8 Aplikasi File Manager Terbaik di Android Edisi 2019

Aplikasi file manager pihak ketiga yang dilengkapi fitur menarik untuk membantu pengguna mengelola berkas digital di ponsel dengan mudah dan cepat.

Home Listicle 8 Aplikasi File Manager Terbaik di Android Edisi 2019

Aplikasi file manager merupakan salah satu aplikasi yang penting untuk dimiliki. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengakses berkas-berkas digital yang tersimpan di ponsel. Beberapa ponsel biasanya sudah dibekali dengan aplikasi file manager bawaan, namun dengan fitur yang minim. Oleh karena itu, saya sudah merangkum beberapa aplikasi file manager terbaik di Android dengan berbagai fitur menarik yang dapat membantu pengguna mengelola berkas dengan mudah dan cepat.

Selain untuk mengakses berkas, fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi file manager pihak ketiga biasanya meliputi fitur untuk pemeliharaan ponsel, seperti penghapusan berkas yang tidak perlu, pengarsipan, dll. Ada juga aplikasi yang menawarkan layanan penyimpanan cloud agar berkas pengguna aman dan dapat diakses di mana saja.

8 Aplikasi File Manager Terbaik di Android Edisi 2019

1. ASTRO File Manager

Aplikasi file manager pertama yang ingin saya bahas adalah ASTRO File manager, yang merupakan salah satu aplikasi file manager dengan fitur lengkap dan bebas iklan. Aplikasi ini dapat membantu pengguna mengelola berkas yang tersimpan di memori internal, kartu memori, dan penyimpanan cloud. Aplikasi ini juga memiliki antarmuka yang intuitif yang dapat menampilkan berbagai kategori untuk lokasi ruang penyimpanan. Selain itu, ASTRO File Manager memiliki fitur Download Manager bawaan yang dapat berguna ketika pengguna sedang mengunduh berkas berukuran besar.

Aplikasi File Manager Terbaik di Android: ASTRO File Manager
Kredit gambar: Metago / Google Play Store

ASTRO File Manager juga hadir dengan fitur SD Card Usage Manager yang dapat membantu pengguna mengelola ruang penyimpanan; fitur Task Killer untuk memberhentikan aplikasi yang sedang berjalan; dan fitur App Manager mengatur aplikasi yang telah terpasang, atau membuat berkas cadangan dari aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menyalin dan mengekstrak berkas, memindahkan berkas antar penyimpanan cloud, serta mengakses LAN atau SMB.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Android Edisi 2019

2. Asus File Manager

Asus File Manager adalah aplikasi file manager bawaan untuk ponsel yang menjalankan Asus Zen UI. Meskipun begitu, aplikasi ini juga tersedia di Play Store untuk semua ponsel Android. File manager ini memiliki desain antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Setiap kategori untuk berkas yang tersimpan di perangkat ditampilkan dengan sempurna.

Aplikasi File Manager Terbaik di Android: Asus File Manager
Kredit gambar: ZenUI, ASUS Computer Inc. / Google Play Store

Asus File Manager hadir dengan Recycle Bin bawaan untuk menyimpan dan membantu pengguna mengembalikan berkas yang terhapus. Selain itu, aplikasi file manager ini juga memiliki fitur bagi pengguna untuk mengakses LAN dan SMB, opsi penyimpanan Cloud, opsi pencarian file, pengompresan dan pengekstrakan berkas, dan banyak lagi.

Asus File Manager juga menyediakan fitur untuk menyembunyikan berkas pribadi ke dalam folder yang diberi nama Hidden Cabinet. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur Storage Analyzer yang dapat membantu pengguna mengosongkan ruang pada penyimpanan perangkat saat dibutuhkan. Asus File Manager dapat diunduh secara gratis tanpa pembelian dalam aplikasi, namun aplikasi ini berisi iklan yang dapat mengganggu.

Unduh di Play Store

3. APUS File Manager

Aplikasi file manager terbaik di Android lainnya adalah APUS File Manager. Ketika artikel ini ditulis, APUS File Manager telah memiliki unduhan sebanyak 50jt, dan rating 4.1/5 dari 500rb lebih ulasan. APUS File Manager sudah memiliki semua fitur standar yang harus dimiliki oleh suatu aplikasi file manager, seperti fitur Copy/Cut/Paste, Delete, dan Rename untuk berkas yang tersimpan baik di memori internal atau kartu memori eksternal.

Aplikasi File Manager Terbaik di Android: APUS File Manager
Kredit gambar: OneGogo/ Google Play Store

Fitur lainnya mencakup fitur untuk berbagi berkas dengan pengguna APUS File Manager lainnya melalui Hotspot. Oleh karena itu, fitur berbagi ini tidak memerlukan koneksi interet. Ada juga fitur Storage Analysis dan Junk File Clean untuk membantu pengguna membersihkan ruang penyimpanan dari berkas-berkas yang tidak perlu. APUS File Manager juga memiliki fitur pencarian agar pengguna dapat mengakses suatu berkas dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini gratis untuk diunduh namun berisi iklan yang dapat mengganggu.

