10 Aplikasi Cleaner Terbaik di Android Edisi 2018

Aplikasi-aplikasi cleaner di bawah ini sangat cocok digunakan bagi pengguna yang ingin meningkatkan performa ponsel Android dengan menghapus file cache sistem, dan file sampah yang tidak dipakai.

Home Listicle 10 Aplikasi Cleaner Terbaik di Android Edisi 2018

Aplikasi cleaner, atau aplikasi pembersih, merupakan aplikasi yang dibutuhkan di perangkat Android. Aplikasi ini bertugas untuk membersihkan sampah-sampah atau file-file yang banyak memakan ruang penyimpanan dan tidak dipakai di ponsel Android pengguna. Dengan bersihnya ponsel Android dari file-file sampah tersebut, maka tentunya akan meningkat juga performa dari ponsel pengguna. Selain meningkatkan performa, aplikasi cleaner juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel pengguna. Artikel ini membahas beberapa daftar aplikasi cleaner terbaik di Android edisi 2018.

10 Aplikasi Cleaner Terbaik di Android Edisi 2018

1. Clean Master – Antivirus, Cleaner & Booster

Clean Master merupakan salah satu aplikasi cleaner terbaik di Android. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna di Play Store. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang ditawarkan untuk penggunanya.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: Cheetah Mobile / Google Play Store

Selain bertugas untuk membersihkan file-file sampah dari ponsel Android, aplikasi ini juga dilengkapi dengan anti-virus dan opsi untuk meningkatkan performa dan daya tahan baterai ponsel pengguna.

File-file sampah yang dihapus oleh Clean Master termasuk file-file dalam cache sistem, file sampah dari data suatu aplikasi, dan file-file sampah dari suatu iklan. Selain itu, meskipun salah satu tugas dari aplikasi ini untuk menghapus file sampah dari sistem, data pribadi pengguna, seperti foto, musik, video, dan yang lainnya, tidak akan ikut dihapus oleh Clean Master.

2. Cache Cleaner – DU Speed Booster

Salah satu aplikasi cleaner terbaik lainnya adalah DU Speed Booster & Cleaner, yang telah diunduh oleh lebih dari 230 juta pengguna Android. Fitur-fitur penting yang ditawarkan oleh aplikasi ini termasuk opsi untuk meng-optimalkasn kinerja aplikasi yang berjalan di latar belakang, melegakan ruang penyimpanan, dan menghapus file-file sampah di ponsel pengguna.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: DU APPS STUDIO – BATTERY&BOOSTER / Google Play Store

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mencopot pemasangan aplikasi yang jarang digunakan oleh pengguna. Selain itu, ada juga fitur CPU Cooler yang dapat menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak mengkonsumsi penggunaan CPU, dan membantu pengguna untuk menghentikan proses dari aplikasi tersebut.

Ketika pertama kali di-install, aplikasi DU Speed Booster & Cleaner akan menunjukkan notifikasi toolbar di atas layar ponsel pengguna secara default. Pengguna dapat masuk ke menu Notification Toolbar melalui pengaturan aplikasi, dan menon-aktifkannya dengan tidak memilih Enable Notification Toolbar.

3. Cleaner Extreme Lite – Boost Mobile Pro 2019

Aplikasi cleaner terbaik di Android lainnya adalah Cleaner Extrem Lite. Sesuai dengan namanya, aplikasi cleaner ini adalah salah satu yang paling ringan, di mana hanya menggunakan 7MB ruang penyimpanan dari ponsel pengguna. Selain bertugas untuk menghapus cache sistem dan aplikasi, Cleaner Extreme Lite juga dapat digunakan untuk menon-aktifkan aplikasi yang banyak mengonsumsi RAM ponsel pengguna dengan fitur Memory Boost yang dimilikinya.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: KURNLab / Google Play Store

Fitur-fitur lainnya mencakup Cooler CPU untuk menon-aktifkan aplikasi yang banyak menggunakan kinerja CPU, dan Notification Cleaner untuk memblokir notifikasi yang tidak diinginkan.

4. Ace Cleaner (Boost Speed Free)

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: GOMO Apps / Google Play Store

Ace Cleaner adalah aplikasi cleaner yang paling simpel di antara aplikasi yang lainnya. Meskipun begitu, aplikasi ini juga merupakan salah satu yang paling efektif dalam meningkatkan kinerja ponsel Android pengguna. Fitur-fitur pembersih dan optimalisasi yang dimilikinya meliputi Ace Clean, Ace Boost, Quiet Notification, Battery saver, dan CPU Cooler.

Baca juga: 8 Aplikasi Berita Terbaik di Android Edisi 2018

5. All-In-One Toolbox: Cleaner, Booster, App Manager

Sesuai dengan namanya, All-In-One Toolbox merupakan aplikasi cleaner multifungsi yang memiliki banyak fitur selain untuk menghapus file-file sampah dari ponsel pengguna. Aplikasi ini dilengkapi dengan WiFi Analysis untuk menganalisa koneksi sambungan WiFi dan membuat koneksinya menjadi lebih cepat.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: AIO Software Technology CO., Ltd. / Google Play Store

Aplikasi ini juga dilengkapi File Explorer untuk mengatus file-file pengguna yang ada di memori internal maupun kartu memori. Ada juga App Manager, yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk meng-install dan meng-uninstall aplikasi secara bersamaan, sekaligus fitur untuk memindahkan aplikasi tersebut dari memori internal ke kartu memori, begitu pula sebaliknya.

