7 Aplikasi Note Terbaik di Android Edisi 2019

Sebuah pepatah bijak mengatakan: ingatan yang kuat masih kalah dengan tulisan buram di atas kertas, atau di layar ponsel.

Home Listicle 7 Aplikasi Note Terbaik di Android Edisi 2019

Catatan berfungsi sebagai pengingat untuk hal-hal penting yang melintas di kehidupan kita. Dengan bantuan ponsel pintar, membuat catatan semakin mudah untuk dilakukan. Melalui salah satu dari beberapa aplikasi note terbaik di Android yang saya rangkum melalui artikel ini, pengguna dapat membuat catatan kapan saja dan di mana saja, tanpa harus direpotkan dengan alat tulis maupun buku catatan.

Aplikasi-aplikasi note berikut tidak hanya dapat digunakan untuk membuat catatan saja, namun juga untuk kebutuhan produktivitas lainnya. Sebagai contoh, melalui aplikasi-aplikasi berikut, pengguna dapat membuat pengingat, membuat daftar tugas, dan bahkan memindai dokumen. Selain itu, pengguna juga dapat membagikan catatan yang ditulis di aplikasi dengan kerabat, keluarga, kolega, dll.

Berikut adalah beberapa aplikasi note terbaik di Android, yang dapat diunduh pengguna melalui Play Store.

7 Aplikasi Note Terbaik di Android Edisi 2019

1. Evernote

Evernote merupakan salah satu aplikasi note terbaik yang pernah saya gunakan di Android. Aplikasi ini membantu mendokumentasikan ide-ide kreatif pengguna melalui catatan dengan fitur-fitur yang menarik. Tidak hanya catatan biasa saja, Evernote juga mendukung pencatatan memo, jurnal, daftar tugas, dll. Selain itu, format yang didukung juga tidak hanya teks saja. Pengguna dapat membuat catatan dengan format sketsa, foto, audio, video, PDF, dan bahkan kliping situs web yang dapat diambil ketika berselancar di internet. Satu lagi, Evernote juga sudah mendukung mode malam, suatu fitur yang banyak diminta pengguna untuk dimiliki oleh suatu aplikasi.

Aplikasi Note Terbaik di Android
Kredit gambar: Evernote Corporation / Google Play Store

Melalui Evernote, pengguna dapat menggunakan kamera di ponsel untuk memindai dokumen, yang nantinya dapat dilampirkan di catatan pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat melampirkan dokumen lain, seperti dokumen dari Microsoft Office, PDF, foto, dan yang lainnya. Evernote juga dibekali widget, yang dapat memudahkan pengguna membuat catatan dengan cepat, langsung dari layar utama ponsel. Selain itu, ada juga fitur keamanan, di mana pengguna juga dapat mengunci catatan menggunakan PIN dan sidik jari.

Evernote juga memungkinkan pengguna untuk membagikan catatan dengan pengguna lain, baik melalui email maupun tautan dari catatan tersebut. Pengguna juga menyinkronkan catatan yang ada pada perangkat lain. Untuk pengguna gratis, perangkat yang boleh digunakan adalah maksimal 2. Sedangkan untuk pengguna premium, pengguna dapat mendaftarkan perangkat dengan jumlah yang tidak terbatas. Evernote premium dapat didapatkan dengan harga $7,99 per bulan, atau $69,99 per tahun.

Unduh di Play Store

2. Microsoft OneNote

Microsoft OneNote, sesuai namanya, merupakan aplikasi note yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office, dan dapat digunakan dan disinkronkan bersama aplikasi Office lainnya, termasuk juga OneDrive. Integrasi ini lah yang membuat saya suka dengan OneNote, karena catatan yang saya simpan di OneNote dapat saya akses melalui Word, ataupun Excel.

Aplikasi Note Terbaik di Android
Kredit gambar: Microsoft Corporation / Google Play Store

Selain untuk membuat catatan, OneNote juga dapat digunakan untuk membuat sketsa, daftar tugas, dll. Pengguna juga dapat memindai dokumen untuk dilampirkan di catatan. Selain itu, pengguna juga dapat mengambil kliping web melalui OneNote. Ada juga pilihan widget di layar utama untuk mempercepat pengguna dalam membuat catatan.

OneNote dapat menyinkronkan semua catatan di perangkat lain dengan akun yang terhubung. Maka dari itu, pengguna diwajibkan untuk masuk menggunakan akun Microsoft ketika menggunakan aplikasi note ini. Tersedia di semua perangkat, termasuk Android, Windows, dan Apple, OneNote merupakan aplikasi note yang dapat diandalkan untuk menunjang produktivitas pengguna.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 10 Aplikasi Email Terbaik di Android Edisi 2019

3. Google Keep

Aplikasi note terbaik di Android lainnya adalah Google Keep. Ketika membuat catatan menggunakam Google Keep, pengguna dapat melampirkan foto, daftar tugas, dll. Pengguna juga dapat membuat catatan melalui suara, yang akan langsung dibuatkan transkripnya. Google Keep juga memberi opsi pewarnaan sebagai label dari catatan tersebut.

Aplikasi Note Terbaik di Android
Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Fitur yang paling menarik dari Google Keep bagi saya adalah fitur pengingatnya. Pengguna dapat diingatkan tentang suatu catatan berdasarkan lokasi pengguna. Contohnya, ketika pengguna membuat catatan belanja di toko A, pengguna dapat diingatkan tentang catatan tersebut ketika sedang berada di toko A tersebut.

