• Opini

5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

Biar gak "tipo."

Pilihan

9 Distro Linux Terbaik

Linux merupakan sistem operasi (OS) yang bersifat open source, dan telah digunakan oleh banyak pengguna dari berbagai penjuru negara....

Windows OEM dan Perbedaannya dengan Versi Retail

Dua versi Windows yang paling dikenal oleh banyak pengguna adalah Windows OEM dan Windows Retail. Keduanya merupakan produk orisinil...

Facebook Luncurkan Layanan Kencan ‘Facebook Dating’

Facebook resmi meluncurkan layanan kencan mereka, "Facebook Dating." Dimumkan pada acara F8 tahun lalu, Facebook Dating tersedia mulai hari...

iPhone 11 Pro dan Pro Max Hadir dengan Tiga Kamera

Selain iPhone 11, Apple hari ini juga mengumumkan dua model ponsel termahalnya untuk tahun 2019 ini. iPhone 11 Pro...

Aplikasi keyboard, atau papan tik, merupakan salah satu komponen penting, dan biasanya, semua ponsel sudah memilikinya sebagai salah satu aplikasi bawaan. Namun, seperti kebanyakan aplikasi bawaan, aplikasi keyboard yang terinstal di ponsel pengguna terkadang memberikan pengalaman mengetik yang kurang memuaskan, atau memiliki fitur yang kurang lengkap. Oleh karena itu, saya sudah merangkum beberapa aplikasi keyboard terbaik di Android, yang dapat pengguna unduh untuk memenuhi kebutuhan pengetikan di ponsel.

Beberapa aplikasi keyboard berikut dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik. Ada yang memiliki fitur clipboard, atau papan klip, untuk menyimpan teks yang disalin, mengirim emoji dan GIF, dan bahkan ada juga yang memungkinkan untuk mengetik dengan perintah suara.

Sebagai tambahan, saya juga ingin mengingatkan jika pengguna diharapkan untuk selalu berhati-hati ketika menginstal aplikasi pihak ke-tiga. Aplikasi keyboard, dalam kasus ini, memiliki peran yang signifikan karena “dapat” mencatat apapun yang diketik oleh pengguna, termasuk kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi sensitif lainnya. Pastikan untuk selalu menginstal aplikasi dari sumber dan pengembang yang dipercaya!

5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

1. Gboard

IKLAN

Aplikasi keyboard terbaik di Android salah satunya adalah Gboard. Aplikasi keyboard ini dikembangkan oleh Google, dan telah menjadi aplikasi keyboard bawaan untuk beberapa ponsel, termasuk Google Pixel, dll. Gboard telah diunduh oleh 1 miliar pengguna, dan memiliki nilai 4,6 dari 3,7 juta ulasan di Play Store.

Aplikasi Keyboard Terbaik di Android
Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Fitur-fiturnya meliputi Glide Typing, yang dapat memungkinkan pengguna untuk mengetik dengan menggeserkan jari dari satu huruf ke huruf yang lain. Gboard juga menyediakan jalan pintas untuk melakukan pencarian di Google, dan membagikan hasilnya. Selain itu, pengguna juga dapat menerjemahkan sembari mengetik, yang hasil terjemahannya disediakan oleh Google Translate.

Gboard dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini juga tidak menampilkan iklan yang dapat mengganggu, dan juga tidak menawarkan pembelian di dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Aplikasi Backup Terbaik di Android

2. SwiftKey

SwiftKey merupakan aplikasi keyboard yang telah populer, dan menjadi pilihan oleh banyak pengguna sebagai aplikasi keyboard alternatif. Microsoft mengakusisi SwiftKey pada 2016 lalu, dan telah terlibat dalam pengembangannya sejak kurun waktu tersebut.

Aplikasi Keyboard Terbaik di Android
Kredit gambar: SwiftKey / Google Play Store

SwiftKey sendiri memiliki satu keunggulan yang dibangga-banggakan, yaitu kemampuan AI-nya untuk menganalisa pola pengetikan pengguna, dan beradaptasi untuk memberikan pengalaman pengetikan terbaik. Dengan ini, SwiftKey dapat secara otomatis memprediksi kata berikutnya yang ingin diketik, termasuk kata-kata umpatan dan emoji.

Fitur-fitur lainnya meliputi auto-correct dan Gesture Typing untuk mendukung pengetikan yang lebih cepat. Selain itu, SwiftKey juga menyediakan lebih dari 100 tema untuk mempercantik tampilan keyboard pengguna. SwiftKey juga mendukung lebih dari 300 bahasa, dan 5 di antaranya dapat diaktifkan secara bersamaan.

Sama seperti Gboard, SwiftKey tersedia secara gratis. SwiftKey juga tidak menampilkan iklan, dan tidak menawarkan pembelian di dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

3. Go Keyboard

Aplikasi keyboard terbaik di Android berikutnya adalah Go Keyboard. Aplikasi keyboard ini memiliki desain sederhana dan minimalis, yang membuat penggunaanya menjadi lebih praktis.