Fitur-fitur lainnya mencakup fitur yang juga banyak dimiliki aplikasi cleaner lainnya, seperti Space Cleaner, CPU Cooler, dan CPU Booster.

6. Go Speed (Clean Boost Free)

Go Speed merupakan aplikasi cleaner yang ringan, di mana aplikasi ini diklaim dapat bekerja 50% lebih efisien dari aplikasi cleaner lainnya dalam meningkatkan performa ponsel Android. Pasalnya, aplikasi ini dapat menon-aktifkan aplikasi yang dapat berjalan secara otomatis ketika ponsel dihidupkan. Go Speed juga dapat menon-aktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: GOMO / Google Play Store

Selain itu, Go Speed juga memiliki fitur untuk mencari foto duplikat yang tersimpan, dan memberi pengguna opsi untuk menghapus salah satu dari foto tersebut demi melegakan ruang penyimpanan ponsel.

7. Cleaner – Boost, Clean, Space Cleaner

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: LIONMOBI / Google Play Store

Aplikasi ini memiliki fungsi dan fitur yang juga banyak dimiliki oleh aplikasi cleaner lainnya. Ada 5 fitur penting yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Selain untuk menghapus file-file sampah dari cache sistem dan aplikasi, aplikasi ini juga sudah dilengkapi fitur Phone Boost untuk mempercepat kinerja ponsel dengan menon-aktifkan aplikasi yang sedang berjalan; Anti Virus untuk melindungi ponsel dari ancaman malware dan trojan; CPU Cooler untuk mendinginkan CPU dengan menon-aktifkan aplikasi yang banyak menggunakan kinerja CPU ponsel; dan Battery Saver untuk menghemat daya tahan betarai ponsel pengguna.

8. Power Clean

Aplikasi cleaner lainnya adalah Power Clean. Aplikasi ini mempunyai rating dari lebih dari 2 juta pengguna di Play Store. Design yang simpel menjadikannya salah satu aplikasi cleaner yang ringan, cepat, dan mudah digunakan. Hanya dengan satu tap, pengguna sudah dapat membersihkan ponsel pengguna dari file-file sampah dan file-file sistem yang tidak dipakai. Power Clean juga dilengkapi dengan anti virus untuk mengamankan ponsel dari ancaman malware dan trojan.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: Apex Apps / Google Play Store

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memblokir notifikasi yang tidak diinginkan dari suatu aplikasi yang ter-install di ponsel pengguna. Selain itu, Power Clean juga dibekali dengan aplikasi manager yang dapat meng-install, backup, dan mengirm aplikasi pengguna. Ada juga fitur AppLock untuk mengunci suatu aplikasi agar tidak dapat dibuka oleh orang lain.

9. Systweak Android Cleaner – Phone Booster & Memory Optimizer

Aplikasi cleaner terbaik di Android lainnya adalah Systweak Android Cleaner. Aplikasi ini dilengkapi dengan bermacam fitur untuk membersihkan ponsel pengguna dari file-file sampah. Selain itu, Systweak Android Cleaner juga dilengkapi dengan opsi untuk melakukan tugas pembersihan dan peng-optimalisasi RAM secara otomatis. Jadi, pengguna tidak perlu membuka aplikasi tersebut untuk melakukan hal tersebut.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: Systweak Software / Google Play Store

Selain untuk melakukan tugas pembersihan, ada juga fitur Battery Saver untuk menghemat penggunaa daya baterai ponsel. App Manager juga disediakan untuk menampilkan aplikasi mana yang jarang digunakan, melakukan backup, dan mengirim suatu aplikasi. Aplikasi ini juga dilengkapi module WhatsApp untuk menampilkan file-file yang diunduh melalui WhatsApp. Fitur lainnya mencakup Junk Remover, Game Booster, Duplicate Files Remover, App Hibernator, dan yang lainnya.

Baca juga: 8 Aplikasi File Manager Terbaik di Android untuk Tahun 2018

10. The Cleaner – Speed up & Clean

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Credit: Liquidum Limited / Google Play Store

The Cleaner merupakan aplikasi cleaner yang ringan dan memiliki antarmuka yang intuitif. Selain bertugas sebagai cleaner, aplikasi ini juga dapat membantu pengguna untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang meminta persetujuan aneh-aneh. Pengguna juga dapat membuat jadwal untuk melakukan pembersihan secara otomatis. Fitur lainnya mencakup Memory Optimizer, Storage Cleaner, Game Booster, dan App Locker.

Catatan: Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi cleaner terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Fitur Boomerang dan Mode Selfie Telah Hadir di Messenger

Kamera di Facebook Messenger mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan hari ini. Facebook mengumumkan jika fitur Boomerang dan mode selfie telah hadir di Messenger. Tidak...

FlashScore ID: Aplikasi Skor Langsung dan Jadwal Pertandingan Berbagai Olahraga

Di zaman yang sudah serba digital ini, melihat skor langsung dan jadwal pertandingan dari sebuah pertandingan olah raga dapat dilakukan dengan mudah; salah satunya...

Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Instagram menggunakan AI untuk membuat deskripsi foto yang diunggah penggunanya ke platform tersebut. Perilisan fitur baru ini diumumkan Instagram hari ini memalui halaman blog resminya....

Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Demi meningkatkan pengelaman penggunanya, Instagram akan menghapus follower dan like palsu, termasuk juga komentar palsu, dari akun yang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk mendapatkannya....