6 Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android Edisi 2018

Home Listicle 6 Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android Edisi 2018

Pengguna pasti pernah berada dalam situasi di mana ada lagu bagus yang sedang diputar di radio maupun di manapun tanpa mengetahui judul lagu tersebut. Untuk mengetahui judul dari lagu tersebut, pengguna harus mengingat liriknya dan mencarinya di internet. Cara manual tersebut mungkin akan dapat dilakukan jika lirik dari lagu tersebut mudah diingat dan gampang dieja. Jika tidak, maka lagu yang enak didengar tadi tidak akan pernah ditemukan. Oleh karena itu, sekarang ada banyak aplikasi pencari atau pendeteksi lagu yaang dapat diunduh di Play Store. Aplikasi-aplikasi ini pada dasarnya mempunyai database dari hampir semua lagu yang dapat ditemukan, dan menggunakan microphone ponsel kita untuk melakukan tugasnya. Berikut adalah kumpulan aplikasi pencari lagu terbaik di Android untuk membantu pengguna mencari dan mengetahui judul lagu dengan mudah.

6 Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android untuk Mengidentifikasi dan Mengetahui Judul Lagu

1. Shazam

Tidak diragukan lagi, Shazam adalah salah satu aplikasi pencari lagu terbaik di Android yang paling populer. Memiliki antarmuka yang menawarkan fiturnya melalui tiga panel, aplikasi ini sangat cepat dalam mencari dan mendeteksi lagu. Setelah lagu berhasil diidentifikasi, aplikasi ini akan menawarkan berbagai opsi yang berbeda. Misalnya, pengguna dapat memutar cuplikan dari lagu tersebut, menonton video YouTube-nya, dan banyak lagi.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Credit:
Shazam Entertainment Limited / Google Play Store

Shazam juga dilengkapi dengan fitur pop-up yang dapat mengidentifikasi lagu saat menggunakan aplikasi lain. Selain itu, pengguna juga dibekali dengan Shazam offline, yang secara otomatis dapat mencari dan mengidentifikasi lagu setelah pengguna kembali online.

Aplikasi Shazam juga dapat mengidentifikasi poster, majalah, dan film melalui fungsi pembaca kode QR di dalamnya. Pengguna juga dapat menemukan chart lagu untuk melihat lagu mana yang sedang populer, dan juga dapat mendengarkan lagu-lagu tersebut di aplikasi streaming musik seperti Spotify melalui menu yang sudah tersedia.

Aplikasi ini gratis, namun berisi iklan yang bisa mengganggu. Pengguna dapat melakukan upgrade ke Shazam Encore untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut dengan harga kurang lebih IDR51,000.

2. Musixmatch

Tidak seperti aplikasi pencari lagu lainnya, Musixmatch sepenuhnya berfokus pada pendeteksian lagu dan juga penyediaan lirik lagu. Mempunyai database lagu yang besar seperti Shazam, Aplikasi ini dapat mencari dan mendeteksi lagu dengan cepat dan akurat.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Credit: Musixmatch / Google Play Store

Aplikasi pencari lagu ini juga dilengkapi dengan versi terjemahan dari lirik. Sayangnya, tidak semua lagu dapat diterjemahkan ke bahasa yang diinginkan. Fitur lirik lagu di Musixmatch ini dapat menampilkan lirik dari hampir semua lagu yang ada di dunia dan bahkan juga saat lagu sedang diputar di latar belakang.

Sebagai tambahan pada fitur yang ditawarkan, pengguna juga dapat membuat flashcards dari lirik sebuah lagu; seperti mengutip kutipan dari lagu tersebut dan membagikannya di media sosial dalam bentuk gambar. Aplikasi ini disediakan secara gratis. Namun, pengguna dapat melakukan upgrade ke versi premium, yang memungkinkan sinkronisasi kata demi kata saat menyanyikan lagu, mirip dengan aplikasi musik karaoke. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati lirik lagu secara offline dengan versi premium.

