur untuk membuat playlist. Hal ini bermanfaat bagi pengguna yang ingin mengoleksi musik-musik favorit yang ditemukan melalui aplikasi ini. Selain itu, pengguna juga dapat mencari musik melalui genre yang sudah disediakan, seperti hip hop, EDM, electronic, dance, country, dan masih banyak lagi. Namun, karena tidak memiliki skema berlangganan, aplikasi ini berisi iklan yang dapat mengganggu pengalaman pengguna ketika mendengarkan musik.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi streaming musik terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

1 komentar

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...