Unduh di Play Store

4. File Manager Plus

File manager ini memiliki antarmuka pengguna yang sangat user-friendly. Berbagai kategori untuk berkas yang ada di perangkat ditampilkan secara merata. File Manager Plus juga mudah digunakan dan dilengkapi dengan semua fitur penting yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi file manager.

Aplikasi File Manager Terbaik di Android: File Manager Plus
Kredit gambar: Flashlight + Clock / Google Play Store

Aplikasi ini juga mendukung penyimpanan lokal dan cloud, termasuk NAS (Network Attached Storage). Fitur lainnya yang dimiliki adalah fitur pengelolaan berkas yang sederhana namun dapat berjalan lancar, guna memudahkan pengguna untuk megelola berkas yang tersimpan. File Manager Plus juga memiliki Recycle Bin bawaan dan fitur Storage Analyzer untuk membantu pengguna mengosongkan ruang penyimpanan. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, namun berisi iklan.

Unduh di Play Store

5. Total Commander

Aplikasi file manager terbaik di Android lainnya adalah Total Commander. Fitur-fitur yang ada di Total Commander sudah mencakup semua fitur penting yang dibutuhkan oleh pengguna dari suatu aplikasi file manager. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis berkas, penyimpanan cloud dan jaringan, plugin untuk dukungan akses FTP dan LAN.

Aplikasi File Manager Terbaik di Android: Total Commander
Kredit gambar: C. Ghisler / Google Play Store

Total Commander juga mendukung akses root, dan mempunyai fitur Bookmark untuk menandai folder atau berkas favorit. Ada juga fitur penyortiran nama berkas untuk mempermudah dalam mengelolanya. Total Commander ini sepenuhnya gratis untuk di-download tanpa in-app purchases, dan juga tidak berisi iklan.

Unduh di Play Store

6. X-plore File Manager

X-plore File Manager memiliki antarmuka yang bagus, dan sudah dilengkapi dengan fitur dual pane. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengelola berkas melalui dua jendela yang terbuka sekaligus. Fitur ini sangat membantu jika pengguna ingin menyalin berkas dari satu folder ke folder yang lain.

Aplikasi File Manager Terbaik di Android: X-Plore File Manager
Kredit gambar: Lonely Cat Games / Google Play Store

Fitur lainnya meliputi penyimpanan cloud, penyimpanan jaringan, akses folder root, pengelola aplikasi, penampil pdf, pengompres dan pengekstrak berkas ZIP, penampil kode hex, pemutar video dengan subtitle, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga memberikan dukungan tambahan untuk penyimpanan LAN dan Web. X-Plore File Manager bebas iklan dan tersedia secara gratis dengan beberapa pembelian dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

7. MK File Explorer

MK File Explorer merupakan salah satu aplikasi file manager terbaik di Android dengan antarmuka pengguna yang sederhana namun mengesankan. Aplikasi ini dapat menampilkan dua panel jendela untuk mengakses berkas. Mengakses berkas antar folder yang berbeda dengan menggunakan fitur dua panel tersebut akan membuatnya sangat mudah dan cepat dilakukan. Panel di samping antarmuka tersebut juga menampilkan Bookmark untuk folder yang tersimpan.

Aplikasi File Manager Terbaik di Android: MK File Explorer
Kredit gambar: kormateusz / Google Play Store

Fitur lainnya meliputi fitur dasar, seperti Copy/Cut/Paste, Delete, Hide, dan fitur membuat jalan pintas untuk suatu folder agar mudah diakses. Fitur lainnya yang dimiliki MK File Manager meliputi fitur pencarian file/folder, dukungan ZIP dan RAR, editor teks bawaan, pemutar musik, galeri dan juga memiliki dukungan untuk berbagai bahasa. Sayangnya, MK File Explorer masih belum mendukung penyimpanan cloud dan jaringan.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 11 Browser Terbaik di Android Edisi 2019

8. Amaze File Manager

Aplikasi file manager terbaik di Android yang ingin saya bahas terakhir adalah Amaze File Manager. Meskipun masih dalam versi beta, aplikasi file manager ini sudah cukup bagus dan memiliki banyak fitur. Bersifat open source, aplikasi ini tersedia gratis tanpa ada iklan yang dapat mengganggu. Amaze File Manager juga ringan untuk digunakan; hal tersebut menjadi salah satu prioritas mereka yang berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Aplikasi File Manager Terbaik di Android: Amaze File Manager
Kredit gambar: Team Amaze / Google Play Store

Antarmuka yang dimiliki Amaze cukup praktis dengan panel di samping yang menampilkan jalan pintas menuju folder yang sering dibuka, seperti folder film, musik, gambar, atau unduhan. Tampilan folder yang ada di panel tersebut juga dapat disesuaikan. Pengguna juga bahkan dapat membuat Bookmark dan menambahkan folder di panel tersebut. Fitur lainnya mencakup fitur pengelola aplikasi, navigasi, akses root, dan banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung untuk berbagi berkas melalui FTP dan SMB.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi file manager terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

1 komentar

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...