10 Aplikasi Backup Terbaik di Android untuk Tahun 2018

Home Listicle 10 Aplikasi Backup Terbaik di Android untuk Tahun 2018

-

Salah satu tindakan penting yang sering diabaikan oleh pengguna Android adalah melakukan backup atau menyimpan cadangan data digital mereka. Di dalam menggunakan suatu sistem, akan selalu ada risiko untuk kehilangan file dan data-data penting kita. Penyebabnya juga bermacam-macam: kerusakan perangkat, atau juga pembaruan firmware yang dapat memformat perangkat kita. Berikut adalah beberapa aplikasi backup terbaik di Android untuk tahun 2018 yang tidak memerlukan akses root. Aplikasi-aplikasi ini dapat melakukan backup data kita secara otomatis dan menyimpannya secara offline ataupun online. Selain itu, kita juga dapat mengatur aplikasi ini untuk berjalan secara otomatis, sehingga data kita akan selalu aman meskipun ada kerusakan sistem yang mendadak.

10 Aplikasi Backup Terbaik di Android untuk Tahun 2018

1. App/SMS/Contact- Backup & Restore

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: Trustlook Apps / Google Play Store

App/SMS/Contact- Backup & Restore memiliki berbagai fitur untuk pencadangan (backup) dan pemulihan (restore). Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat file cadangan, memulihkan, mentransfer, dan juga membagikan aplikasi dan data pribadi kita. Kita juga dapat mencadangkan file kita ke dalam kartu SD ataupun sistem cloud online semacam Google Drive. Aplikasi ini juga memiliki pilihan untuk melakukan auto-backup yang memungkinkan kita untuk secara otomatis membuat cadangan setiap melakukan pembaruan instalasi aplikasi.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur pemindai virus bawaan, pemindai file APK, modus malam, dan kita juga dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan nama/tanggal/ukuran. Namun, aplikasi ini tidak dapat mencadangkan, memulihkan, atau mentransfer data dan pengaturan dari suatu aplikasi. Aplikasi ini gratis dan berisi iklan.

2. G Cloud Backup

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: Genie9 LTD / Google Play Store

G Cloud adalah salah satu aplikasi backup terbaik di Android, di mana pengguna perlu membuat akun untuk menyimpan cadangan. Dari akun tersebut, pengguna akan mendapatkan 1GB ruang cadangan secara gratis. Ruang cadangan ini dapat kita gunakan untuk menyimpan SMS, log panggilan, kontak, pengaturan sistem, foto, video, dan musik kita. Dengan aplikasi ini, kita dapat dengan mudah memindahkan file kita ke perangkat baru. Kita bahkan juga dapat melindungi aplikasi pribadi dengan kata sandi. Aplikasi ini tidak memerlukan hak akses root atau konfigurasi lainnya. Selain itu, G Cloud Backup juga memungkinkan kita untuk melakukan backup ke kartu SD eksternal. Kita dapat menjadwalkan pencadangan otomatis dan mengunggah setiap kali ada koneksi Wi-Fi. Aplikasi ini gratis, berisi iklan dan pembelian dalam aplikasi.

3. Super Backup & Restore

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: MobileIdea Studio / Google Play Store

Super Backup & Restore diklaim sebagai salah satu aplikasi pencadangan dan pemulihan tercepat untuk Android. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mencadangkan aplikasi, kontak, pesan, riwayat panggilan, bookmark, dan kalender ke kartu SD ataupun Google Drive. Kita juga dapat mencadangkan dan memulihkan data aplikasi kita. Tetapi untuk itu, kita perlu melakukan akses root pada perangkat Android kita. Selain itu, kita juga dapat menjadwalkan pencadangan otomatis.

Baca juga: 8 Aplikasi File Manager Terbaik di Android untuk Tahun 2018

Super Backup & Restore juga dapat mengunggah file cadangan yang terjadwal secara otomatis ke akun Google Drive kita. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang mudah dioperasikan dan dilengkapi dengan tema-tema yang dapat disesuaikan. Aplikasi ini gratis dan berisi iklan. Ada juga versi pro dari aplikasi ini yang bebas iklan.

4. Google Drive

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: Google LLC / Google Play Store

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud gratis dari Google yang menyediakan ruang penyimpanan dasar sebesar 15GB. Ruang ini cukup untuk menyimpan foto, file, dan dokumen lainnya yang kita miliki. Kita dapat mengakses hard drive Google virtual kita dari perangkat apa pun dan di mana pun kita berada. Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mengakses file secara offline hanya dengan menggunakan prosedur sederhana. Selain itu, kita juga dapat membagikan file-file dan folder kita dengan orang lain dan juga mengedit atau menambahkan komentar di salah satu file tersebut.

Sayangnya, aplikasi Google Drive ini tidak dapat melakukan pencadangan secara otomatis, dan hanya bisa mencadangkan file-file personal saja. Dengan kata lain, kita tidak dapat mencadangkan pesan, kontak, kalender, dan yang lainnya melalui Google Drive. File yang dicadangkan juga harus diunggah ke sistem cloud Google Drive. Namun, layanan cloud storage dari Google ini merupakan salah satu aplikasi backup terbaik di Android yang dapat menyimpan informasi kita dengan aman di cloud.