Baca juga: 9 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik di Android Edisi 2018

3. SoundHound

Aplikasi pencari lagu terbaik di Android lainnya adalah SoundHound. Aplikasi ini sangat mirip dengan aplikasi streaming musik. Selain mengidentifikasi musik, SoundHound juga menawarkan kategori musik yang berbeda untuk dipilih. Tidak seperti Shazam yang hanya memainkan musik dari sebuah lagu, aplikasi ini memainkan video musik dari lagu yang dipilih tersebut.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Credit: SoundHound Inc. / Google Play Store

Aplikasi SoundHound juga memiliki voice assistant sendiri. Pengguna dapat mengatakan “Ok Hound” untuk mencari artis dan memainkan lagu-lagunya. Pengguna dapat melihat lirik lagu yang diinginkan, memutarnya di Spotify, atau membelinya langsung di Google Play. Selain itu, SoundHound memiliki tool pencarian lagu berbasis web dengan menggunakan microphone PC pengguna untuk mencari dan mengidentifikasi lagu.

Aplikasi ini tersedia secara gratis, dan berisi iklan. Namun, pengguna dapat melakukan upgrade ke versi premium dengan harga kurang lebih IDR69,000.

4. Music ID

Music ID adalah salah satu aplikasi pencari lagu terbaik di Android yang tersedia di Google Play Store. Meskipun tidak memiliki banyak firur unik, namun Music ID menawarkan tampilan yang minimalis, membuatnya menjadi aplikasi pilihan bagi pengguna yang menyukai kesederhanaan.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Credit: Gravity Mobile, Inc. / Google Play Store

Salah satu fitur menarik dari aplikasi Android ID Music adalah aplikasi ini menampilkan profil detail dari setiap artis, data biografi, dll. Aplikasi ini juga memiliki fitur Explore, tempat di mana pengguna dapat melihat informasi tentang lagu-lagu top dari artis yang berbeda. Meskipun tidak menyediakan fitur untuk menampilkan lirik lagu, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menambahkan komentar ke lagu-lagu yang sebelumnya diidentifikasi.

Aplikasi ini tersedia secara gratis, dan tidak berisi iklan.

5. Genius

Genius adalah aplikasi pencari lagu lainnya yang cukup terkenal di Play store. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang keren, membuat penggunanya mudah untuk menavigasi perpustakaan dan chart lagu-lagu yang sedang populer.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Credit: Genius Media Group, Inc. / Google Play Store

Selain menyediakan fitur untuk mencari dan mendeteksi lagu, aplikasi ini juga menawarkan lirik real-time dari sebuah lagu. Tidak hanya liriknya, aplikasi ini juga dapat menampilkan arti dari lirik lagu tersebut. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh lirik beserta artinya tersebut untuk dapat dibaca ketika sedang offline.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis, namun harus siap-siap dihadapkan dengan iklan yang dapat mengganggu.

Baca juga: Cara Mudah Download Lagu di SoundCloud

6. Google Music Recognition

Google memiliki banyak opsi penelusuran menarik yang yang dijelajahi pengguna menggunakan Google Assistant. Salah satunya adalah opsi untuk mencari lagu. Pengguna dapat mengatakan “Ok Google” untuk membuka Google Assistant, atau membukanya dengan cara manual.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android

Karena kesederhanaannya, fitur pencarian lagu dari Google ini tidak fitur untuk menampilkan lirik, chart lagu populer, dan sejenisnya. Meskipun begitu, setelah lagu teridentifikasi, Google akan menawarkan pengguna hasil Google Search dari lagu tersebut, di mana pengguna dapat mencari lirik, memutarnya di Spotify dan Youtube, dll.

Bagian terbaiknya adalah pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi pencari lagu pihak ke-tiga, karena fitur ini telah tersedia di Google Assistant yang sebagian besar telah terinstall secara default di ponsel pengguna.

Catatan: Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi pencari lagu terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu menyesuaikan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...