10 Aplikasi Email Terbaik di Android Edisi 2019

Aplikasi email dengan fitur yang lebih lengkap dan antarmuka yang bagus dapat membantu produktivitas per-email-an pengguna.

Home Listicle 10 Aplikasi Email Terbaik di Android Edisi 2019

-

Di Play Store, ada banyak sekali aplikasi email pihak ketiga dengan fitur yang lengkap dan memiliki antarmuka pengguna yang menarik. Melalui artikel ini, saya ingin membahas beberapa aplikasi email terbaik di Android yang dapat memaksimalkan produktivitas per-email-an pengguna.

Email, dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi kebutuhan pokok pengguna di era digital ini. Fungsi utamanya adalah untuk kebutuhan komunikasi. Pengguna dapat menghubungi siapa saja melalui email. Tidak hanya itu, email juga diperlukan ketika kita ingin mendaftar di suatu layanan atau platform media sosial.

Karena mempunyai kegunaan yang sangat penting, hampir semua produsen ponsel memiliki aplikasi email standar yang telah dipasang sebelumnya. Namun, kebanyakan aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur yang kurang lengkap; terkadang juga memiliki antarmuka yang tidak sesuai dengan selera pengguna.

10 Aplikasi Email Terbaik di Android Edisi 2019

1. Gmail

Karena Gmail adalah produk dari Google, aplikasi ini biasanya telah dipasang secara standar di beberapa ponsel Android. Oleh karena itu, aplikasi email ini mungkin adalah yang paling populer dan banyak dikenal oleh pengguna Android. Saya sendiri sedang menggunakan aplikasi ini sebagai email klien di perangkat mobile untuk akun Gmail, POP3, dan IMAP yang saya miliki.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Memiliki antarmuka pengguna yang user-friendly, Gmail memiliki sistem pengorganisasian email yang sangat baik dengan disediakannya folder Social dan Promotions. Di pengaturan lanjutan, yang hanya bisa diakses melalui halaman web, pengguna dapat menambah dua folder standar tambahan dari Gmail, yaitu folder Updates dan Forums. Hal ini sangat membantu jika pengguna aktif di forum, atau sering berbelanja online dan sering mendapatkan email yang berupa receipt dari hasil belanja tersebut.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan beberapa akun Gmail sekaligus, serta akun-akun email dari layanan lainnya. Fitur lainnya mencakup diskusi grup, bookmark, notifikasi yang dapat diatur, dll. Selain itu, Gmail juga menyediakan penyimpanan cloud gratis dari Google sebesar 15GB untuk setiap akun Gmail.

Satu kekurangan yang dimiliki Gmail adalah adanya iklan yang menyerupai email. Namun, menurut saya, iklan tersebut tidak terlalu mengganggu, dan pengguna dapat dengan mudah membedakannya dengan email yang sebenarnya.

Unduh di Play Store

2. Microsoft Outlook

Bagi pengguna yang telah menggunakan layanan email sejak lama, pasti sudah mengenal aplikasi email ini. Di Windows, aplikasi ini sudah sangat populer, dan merupakan aplikasi yang biasanya dipasang bersamaan dengan Microsoft Office.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: Microsoft Corporation / Google Play Store

Sebelum sepenuhnya beralih ke menggunakan email klien di perangkat mobile, saya sendiri menggunakan Outlook sebagai email klien di desktop. Di Android, aplikasi ini sekarang juga sudah menjadi populer, yang memiliki lebih dari 100 juta unduhan di Play Store.

Outlook di Android memiliki antarmuka yang bersih, dan user-friendly. Pengguna dapat menyinkronisasi beberapa akun email, dan mengaktifkannya secara bersamaan. Selain mendukung penyedia layanan email seperti Outlook, Gmail, iClod, atau Yahoo Mail, aplikasi jni juga mendukung layanan penyimpanan cloud dari Microsoft.

Yang paling menarik dari Outlook adalah adanya tab “Focused” yang dapat menyortir email penting untuk selalu berada di atas.