5. App Backup and Restore- Easiest backup tool

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: Apex Apps / Google Play Store

Aplikasi ini adalah aplikasi pencadangan dan pemulihan di Android yang dapat diandalkan dan mudah digunakan. App Backup and Restore memungkinkan kita untuk menyimpan, mengarsipkan, atau menghapus file cadangan langsung melalui UI-nya. Dengan aplikasi ini, kita dapat menyimpan file cadangan dan memulihkannya dengan cepat. Kita juga dapat mengatur file cadangan kita untuk disimpan di kartu SD. Aplikasi ini memiliki scanner file dan pemindai virus APK bawaan. Selain itu, kita dapat memilih untuk membuat cadangan otomatis untuk aplikasi tertentu, tidak harus untuk semua aplikasi. Selain itu, kita juga dapat berbagi aplikasi antar perangkat melalui WiFi dan Bluetooth. Namun, aplikasi hanya memungkinkan kita untuk mencadangkan dan memulihkan file APK kita, tanpa data aplikasi tersebut. Aplikasi ini gratis dan berisi iklan.

6. Titanium Backup

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: Titanium Track / Google Play Store

Titanium Backup adalah salah satu aplikasi backup terbaik di Android dan telah menjadi aplikasi backup yang banyak dipakai sejak Android pertama kali dikenal masyarakat. Aplikasi ini dikhususkan untuk mereka yang memiliki akses root pada perangkat Android mereka. Aplikasi ini bebas iklan dan tersedia dalam versi gratis dan premium. Dengan versi gratis, kita dapat mencadangkan dan memulihkan aplikasi bersama dengan data aplikasi, SMS, kontak, dll. Aplikasi ini juga mendukung pencadangan ke kartu SD. Versi premium menyediakan beberapa fitur tambahan seperti sinkronisasi ke penyimpanan cloud, backup otomatis, pemulihan batch, freezer aplikasi, dll. Secara keseluruhan, aplikasi ini cukup bagus dan patut dicoba.

7. Contacts Backup & Restore by Simpler

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: SimplerApps / Google Play Store

Jika kalian mencari aplikasi untuk mencadangkan kontak terbaik di Android, aplikasi ini adalah jawabannya. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mencadangkan kontak kita sebagai file VCF dan dapat berfungsi dalam mode offline. Kita nantinya dapat mengekspor file cadangan tersebut DropBox, Google Drive, ataupun kartu SD. Kita juga dapat memindahkan kontak untuk akun yang berbeda. Secara keseluruhan, aplikasi ini cukup mendasar dan mudah dioperasikan. Aplikasi ini gratis, tanpa iklan, dan pembelian dalam aplikasi. Sebagai tambahan, aplikasi ini juga tersedia dalam 15 bahasa yang berbeda.

8. Google Photos – aplikasi terbaik untuk mencadangkan foto

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: Google LLC / Google Play Store

Google Photos adalah layanan penyimpanan dan berbagi foto yang luar biasa yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menyediakan ruang penyimpanan yang tak terbatas (unlimited) untuk penggunanya secara gratis, dengan resolusi foto hingga 16 megapiksel dan video beresolusi hingga 1080p. Kita dapat mengaktifkannya untuk mencadangkan dan mengatur foto kita secara otomatis. Layanan ini dapat menganalisis gambar kita, mengidentifikasi berbagai fitur dan subjek di dalamnya, dan mengaturnya secara otomatis. Aplikasi ini juga memiliki fitur editor bawaan dan dukungan untuk Chromecast. Selain itu, kita juga dapat membagikan foto langsung dari aplikasi.

9. SMS Backup and Restore

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: SyncTech Pty Ltd / Google Play Store

Backup dan Restore SMS adalah aplikasi backup lainnya untuk Android yang memungkinkan kita membuat file cadangan dari pesan teks kita. Aplikasi ini akan menyimpan pesan teks, MMS dan log panggilan kita dalam format file XML. Kita juga dapat mentransfer data antara dua perangkat melalui WiFi langsung atau mengirimnya melalui email.

Baca juga: 10 Browser Terbaik di Android untuk Tahun 2018

Aplikasi ini sangat mudah disesuaikan, dan juga memiliki opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan iklan. Lebih lagi, kita juga dapat memilih percakapan mana yang ingin kita cadangkan atau pulihkan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mengunggah otomatis file cadangan kita ke Google Drive atau Dropbox. Kita juga dapat mengkonversi file cadangan XML kita ke format lain untuk dibuka di perangkat yang berbeda.

10. Helium – App Sync and Backup

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Credit: ClockworkMod / Google Play Store

Helium adalah salah satu aplikasi backup terbaik di Android yang tidak memerlukan akses root. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat cadangan aplikasi, data, kontak, pesan, dan log panggilan. Untuk menghubungkan pencadangan dari aplikasi ini ke PC, pengguna yang tidak memiliki akses root perlu menginstal aplikasi Helium untuk desktop. Sementara pengguna yang memiliki akses root dapat menjalankannya secara langsung. Versi gratis dari aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat file cadangan dan memulihkannya ke kartu SD, dan dari PC. Selain itu, versi premium hadir dengan fitur tambahan seperti penghapusan iklan, sinkronisasi Android ke Android lainnya, pencadangan dan pemulihan dari cloud, dll.

Catatan: Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi backup terbaik di Android. Kalian disarankan untuk memilih salah satu menyesuaikan kebutuhan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...