7 Aplikasi Password Manager Terbaik di Android Edisi 2019

Lupa kata sandi dapat membuat pusing tujuh keliling. Aplikasi-aplikasi password manager berikut dapat membantu pengguna menyimpan dan mengelola kata sandi dengan aman.

Home Listicle 7 Aplikasi Password Manager Terbaik di Android Edisi 2019

-

Mengingat kata sandi merupakan hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan; apalagi jika pengguna memiliki kata sandi yang berbeda untuk setiap platform atau layanan yang terdaftar. Aplikasi password manager berfungsi untuk menyimpan kata sandi pengguna dengan aman. Semua kata sandi pengguna dapat dikelola dan diakses melalui satu aplikasi. Pengguna tidak perlu khawatir lagi ketika sewaktu-waktu lupa akan kata sandi tersebut. Berikut saya rangkum beberapa aplikasi password manager terbaik di Android yang dapat pengguna unduh melalu Play Store.

Aplikasi-aplikasi password manager berikut tidak hanya menyimpan kata sandi, namun juga dapat memberikan pengguna rekomendasi kata sandi yang kuat. Beberapa aplikasi juga tersedia untuk platform lainnya, seperti Windows, Mac, iOS, Blackberry, dll. Ada juga aplikasi yang memiliki fitur auto fill untuk mengisi informasi pribadi pengguna, seperti alamat email, no telepon, dll, ketika akan melakukukan log in di suatu layanan.

7 Aplikasi Password Manager Terbaik di Android Edisi 2019

1. LastPass Password Manager

LastPass merupakan aplikasi password manager yang dapat menyimpan kata sandi pengguna secara aman. Aplikasi password manager biasanya menggunakan istilah vault sebagai tempat penyimpanan kata sandi tersebut. Melalui vault di LastPass, selain dapat menyimpan kata sandi, penguna juga dapat membuat profil kata sandi untuk suatu layanan, membuat kata sandi yang kuat, membuka informasi pribadi yang tersimpan, dll. Untuk membuka vault tersebut, pengguna hanya perlu mengingat kata sandi master yang telah diatur sejak pertama kali memasang aplikasi ini. LastPass juga akan secara otomatis mengisi informasi pengguna ketka akan melakukan log in di suatu layanan.

Aplikasi Password Manager Terbaik di Android
Kredit gambar: LogMeIn, Inc. / Google Play Store

LatPass juga memiliki beberapa fitur yang menarik. Pengguna dapat melakukan sinkronisasi kata sandi yang tersimpan di LastPass dengan platform lainnya, seperti Windows, Mac, iOS, dll. Selain itu, LastPass juga memiliki fitur yang mengizinkan pengguna untuk melakukan log in ke layanan apapun dengan sidik jari. Kata sandi yang tersimpan di vault juga sangat aman. Pengguna dapat mengatur vault tersebut untuk diproteksi menggunakan autentikasi multi faktor. Vault pengguna di LastPass juga sudah dienkripsi dengan AES 256-bit. Jadi, LastPass tidak dapat mengakses kata sandi pengguna, maupun informasi lainnya yang tersimpan di vault.

LastPass juga menawarkan fitur premium. Dengan ini, pengguna dapat menyimpan kata sandi dengan jumlah yang tidak terbatas. Pengguna juga akan mendapatkan ruang penyimpanan 1GB, autentikasi multi faktor premium, dukungan premium, dan masih banyak lagi.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 8 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android Edisi 2019

2. Dashlene Password Manager

Aplikasi password manager terbaik di Android lainnya adalah Dashlene Password Manager. Aplikasi ini, selain dapat menyimpan kata sandi, juga dapat mengamankan catatan pembayaran, informasi pribadi, ID, dll, di vault pengguna. Dashlene juga dapat membantu pengguna mengisi formulir log in atau informasi pembayaran secara otomatis. Selain itu, pengguna juga dapat membuat kata sandi yang kuat melalui fitur password generator di aplikasi password manager ini.

Aplikasi Password Manager Terbaik di Android
Kredit gambar: Dashlane / Google Play Store

Fitur lainnya yang dimiliki Dashlene juga beragam. Pengguna dapat meninjau ‘kesehatan’ dari kata sandi yang pengguna simpan di Dashlene. Kata sandi yang dapat disimpan berjumlah maksimal 50, termasuk dengan auto fill, informasi pribadi, dll. Dashlene juga memiliki fitur Inbox Security Scan yang dapat memindai kotak masuk email pengguna untuk mencari akun apa saja yang dibuat, dan menganalisa keamanannya.

Dashlene menggunakan proteksi enkripsi AES 256bit untuk mengamankan vault pengguna. Dashlene juga menggunakan autentikasi 2 faktor untuk memastikan indentitas pengguna. Selain itu, Dashlene juga menawarkan Dashlene Premium. Dengan ini, pengguna akan dapat mengelola kata sandi di perangkat dengan jumlah yang tidak terbatas. Pengguna juga akan mendapatkan VPN premium gratis melalui fitur premium ini.