Unduh di Play Store

3. Email oleh Edison Software

Aplikasi email terbaik di Android lainnya adalah Email yang dikembangkan oleh Edison Software. Memiliki desain yang elegan, aplikasi ini telah mendukung beberapa penyedia layanan email, dan memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan akun email dengan jumlah yang tidak terbatas.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: Edison Software / Google Play Store

Fitur lainnya mencakup konfigurasi swipe terhadap email yang mudah diatur, penyortiran otomatis sesuai dengan kategori, dukungan Android Wear, dll.

Selain itu, aplikasi email ini juga memiliki asisten built-in yang dapat membantu produktivitas pengguna. Asisten tersebut dapat memberikan informasi penting dari email yang diterima—seperti lampiran, informasi travel, tagihan, logistik, dll—tanpa harus membuka email.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 8 Aplikasi Berita Terbaik di Android Edisi 2018

4. Blue Mail

Blue Mail merupakan salah satu aplikasi email terbaik di Android yang kaya akan fitur. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan beberapa platform email yang telah populer, contohnya Gmail, Yahoo, Office 365, Outlook, iCloud, dll. Selain itu, Blue Mail juga dapat mendukung IMAP, POP3, dan MS Exchange.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: Blue Mail Inc. / Google Play Store

Dengan Blue Mail, pengguna dapat menyinkronisasi semua kotak surat dengan penyedia layanan yang berbeda dalam satu antar muka. Aplikasi email ini juga memiliki antarmuka pengguna yang bagus dan dapat dikostumisasi. Blue Mail juga dilengkapi dengan beberapa hal umum lainnya, seperti dukungan untuk Android Wear, dan menu yang mudah diatur.

Blue Mail juga memiliki fitur untuk mengatur notifikasi yang berbeda untuk setiap akun email; disediakan juga dark mode, yang saat ini sedang populer untuk dimiliki di suatu aplikasi. Jika pengguna mencari alternatif untuk Gmail, menurut saya aplikasi ini adalah pilihan yang tepat.

Unduh di Play Store

5. Aqua Mail

Aqua Mail menawarkan pengguna kemudahan dalam menambahkan akun email dari beberapa layanan email yang berbeda, seperti Gmail, Yahoo Mail, Hotmail, Apple, AOL, dll. Aplikasi ini juga mendukung standar protokol internet email, seperti IMAP, POP3, dan SMTP.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: MobiSystems / Google Play Store

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa widget yang menarik untuk menghiasi home screen pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga dapat disinkronkan dengan kalender dan kontak yang terdaftar di ponsel.

Fitur lainnya meliputi tersedianya beberapa tema yang menarik. Dark mode juga tersedia di aplikasi email ini. Selain itu, pengguna juga dapat menyetel tanda tangan yang berbeda di setiap akun email yang terdaftar di aplikasi ini.

Menurut saya, aplikasi ini sangat bagus, karena ringan dan mendukung banyak penyedia layanan email. Namun, kebanyakan fitur menarik di dalamnya hanya dapat diakses melalui versi pro dari aplikasi ini. Selain fitur yang terbatas, versi gratisnya juga menampilkan iklan setelah pengguna mengirim sebuah email.

Unduh di Play Store

6. Email TypeApp

Email TypeApp merupakan salah satu aplikasi email terbaik di Android yang memiliki desain intuitif dan mudah dimengerti. Seperti aplikasi email lainnya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola semua akun email sekaligus. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung beberapa layanan dan protokol email yang populer, seperti Gmail, Yahoo Mail, iCloud, Hotmail, Outlook, IMAP, POP3, dll.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: TypeApp Inc. / Google Play Store

Fitur lainnya meliputi kotak masuk yang berisi semua email dari akun email yang berbeda, push notification, mode siang dan malam, sinkronisasi kontak dan kalender, layanan email grup, dll. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung Android Wear.

TypeApp dapat diunduh secara gratis di Play Store. Aplikasi ini, pada saat artikel ini ditulis, tidak menampilkan iklan. Maka dari itu, TypeApp sangat cocok bagi pengguna yang membutuhkan aplikasi email yang mudah digunakan dan sepenuhnya gratis tanpa adanya iklan yang mengganggu.

