Aplikasi Perpesanan Instagram Direct Akan Dihapus

Hanya bertahan kurang dari dua tahun sejak pertama kali dirilis pada Desember 2017 lalu.

Home Development Aplikasi Perpesanan Instagram Direct Akan Dihapus

-

Aplikasi perpesanan terpisah milik Instagram yang diberi nama Direct sepertinya akan dihapus. Pengumuman penghapusan ini pertama kali diketahui oleh Matt Navarra dan beberapa pengguna dari aplikasi tersebut yang memberikan ulasan di Play Store. Mereka mendapatkan notifikasi jika Instagram tidak akan lagi memberikan dukungan di bulan berikutnya.

Aplikasi Perpesanan Instagram Direct Akan Dihapus

Notifikasi yang diterima tidak menyebutkan tanggal pasti tentang kapan Direct akan dihapus, hanya saja jika semua percakapan pengguna yang melibatkan Direct akan secara otomatis dialihkan ke Instagram. “Pada bulan berikutnya, kami tidak akan lagi memberikan dukungan untuk aplikasi Direct,” pesan notifikasi yang muncul di aplikasi. “Percakapan Anda akan secara otomatis beralih ke Instagram, jadi Anda tidak perlu melakukan apa pun.”

Sebagai percobaan, Direct pertama kali diluncurkan pada Desember 2017 di beberapa negara, termasuk Chili, Israel, Itali, Portugal, Turki, dan Uruguay. Di tenggang waktu dua tahun tersebut, masih belum jelas berapa tambahan negara yang telah mendapatkan rilis. Dikutip dari TechCrunch, versi iOS dari Direct memiliki dukungan bahasa yang lebih beragam dari hanya Bahasa Spanyol, Bahasa Turki, Bahasa Itali, dan Bahasa Portugis. Bahasa yang terdaftar sudah mencakup Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Perancis, Bahasa Jepang, dan 21 bahasa lainnya.

Instagram Direct Dihapus
Kredit gambar: Instagram

Artikel terkait: Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Instagram tidak mengatakan alasan kenapa ingin menghentikan percobaan dari Direct dan menghapusnya. Namun, ada konfirmasi jika semua fitur yang dimiliki Direct saat ini telah tersedia di Instagram. Selain itu, pihak Instagram akan terus mengembangkan fitur-fitur untuk Direct langsung dari aplikasi Instagram. Seorang juru bicara Instagram mengatakan jika mereka akan “berfokus untuk terus membuat Instagram Direct sebagai tempat terbaik untuk mengadakan percakapan yang menyenangkan dengan teman-teman Anda.”

Menurut saya, pemberhentian sekaligus penghapusan dari aplikasi Direct ini berkaitan dengan rencana Facebook yang ingin menggabungkan sistem perpesanan di ketiga platform miliknya, yaitu Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Penggabungan ini akan memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke pengguna lain yang terhubung di salah satu dari ketiga platform tersebut.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Facebook Menguping Pesan Suara di Messenger

Facebook selama ini telah membayar orang atau kontraktor untuk menguping percakapan pengguna di Messenger, dengan mentranskrip audio dari pesan suara. Menurut laporan dari Bloomberg,...

4 Emulator SNES Terbaik di Android

SNES, atau Super Nintendo Entertainment System, adalah salah satu konsol klasik terbaik yang pernah ada. Mario, Zelda, Mario Kart, dan Metroit adalah sebagian dari...

Automattic, Pemilik WordPress, Beli Tumblr dari Verizon

Menurut laporan dari The Wall Street Journal, Verizon resmi menjual Tumblr ke Automattic Inc. Ketentuan dari kesepakatan pembelian ini dirahasiakan, namun jumlahnya 'lebih kecil'...