Android Q Developer Beta Telah Tersedia

Android Q developer beta sekarang dapat diunduh, dan dicoba di semua perangkat Google Pixel—termasuk Google Pixel generasi pertama dan Google Pixel XL.

Home Development Android Q Developer Beta Telah Tersedia

Kemarin, Google mengumumkan jika Android Q developer beta preview telah tersedia untuk diunduh. Jadwal perilisan ini telah menjadi tradisi Google dari tahun ke tahun untuk memperkenalkan versi Android selanjutnya. Sebagian besar fitur-fitur yang akan diterapkan di versi final untuk konsumen belum dapat ditemukan di versi ini. Namun, Google mengatakan jika beberapa fitur menarik, seperti kontrol privasi terhadap data lokasi pengguna dan dukungan untuk ponsel lipat, telah disematkan. Android Q developer beta ini, sesuai dengan namanya, ditujukan untuk para pengembang, dan tersedia untuk diunduh dan dicoba di semua perangkat Google Pixel.

Android Q Developer Beta Telah Tersedia untuk Semua Perangkat Pixel

Android Q developer beta kini tersedia untuk semua perangkat Pixel, termasuk Pixel generasi pertama dan Pixel XL. Google mengatakan jika perluasan dukungan pembaruan untuk model-model tersebut dilakukan karena adanya banyak permintaan dari pengguna. Meskipun begitu, pengguna disarankan untuk tidak memasang pembaruan ini di ponsel utama, karena belum stabil dan memiliki banyak bug.

Artikel terkait: Bocoran tentang Pixel 3 Lite, Ponsel Mid-range dari Google

Dikutip dari The Verge, salah satu hal menarik yang diperlihatkan di versi developer beta ini adalah adanya opsi baru untuk gambar dan video. Melalui Android Q, Google ingin melakukan standardisasi terhadap bagaimana Android memproses kedalaman peta (depth map) gambar melalui format Dynamic Depth baru yang terdiri dari gambar JPEG, metadata kedalaman (depth metadata), dan peta kedalaman yang digabungkan bersama. Pengguna nantinya dapat mengambil foto dengan dukungan Dynamic Depth dari perangkat dengan kamera yang mendukungnya; artinya, aplikasi pihak ketiga akan mudah untuk menawarkan opsi blur dan bokeh pada hasil tangkapan foto tersebut.

Google juga mengumumkan bahwa Android Q mendapatkan dukungan untuk codec video AV1 generasi berikutnya. Codec ini dapat meningkatan kualitas streaming dengan penggunaan bandwidth yang lebih rendah; yang tentunya dapat berjalan ketika penyedia konten video streaming juga mulai mendukungnya.

Fitur-fitur lainnya dari Android Q dalam versi beta pertama ini termasuk peningkatan privasi terhadap data lokasi pengguna, beberapa dukungan untuk ponsel lipat, API baru untuk Pengaturan, dan menu sharing yang ditingkatkan. Saya telah membahas secara rinci fitur-fitur tersebut di artikel Fitur-fitur Baru dan Menarik di Android Q.

Meskipun fitur-fitur di atas telah diperkenalkan kepada pengguna, masih ada yang kurang dari perilisan pertama versi beta Android Q ini. Sampai sekarang, Google masih belum secara resmi mengumumkan nama dari Android Q tersebut.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Pandora Luncurkan Aplikasi untuk Mac

Pandora, platform streaming musik dan radio, akhirnya meluncurkan aplikasi native untuk desktop yang saat ini hanya tersedia bagi pengguna Mac, dengan dukungan untuk Windows...

Glass Enterprise 2: Perangkat AR Terbaru dari Google

Google telah merilis perangkat AR terbaru mereka yang diberi nama Glass Enterprise Edition 2. Perangkat ini merupakan perangkat kacamata pintar, dan merupakan penerus dari...

Versi Pratinjau Microsoft Edge Tersedia untuk Mac

Pertama kali diumumkan pada Desember kemarin, dan sempat dipamerkan melalui acara Microsoft Build 2019 beberapa minggu lalu, Microsoft kini resmi merilis versi pratinjau dari...