8 Aplikasi Berita Terbaik di Android Edisi 2018

Home Listicle 8 Aplikasi Berita Terbaik di Android Edisi 2018

Agregator berita telah menjadi alat bagi pengguna untuk mendapatkan berita terbaru. Seiring dengan berkembangnya teknologi, surat kabar, tabloid, dan bahkan siaran radio rasanya telah menjadi bagian dari masa lalu. Ditambah lagi, di era ini sudah banyak sumber berita yang tidak perlu bergantung pada persetujuan pengiklan untuk menyampaikan berita yang tidak mengandung bias. Maka dari itu, melalui artikel ini akan diulas beberapa aplikasi berita terbaik di Android, yang fungsi utamanya adalah untuk menyampaikan berita kepada pengguna dengan cepat dan tanpa bias.

Menurut artikel yang ditulis di Jurnalism, rata-rata, 62% populasi negara-negara di dunia pertama mengatakan bahwa mereka menggunakan smartphone untuk mengakses berita di internet. Namun, pada saat yang sama, 54% setuju bahwa mereka juga khawatir tentang berita palsu atau hoax yang tersebar di internet, terutama di media sosial.

Karena hal tersebut, banyak pengguna sekarang menggunakan aplikasi-aplikasi aggregator berita untuk terhindar dari berita hoax. Pasalnya, aplikasi aggregator berita saat ini telah menyajikan berita dari sumber yang terpercaya. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut, pengguna juga dapat membaca berita dari sumber yang terpilih dalam satu atap.

8 Aplikasi Berita Terbaik di Android Edisi 2018

1. Google News

Aplikasi Google News (sebelumnya dikenal sebagai Play Newsstand) banyak dikenal dalam menyampaikan berita yang relevan melalui umpan berita dengan menggunakan teknologi AI.

Aplikasi Berita Terbaik di Android
Credit: Google LLC / Google Play Store

Tab “For You” di dalam aplikasi akan menampilkan berita utama dan perkembangan berita yang penting dan relevan, di mana daftar berita tersebut dipersonalisasi berdasarkan pada aktivitas pengguna di platform Google. Tab “Full Coverage” di sisi lain juga akan menampilkan berita yang sama yang diterbitkan oleh publisher yang berbeda dengan menyoroti semua topik berita.

Sayangnya, Google mempunyai pendekatan intuitif yang dapat mengganggu dalam menyampaikan beritanya. Terkadang, pengguna masih disuguhkan dengan berita dengan topik yang sudah berhenti diikuti.

Keunggulan Google News:

  • Menggunakan teknologi AI;
  • Mempunyai fitur ‘Full Coverage’ yang menyoroti semua topik berita;
  • Konten berita yang dapat dipersonalisasi.

2. Flipboard

Aplikasi berita terbaik di Android lainnya adalah Flipboard. Aplikasi ini mempunyai interface dan desain yang elegan. Tata letak halamannya yang bersifat print-style membuat pengguna mudah dalam melakukan navigasi. Untuk penyampaian berita, Flipboard nantinya menganalisis berita atau penerbit yang sering dikunjungi pengguna, dan menawarkan berita atau penerbit yang serupa.

Aplikasi Berita Terbaik di Android
Credit: Flipboard / Google Play Store

Flipboard juga mempunyai fitur ‘Magazine’ yang dapat digunakan untuk menyimpan berita. Fitur lainnya mencakup ‘See less new stories like this” dan “Mute site” untuk mengurangi jumlah berita yang ditampilkan oleh suatu penerbit.

Salah satu kekurangan utama yang dimiliki Flipboard adalah tidak adanya fitur untuk menyingkirkan berita yang serupa (similar news stories) di feed berita pengguna.

Keunggulan Flipboard:

  • Interface yang elegan;
  • Dapat menambahkan teman;
  • Feed berita dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan minat.

