5 Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android

Aplikasi penerjemah memiliki banyak fungsi, namun yang paling berguna di antaranya: membantu menulis caption Bahasa Inggris di media sosial biar terlihat keren.

Home Listicle 5 Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android

-

Sebuah kamus antar-bahasa biasanya sudah cukup untuk membantu menerjemahkan kata-kata dalam suatu teks satu per satu. Namun, di zaman yang hampir semuanya serba digital, pengguna telah dimanjakan dengan adanya aplikasi penerjemah yang dapat menerjemahkan suatu teks sekaligus. Untuk itu, berikut sudah saya rangkum beberapa aplikasi penerjemah terbaik di Android yang dapat pengguna unduh secara gratis.

Selain menerjemahkan teks, beberapa aplikasi penerjemah di daftar ini memiliki fitur untuk menerjemahkan foto dan suara. Fitur-fitur ini sangat membantu bagi pengguna yang sedang berlibur atau berkunjung ke luar negeri, di mana ada banyak tanda-tanda yang ditulis dalam bahasa asing, dan orang-orangnya juga berbicara dengan bahasa yang tidak kita dengar sehari-hari.

Berdasakan pengalaman, menerjemahkan suatu teks dari bahasa sumber ke bahasa target bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa kata atau frasa yang tidak dapat diterjemahkan secara harfiah melalui bantuan aplikasi yang akan saya sebutkan berikut. Kesalahan sedikit saja dapat merubah arti yang terkandung di dalam teks asli. Oleh karena itu, saya menyarankan agar menggunakan aplikasi berikut untuk menerjemahkan teks-teks ringan, dan menggunakan jasa penerjemah profesional jika pengguna ingin menerjemahkan dokumen penting yang memiliki informasi sensitif.

Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android

1. Google Translate

Aplikasi peerjemah pertama yang ingin saya bahas adalah Google Translate, yang sebelumnya sudah cukup terkenal sebelum Google menyediakannya sebagai suatu aplikasi. Google Translate dapat membantu pengguna menerjemahkan teks dari 103 bahasa yang tersedia, termasuk Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Bali. Dari jumlah keseluruhan bahasa tersebut, 59 di antaranya dapat diunduh untuk menerjemahkan teks ketika sedang offline.

Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android
Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Google Translate dilengkapi dengan fitur penerjemah teks dari sebuah foto yang ditangkap melalui kamera ponsel. Fitur terjemahan ini mendukung hingga 38 bahasa. Selain itu, ada juga ‘Conversation Mode’ yang dapat menerjemahkan suara dari suatu percakapan antar-bahasa antara dua pengguna, di mana ada 32 bahasa yang dapat digunakan.

Fitur yang paling saya suka dari Google Translate adalah fitur ‘Tap to Translate’ yang dapat membantu pengguna menerjemahkan teks dari aplikasi lain ketika sedang memilih dan menyalin teks tersebut. Fitur lainnya meliputi ‘Handwriting’ untuk menggambar karakter spesial, seperti dari bahasa Cina dan Rusia, serta fitur ‘Phrasebook’ untuk menyimpan hasil terjemahan yang dapat dibuka kembali di kemudian hari.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 11 Browser Terbaik di Android Edisi 2019

2. Microsoft Translator

Selain Google Translate, salah satu aplikasi penerjemah terbaik di Android lainnya adalah Microsoft Translator. Dikembangkan oleh Microsoft, aplikasi ini mendukung terjemahan untuk lebih dari 60 bahasa, dan dapat menerjemahkan teks, suara, percakapan, foto dari kamera, serta tangkapan layar ponsel. Selain itu, Microsoft Translator juga telah mendukung terjemahan secara offline.

Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android
Kredit gambar: Microsoft Corporation / Google Play Store

Terjemahan suara yang dimiliki mendukung mode ‘split-screen’ yang berfungsi untuk menerjemahkan suara dari dua pengguna sekaligus. Untuk melengkapi mode tersebut, pengguna juga telah disediakan fitur ‘multi-person conversation’ untuk memulai percakapan menggunakan hasil terjemahan dengan maksimal 100 pengguna lainnya yang terhubung.