Unduh di Play Store

3. Keeper Password Manager & Secure Vault

Keeper Password Manager merupakan salah satu aplikasi password manager terbaik di Android dengan rating 4.9 dari 75,000 jumlah ulasan. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menyimpan kata sandi di vault dengan jumlah yang tidak tebatas tanpa harus terdaftar sebagai pengguna premium. Fitur premiumnya sendiri menawarkan ruang penyimpanan tak terbatas untuk penyimpanan kata sandi, dan sinkronisasi kata sandi di perangkat lain. Selain kata sandi, pengguna juga dapat menyimpan berkas lainnya, seperti foto dan video di vault aplikasi ini dengan aman.

Aplikasi Password Manager Terbaik di Android
Kredit gambar: Keeper Security, Inc. / Google Play Store

Fitur lainnya yang dimiliki Keeper Password Manager adalah KeeperFill™, yang merupakan fitur auto fill untuk mengisi informasi pribadi pengguna secara otomatis ketika akan melakukan log in. Keeper Password Manager juga menawarkan fitur untuk berbagi kata sandi dengan pengguna lain secara aman. Ada juga fitur Record History untuk melihat kata sandi yang dihapus dari vault. Untuk keamanan, vault sudah diproteksi menggunakan enkripsi multi layer, dan pengguna dapat membukanya dengan kata sandi master, sidik jari, dan rekognisi wajah.

Unduh di Play Store

4. 1Password – Password Manager and Secure Wallet

Aplikasi password manager terbaik di Android lainnya adalah 1Password. Sama seperti aplikasi password manager lainnya, 1Password juga menawarkan penyimpanan kata sandi dan informasi pribadi. Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat membagikan kata sandi dengan pengguna lain secara aman. Selain itu, 1Password juga menginzinkan pengguna untuk membuat lebih dari 1 vault, sehingga kata sandi yang tersimpan akan lebih mudah diatur.

Aplikasi Password Manager Terbaik di Android
Kredit gambar: AgileBits / Google Play Store

Vault di 1Password dapat dibuka dengan kata sandi master dan sidik jari. 1Password juga menggunakan enkripsi end-to-end untuk mengamankan kata sandi dan informasi lainnya yang tersimpan di vault pengguna. 1Password juga menawarkan pengguna masa percobaan selama 30 hari untuk fitur premium. Dengan fitur premium, pengguna dapat melakukan sinkronisasi akun di perangkat lain.

Unduh di Play Store

5. Password Manager SafeInCloud

Password Manager SafeInCloud menawarkan penyimpanan kata sandi dan informasi pribadi pengguna di vault yang aman. Aplikasi ini menggunakan material design yang mudah digunakan. Selain itu, Password Manager SafeInCloud juga sudah mendukung mode gelap. Tidak hanya untuk menyimpan kata sandi dan informasi pribadi, aplikasi ini juga menawarkan password generator dan analisis kekuatan kata sandi. Selain itu, aplikasi ini juga sudah memiliki dukungan untuk Android Wear.

Aplikasi Password Manager Terbaik di Android
Kredit gambar: SafeInCloud / Google Play Store

Enkripsi yang digunakan oleh Password Manager SafeInCloud adalah 256-AES. Pengguna dapat mengakses vault tersebut menggunakan kata sandi master dan sidik jari. Aplikasi ini juga menawarkan sinkronisasi di berbagai perangkat dari berbagai platform, seperti Windows, Mac, dan iOS. Selain itu, kata sandi yang tersimpan juga dapat dapat disinkronisasi melalui cloud, seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, Yandesk Disk, dll. Namun, pengguna harus membeli aplikasi Password Manager SafeInCloud Pro untuk menggunakan semua fitur premium yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Aplikasi pro tersebut dapat dibeli dengan harga Rp109.000.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: Facebook Menyimpan Kata Sandi Pengguna Tanpa Proteksi

6. Password Safe – Secure Password Manager

Aplikasi password manager terbaik di Android yang terakhir ingin saya bahas adalah Password Safe. Selain kata sandi, aplikasi ini dapat menyimpan PIN, informasi akun, data akses, dll. Password Safe juga mengizinkan pengguna untuk memberi kategori di setiap data yang tersimpan agar lebih mudah dalam mengelolanya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur password generator untuk membantu pengguna membuat kata sandi yang aman.

Aplikasi Password Manager Terbaik di Android
Kredit gambar: Robert Ehrhardt / Google Play Store

Password Safe menggunakan enkripsi AES 256bit untuk proteksi kata sandi pengguna yang tersimpan. Pengguna dapat mengakses kata sandi yang tersimpan tersebut menggunakan kata sandi master. Password Safe juga menawarkan fitur pro. Fitur-fitur tersebut termasuk penyimpanan gambar, akses menggunakan sidik jari, melihat riwayat kata sandi yang tersimpan, dll.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi password manager terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...