3. Microsoft News

Sebelumnya dikenal sebagai MSN News, aplikasi berita milik Microsoft untuk Android ini menawarkan pengalaman yang bagus, dan desainnya yang terstruktur akan membantu pengguna dalam melakukan menavigasi secara efisien.

Aplikasi Berita Terbaik di Android
Credit: Microsoft Corporation / Google Play Store

Pengguna dapat melakukan personalisasi terhadap berita yang ingin ditampilkan dengan melakukan login ke akun Microsoft. Selain itu, pengguna juga dapat menyinkonkan personalisasi tersebut dengan platform lain dari Microsoft, seperti di MSN.com atau di feed berita Microsoft Edge.

Melalui tab pengaturan, pengguna memiliki opsi untuk memilih edisi berita dari negara yang berbeda. Namun, pengguna akan disuguhkan dengan iklan yang mengganggu. Di Microsoft News, tata letak beritanya membuat pengguna sulit untuk membedakan antara artikel berita organik dan yang disponsori.

Keunggulan Microsoft News:

  • Personalisasi yang dapat disinkronkan dengan berbagai platform (MSN.com dan Edge);
  • Memiliki mode malam;
  • Aplikasinya memiliki transisi yang lancar.

Baca juga: 8 Aplikasi File Manager Terbaik di Android untuk Tahun 2018

4. BBC News

BBC News adalah penyedia berita yang paling terkenal di dunia. Mereka dikenal karena menyajikan berita yang tidak bias dan tidak sensasional. Aplikasi berita resmi dari BBC News pun dibuat untuk menyampaikan visi mereka.

Aplikasi Berita Terbaik di Android
Credit: BBC Worldwide (Ltd) / Google Play Store

Aplikasi ini menampilkan berita dari setiap negara sekaligus. Bagian News Feed hadir dengan opsi tata letak yang berbeda dan bahkan memiliki saluran berita live streaming di dalam aplikasi tersebut. Pengguna juga dapat mengubah pengaturan notifikasi dan menonaktifkan sinkronisasi yang berjalan di latar belakang.

Keunggulan BBC News:

  • Penyedia berita yang sudah terkenal dan memiliki respect dari seluruh dunia;
  • Aplikasinya memiliki banyak pengaturan layout yang berbeda.

5. Smart News

Aplikasi berita terbaik di Android lainnya adalah Smart News yang baru-baru ini menjadi favorit banyak pengguna. Aplikasi ini menganalisis jutaan artikel berita setiap detik dan secara efektif mengaturnya ke dalam topik yang relevan. Pengguna juga dapat mengatur setelan notifikasi untuk seberapa sering berita dikirim ke ponsel pengguna.

Aplikasi Berita Terbaik di Android
Credit: SmartNews, Inc. / Google Play Store

Aplikasi ini juga memiliki mode “smart news” yang dapat menampilkan artikel berita tanpa gambar, sehingga dapat membantu pengguna memuat berita dengan koneksi internet yang lemot, dan membantu menghemat penggunaan data pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur “offline reading” untuk membaca artikel berita dalam keadaan offline.

Meskipun pengguna memiliki preferensi untuk mengikuti beberapa publisher saja, semua sumber berita utama muncul sebagai bagian dari umpan berita di aplikasi.

Keunggulan Smart News:

  • Menyajikan dan menganalisis jutaan artikel berita dari seluruh dunia;
  • Memiliki laporan utama;
  • Memiliki mode smart news.

6. AOL – News, Mail & Video

Aplikasi berita terbaik di Android lainnya dikembangkan oleh AOL, dan mungkin telah menjadi penyedia aplikasi berita di Android untuk waktu yang lama. Faktanya, aplikasi ini sampai sekarang masih memberikan persaingan ke aplikasi berita lainnya. Aplikasi berita AOL memiliki pencarian sendiri yang diberdayakan oleh Bing. AOL News, Mail, and Video juga menyediakan laporan berita per jam dan harian untuk lokasi penggunanya.