Melalui Google Keep, pengguna juga dapat membagikan catatan dengan teman, kolega, maupun keluarga. Catatan yang dibagi juga dapat disunting secara bersamaan dalam waktu real-time. Google Keep juga dapat menyinkronkan catatan pengguna yang terhubung di berbagai perangkat, termasuk ponsel, laptop, tablet, maupun komputer. Pengguna juga dapat mengakses Google Keep melalui situs web, atau ekstensi di Google Chrome.

Unduh di Play Store

4. Notebloc

Aplikasi note terbaik di Android lainnya adalah Notebloc. Aplikasi note ini dikhususkan untuk memindai dokumen, dan mengekstrak teks dari dokumen tersebut menjadi catatan. Pengguna dapat memindai berbagai jenis dokumen, catatan, lukisan, sketsa, maupun gambar.

Aplikasi Note Terbaik di Android
Kredit gambar: Notebloc / Google Play Store

Notebloc dapat memindai dokumen menggunakan kamera di ponsel dengan hasil maksimal, seolah-olah dokumen tersebut dipindai menggunakan alat pemindaian. Dokumen yang dipindai nantinya dapat disimpan dalam format PDF atau JPG. Dokumen tersebut juga dapat dibagikan melalui email, layanan perpesanan, sosial media, dll.

Unduh di Play Store

5. ColorNote

ColorNote merupakan salah satu aplikasi note yang masuk ke dalam daftar Google Editor’s Choice. Aplikasi note yang satu ini merupakan yang paling ringan di antara yang lain. Namun, aplikasi ini juga memiliki fitur yang tidak sedikit untuk membantu meningkatkan produktivitas pengguna.

Aplikasi Note Terbaik di Android
Kredit gambar: Notes / Google Play Store

Melalui ColorNote, selain membuat catatan, pengguna dapat membuat memo, daftar tugas, dan juga pengingat. Pengguna dapat mengatur catatan tersebut berdasarkan warnanya, hence nama ColorNote. Selain itu, pengguna dapat menyinkronkan catatan di berbagai perangkat dengan akun yang terhubung. Pengguna juga dapat membuat cadangan catatan di kartu SD. Catatan juga dapat dibagikan ke pengguna lain melalui SMS, email, dan Twitter.

Fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah fitur keamanannya. Pengguna dapat mengatur kata sandi untuk mengakses catatan di ColorNote. Jadi, kita bisa mencegah pengguna lain membuka catatan yang disimpan di ColorNote ketika tidak ada kerjaan sedang meminjam ponsel kita.

Unduh di Play Store

6. WeNote

WeNote merupakan aplikasi note yang sederhana dan mudah digunakan. Pengguna dapat membuat catatan berwarna, daftar tugas, pengingat, dan juga acara di kalender. Selain itu, pengguna juga dapat melampirkan gambar, lukisan, maupun tulisan tangan sebagai lampiran di catatan. Catatan juga dapat dibagikan melalui email, media sosial, layanan perpesanan, dll. Pengguna juga dapat menyinkronkan catatan di WeNote melalui akun Google Drive.

Aplikasi Note Terbaik di Android
Kredit gambar: Yocto Enterprise / Google Play Store

Di WeNote, ada fitur keamanan yang dapat mengunci catatan menggunakan PIN, pola, kata kunci, atau sidik jari. Opsi ini adalah yang paling lengkap jika dibandingkan dengan yang ada di aplikasi note lainnya. Contohnya, di Evernote, pengguna hanya dapat mengunci catatan menggunakan dua opsi, yaitu PIN dan sidik jari saja. WeNote juga merupakan aplikasi yang mementingkan estetika. Aplikasi ini menawarkan 2 pilihan font, 3 pilihan ukuran font, dan 4 tema yang berbeda.

Untuk saat ini, WeNote disediakan secara gratis, dan tanpa iklan. Pengguna juga tidak diharuskan untuk masuk agar dapat menggunakan aplikasi ini. Maka dari itu, menurut saya, WeNote cocok bagi pengguna yang menginginkan aplikasi note yang sederhana dan mudah digunakan.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 8 Aplikasi Berita Terbaik di Android Edisi 2018

7. Notebook dari Zoho

Aplikasi note terbaik di Android lainnya dikembangkan oleh Zoho. Ketika artikel ini ditulis, aplikasi ini disediakan secara gratis dan tanpa iklan. Semua fitur yang ada di aplikasi dapat digunakan secara gratis, tanpa dibatasi dengan embel-embel plus atau premium. Faktor 100% gratis ini lah yang membuat saya suka dengan Notebook dari Zoho ini.

Aplikasi Note Terbaik di Android
Kredit gambar: Zoho Corporation / Google Play Store

Di Notebook, seperti pada umumnya, pengguna dapat membuat catatan dengan lampiran daftar tugas, gambar, audio, PDF, dokumen Microsoft Office, dan lainnya. Pengguna juga dapat memindai dokumen dan menmbahkannya ke catatan. Ada juga fitur perekaman suara yang dapat langsung ditranskrip menjadi teks. Catatan juga dapat diekspor menjadi file PDF, dan dibagikan ke teman, kolega, maupun keluarga melalui metode yang tersedia.

Notebook dari Zoho tersedia di berbagai platform, termasuk di Mac, iOS, dan juga sebagai ekstensi kliping web di Chrome, Firefox, dan Safari. Maka dari itu, pengguna dapat menyinkronkan catatan di berbagai perangkat dengan akun yang terhubung.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi note terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...