Aplikasi Keyboard Terbaik di Android
Kredit gambar: Best Free Video Editor & Video Maker Dev / Google Play Store

Fitur-fitur yang dimiliki meliputi fitur auto-correct yang dapat membenarkan kesalahan pengejaan kata secara otomatis. Selain itu, pengguna juga disediakan dengan berbagai tema, yang berjumlah kurang lebih 10,000, untuk mengatur tampilan keyboard sesuai dengan selera. Go Keyboard juga memiliki fitur Gesture Typing dan Voice Input, yang dapat memungkinkan pengetikan melalui penggeseran jari dan perintah suara.

Go Keyboard tersedia secara gratis, dan memiliki versi Lite yang dikhususkan untuk ponsel dengan spesifikasi rendah. Namun, sayangnya, Go Keyboard menampilkan iklan, dan menawarkan pembelian dalam aplikasi, yang meliputi peningkatan ke versi Pro untuk menghapus iklan tersebut, serta akses terhadap beberapa fitur premium lainnya.

Unduh di Play Store

4. Fleksy

Fleksy, seperti aplikasi keyboard lainnya, juga menawarkan beberapa fitur yang lazim, seperti emoji, GIF, dan juga auto-correct. Fleksy sendiri dikembangkan oleh Thingthing Ltd, dan telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna, serta memiliki nilai 4,5 dari 250 ribu ulasan.

Aplikasi Keyboard Terbaik di Android
Kredit gambar: Loopsie SRL / Google Play Store

Fleksy juga memiliki fitur untuk mengetik menggunakan penggeseran jari dan beberapa tema menarik untuk memoles tampilan keyboard pengguna. Selain itu, Fleksy juga memiliki “asisten pintar” berbasis AI, dengan sebutan Fleksynext Assistant, yang dapat menyarankan kata, emoji, dan nama tempat ketika sedang mengetik.

Fleksy dapat diunduh secara gratis, namun menampilkan iklan serta menawarkan beberapa pembelian di dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

Artikel terkait7 Aplikasi Cleaner Terbaik di Android

5. Chrooma Keyboard

Aplikasi keyboard terbaik di Android yang terakhir dari rangkuman ini adalah Chrooma Keyboard. Fitur yang paling saya suka dari aplikasi ini adalah tema RGB dan AMOLED yang ditawarkan, yang dapat membuat tampilan keyboard pengguna menjadi lebih “berwarna dalam kegelapan.” Chrooma Keyboard juga memiliki “Night Mode” untuk penggunaan di malam hari, yang aktivasinya dapat diatur dan dijadwalkan.

Aplikasi Keyboard Terbaik di Android
Kredit gambar: Thingthing Ltd / Google Play Store

Fitur lain yang dimiliki hampir sama seperti dengan yang ditawarkan oleh aplikasi keyboard pada umumnya, seperti prediksi kata, pengetikan dengan penggeseran jari, pencarian dan pengiriman GIF, dukungan emoji, dll. Selain itu, Chrooma Keyboard juga menawarkan opsi “One Hand Mode” yang dapat mengubah tata letak keyboard untuk dapat digunakan dengan satu tangan.

Chrooma Keyboard dapat diunduh secara gratis. Namun, sama dengan Fleksy dan Go Keyboard, aplikasi keyboard ini menampilkan iklan yang dapat mengganggu, dan menawarkan beberapa pembelian di dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi keyboard terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

2 Komentar

  1. Menurut saya paling bagus SwiftKey.. Proses belajar ai nya cepat.. Jadi ketika mengetik pesan dapat lebih cepat selesai,. Best lah..

    • Kalau saya sih mending pake kika keyboard soalnya bisa jadikan foto sendiri sebagai tema pas mau ngetik di keyboard, terus udah gitu aplikasi ini tuh minim iklan, ya gak begitu parah deh soal iklannya, kalau yang lain haduh banyak banget malah iklannya

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

Aplikasi keyboard, atau papan tik, merupakan salah satu komponen penting, dan biasanya, semua ponsel sudah memilikinya sebagai salah satu...

Discord Segera Tutup Katalog ‘Nitro Games’

Discord mengumumkan jika akan menutup layanan Nitro Games, yang menyediakan akses terhadap beberapa gim gratis. Layanan ini merupakan salah satu keuntungan dari berlangganan layanan...

Aplikasi Slack di Desktop Dapatkan Mode Gelap

Slack, melalui sebuah artikel blognya, mengumumkan jika telah merilis 'mode gelap' untuk aplikasinya di desktop, termasuk Windows, Mac, dan Linux. Slack untuk perangkat mobile,...

Firefox Uji Coba Layanan VPN Gratis

Mozilla baru saja meluncurkan layanan VPN gratis miliknya, yang dapat diakses melalui peramban Firefox. Dinamai Firefox Private Network, layanan ini merupakan bagian dari program...