Fitur lainnya yang dimiliki Microsoft Translator meliputi fitur yang dapat memutar suara dari hasil terjemahan, yang juga disertai dengan ‘transliterations’ untuk membantu pengguna mengucapkannya. Ada juga fitur untuk membagikan dan menyimpan hasil terjemahan, dan fitur untuk menerjemahkan teks dari aplikasi lain.

Unduh di Play Store

3. iTranslate Translator & Dictionary

iTranslate merupakan aplikasi penerjemah yang cukup populer dengan lebih dari 70 juta unduhan dan 120 ribu ulasan di Play Store. Aplikasi ini mendukung terjemahan online dan offline untuk lebih dari 100 bahasa.

Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android
Kredit gambar: iTranslate / Google Play Store

Versi gratis iTranslate memiliki fitur untuk mendengarkan hasil terjemahan dengan opsi suara laki-laki atau perempuan. Pengguna juga dapat memilih suatu ‘dialect’ ketika menerjemahkan. Selain itu, disediakan juga kamus dan tesaurus yang dapat mendukung hasil terjemahan pengguna.

Karena ada versi gratis, tentu juga ada versi berbayar yang disebut dengan iTranslate Pro. Versi berbayar ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan semua fitur yang disediakan oleh iTranslate. Fitur-fitur tersebut meliputi fitur untuk menerjemahkan menggunakan lensa kamera ponsel, menerjemahkan secara ‘voice-to-voice’ ketika sedang melakukan percakapan, terjemahan offline lebih dari 40 bahasa, dan masih banyak lagi.

Unduh di Play Store

4. U-Dictionary: Translate & Learn English

Selain sebagai aplikasi penerjemah, U-Dictionary juga merupakan aplikasi kamus dan media untuk belajar Bahasa Inggris, yang membuat saya memuatnya di daftar aplikasi penerjemah terbaik di Android ini. U-Dictionary menawarkan kamus yang dikembangkan sendiri dari 44 bahasa, kamus Collins Advanced Dictionary, dan kamus WordNet Dictionary. Layaknya kamus pada umumnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan tesaurus yang dapat menunjukkan sinonim dan antonim dari sebuah kata.

Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android
Kredit gambar: Youdao (Hong Kong) Limited / Google Play Store

U-Dictionary juga dapat menerjemahkan teks dari 108 bahasa, dan 12 bahasa untuk menerjemahkan hasil foto dari kamera ponsel. Ada juga fitur ‘Copy to Translate’ untuk menerjemahkan teks dari aplikasi lain secara instan. Pengguna juga disediakan fitur ‘Quick Translation’ yang dapat menunjukkan hasil terjemahan tanpa harus membuka aplikasi U-Dictionary.

Sama seperti aplikasi penerjemah lainnya, U-Dictionary juga memiliki opsi untuk digunakan secara offline. Kamus offline mendukung hingga 44 bahasa yang dapat diunduh, dan penerjemah offline mendukung hingga 58 bahasa. Fitur penting lainnya yang dimiliki U-Dictionary meliputi ‘My Words’ untuk menyimpan kata favorit, ‘Sample Sentences’ untuk menunjukkan contoh kalimat untuk suatu kata, ‘Words for Today’ yang dapat menampilkan kata-kata baru setiap harinya, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 8 Aplikasi Baca Komik Terbaik di Android Edisi 2019

5. Translate All – Speech Text Translator

Aplikasi penerjemah terbaik di Android yang terakhir ingin saya bahas adalah Translate All. Aplikasi ini memiliki 10 juta lebih unduhan, dan penilaian 4.4 dari 95 ribu ulasan. Sesuai dengan namanya, Translate All mendukung terjemahan teks dan suara untuk lebih dari 60 bahasa.

Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android
Kredit gambar: Translator Lab / Google Play Store

Fitur yang dimiliki meliputi fitur untuk melihat riwayat terjemahan, serta fitur ‘Translation Stars’ untuk menyimpan hasil terjemahan. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan papan klip untuk menerjemahkan teks yang telah disalin sebelumnya.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi penerjemah terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...