Aplikasi Berita Terbaik di Android
Credit: AOL Inc. / Google Play Store

Aplikasi ini juga memiliki section video yang menampilkan klip yang sedang tren. Mulai dari video Epic Fails, video lucu, sampai video berita, pengguna disuguhi dengan berbagai topik video yang menarik.

Keunggulan AOL – News, Mail & Video:

  • Mempunyai section video;
  • Daily forecast;
  • Personalisasi berita dapat disinkronkan dengan aplikasi di iOS dan web.

7. Feedly

Feedly banyak diyakini sebagai penerus dari Google Reader. Aplikasi RSS ini cocok untuk pengguna yang hanya ingin menampilkan berita dari sumber berita tertentu dan tidak suka disuguhi dengan berita yang menurutnya kurang penting.

Aplikasi Berita Terbaik di Android
Credit: Feedly Team / Google Play Store

Aplikasi Feedly di Android sendiri juga cukup responsiv dan cepat dalam memperbarui konten melalui feed RSS yang telah terdaftar. Pengguna juga dapat melakukan personalisasi terhadap feed RSS yang ingin dimuat. Untuk berlangganan, pengguna cukup mencari dan menyalin tautan dari feed RSS sumber berita tersebut.

Feedly juga nantinya akan memberikan saran untuk sumber berita yang hampir serupa dengan sumber berita yang telah disubscribe oleh penggunanya.

Keunggulan Feedly:

  • Mengizinkan pengguna untuk membuat feed berita sendiri;
  • Mempunyai fitur refresh dan pemuatan konten yang cepat;
  • Support tautan RSS.

Baca juga: 6 Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android Edisi 2018

8. News Break: Local and Breaking

News Break adalah salah satu aplikasi berita terbaik di Android yang dapat diunduh melalui Play Store. Penampilan berita di aplikasi ini sepenuhnya tergantung dari minat pengguna. Jadi, berita yang ditampilkan adalah berita yang topiknya telah diikuti pengguna.

Aplikasi Berita Terbaik di Android
Credit: In Now / Google Play Store

Maka dari itu, aplikasi ini memiliki fitur tab “Following” dan “For you”, di mana keduanya menampilkan berita yang dipersonalisasi untuk pengguna. Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi ini termasuk opsi “Quick view” dan “Night mode”. Ada juga fitur “Instant news” yang menyajikan berita dengan ukuran byte yang kecil di lock screen ponsel pengguna.

Selain itu, News Break juga memiliki antarmuka yang sederhana, yang sangat berguna untuk memudahkan pengguna berbagi konten berita di platform media sosial. Namun, aplikasi ini memiliki jangkauan global yang terbatas, di mana ada sumber berita dari suatu negara tertentu yang belum terjangkau.

Keunggulan News Break:

  • Fitur Instant news di lock screen;
  • Memiliki mode malam;
  • Menyajikan berita yang terorganisasi sesuai dengan minat pengguna.

Catatan: Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi berita terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update artikel terbaru dari Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Fitur Boomerang dan Mode Selfie Telah Hadir di Messenger

Kamera di Facebook Messenger mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan hari ini. Facebook mengumumkan jika fitur Boomerang dan mode selfie telah hadir di Messenger. Tidak...

FlashScore ID: Aplikasi Skor Langsung dan Jadwal Pertandingan Berbagai Olahraga

Di zaman yang sudah serba digital ini, melihat skor langsung dan jadwal pertandingan dari sebuah pertandingan olah raga dapat dilakukan dengan mudah; salah satunya...

Instagram Menggunakan AI untuk Membuat Deskripsi Foto

Instagram menggunakan AI untuk membuat deskripsi foto yang diunggah penggunanya ke platform tersebut. Perilisan fitur baru ini diumumkan Instagram hari ini memalui halaman blog resminya....

Instagram Akan Menghapus Follower dan Like Palsu

Demi meningkatkan pengelaman penggunanya, Instagram akan menghapus follower dan like palsu, termasuk juga komentar palsu, dari akun yang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk mendapatkannya....