Unduh di Play Store

7. ProtonMail

Aplikasi email terbaik di Android lainnya adalah ProtonMail. Aplikasi email ini adalah aplikasi email yang berfokus menawarkan fitur keamanan. Salah satunya adalah terpasangnya enkripsi end-to-end di email yang diterima dan dikirim. Dengan kata lain, konten dari email tersebut tidak dapat dibaca, kecuali oleh pengirim dan penerima.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: ProtonMail / Google Play Store

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur timer pada email yang dapat terhapus secara otomatis. Pengguna juga dapat mengatur kata sandi pada email agar tidak dibaca pengguna lain yang “ga ada kerjaan” ketika sedang “meminjam” ponsel kita.

Meskipun befokus pada fitur keamanan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur berguna lainnya yang dibutuhkan di aplikasi email pada umumnya.

Unduh di Play Store

8. K-9 Mail

K-9 Mail merupakan salah satu aplikasi email di Android yang telah ada sejak lama. Aplikasi ini gratis, dan bersifat open source; juga mendukung beberapa email protokol, seperti IMAP, POP3, dan Exchange 2003/2007.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: K-9 Dog Walkers / Google Play Store

K-9 Mail merupakan salah satu aplikasi email paling ringan yang pernah saya gunakan. Hal itu karena fitur-fitur yang dimiliki sangat terbatas, yaitu IMAP push email, sinkronisasi multi folder, flagging, tanda tangan, dll. Namun, menurut saya fitur-fitur tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan per-email-an pengguna yang ringan.

Karena ringan dan sederhana, saya rasa aplikasi ini cocok bagi pengguna yang memiliki ponsel dengan spesifikasi yang rendah, dan ingin mencari alternatif dari aplikasi email bawaan atau Gmail yang relatif berat.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 6 Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android Edisi 2018

9. myMail

myMail merupakan aplikasi email terbaik di Android lainnya yang dapat dengan baik mengelola semua akun email pengguna secara bersamaan. Aplikasi ini juga mendukung hampir semua protokol dan penyedia layanan email.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: My.com B.V. / Google Play Store

Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dapat mengkostumisasi notifikasi, kompresi data ketika mengirim dan menerima email, dan pencarian yang “smart.” Sama seperti K-9, aplikasi email ini juga memiliki fitur yang terbatas, namun sudah merupakan fitur-fitur yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi email.

myMail juga memiliki antarmuka pengguna yang bersih dan intuitif, dan menurut saya hampir sama dengan yang dimiliki Gmail. Kekurangan yang dimiliki hampir sama dengan aplikasi email pada umumnya, yaitu adanya iklan yang mengganggu.

Unduh di Play Store

10. Newton Mail

Newton Mail merupakan salah satu aplikasi email terbaik di Android, dan menurut saya adalah alternatif Gmail yang paling baik di antara yang lain. Aplikasi ini banyak dikenal karena adanya dukungan integrasi yang luas dengan layanan produktivitas lainnya, dan juga ketersediaannya di beberapa platform lain.

Aplikasi Email Terbaik di Android
Kredit gambar: CloudMagic, Inc. / Google Play Store

Newton Mail, seperti aplikasi email lainnya, mendukung hampir semua penyedia layanan email, dan beberapa layanan produktivitas lainnya, seperti Zendesk, Pocket, Evernote, OneNote, dan Trello. Aplikasi ini juga memiliki fitur built-in untuk mengunci email pengguna dengan passcode yang dapat diatur.

Secara keseluruhan, saya sangat menyukai aplikasi ini sejak pertama kali mengenalnya. Namun, pengguna harus membayar sekitar USD 49.99 per tahun untuk mengakses seluruh fitur yang ditawarkan di aplikasi Newton Mail.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi email terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

1 komentar

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

4 Emulator NES Terbaik di Android

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES...

RPAN: Reddit Uji Coba Fitur ‘Livestreaming’

Reddit sedang mengadakan uji coba fitur livestreaming yang sering kita jumpai di platform seperti YouTube dan Twitch. Fitur ini diumumkan hari ini, dan diberi...

PUBG Hadirkan Fitur ‘Cross-play’ untuk Xbox One dan PS4

PUBG Corporation, pengembang game battle royale PlayerUnknown's Battleground (PUBG), memberikan beberapa pengumuman pada acara livestream Inside Xbox Gamescom. Mereka mengatakan jika sedang bekerja untuk menghadirkan...