Android P Developer Preview Akan Dirilis pada Pertengahan Maret

Home Development Android P Developer Preview Akan Dirilis pada Pertengahan Maret

Sejak dirilisnya Androuid Nougat pada tahun 2016, Google memulai mengenalkan perilisan untuk Android Developer Preview sebelum versi final dari OS tersebut resmi dirilis. Langkah ini diambil oleh Google agar para developer (pengembahng) dapat mengakses OS Android terbaru besutan mereka terlebih dahulu. Untuk tahun ini, sepertinya tidak akan ada perbedaan yang signifikan mengenai rilisnya OS Android yang baru. Dari beberapa rumor, Google berencana jika Android P Developer Preview akan dirilis pada pertengahan Maret tahun ini.

Android P Developer Preview Akan Dirilis pada Pertengahan Maret

Menurut Evan Blass menalui sebuah tweer di akun Twitter-nya, versi Developer Preview untuk Android terbaru tahun ini ditargetkan untuk dirilis pada pertengahan Maret. JIka benar, hal ini akan sejalan dengan pengumuman resmi untuk Android O tahun lalu pada tanggal 21 Maret.

Untuk fitur yang akan dibawa Android P juga masih dalam sebatas rumor. Fitur-fitur yang dirumorkan tersebut termasuk dukungan untuk jenis tampilan unik yang dikhususkan untuk smartphone dengan “notch” di bagian depan layar. Fitur yang lain juga berupa peningkatan integrasi Google Assistant yang di home screen dan juga pada aplikasi yang ter-install di perangkat.

Baca juga: Definisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo

Menurut sebuah entri AOSP, Google juga menambahkan beberapa fitur keamanan pada Android P. Salah satunya adalah: dilarangnya aplikasi yang sedang berjalan di backcground (idle) untuk mengakses kamera dan microphone.

If a UID is idle (being in the background for more than cartain amount of time) it should not be able to use the camera. If the UID becomes idle we generate an eror and close the cameras for this UID. If an app in an idle UID tries to use the camera we immediately generate an error. Since apps already should handle these errors it is safe to apply this policy to all apps to protect user privacy.

Tweet dari Evan Blass tidak menginformasikan secara langsung tanggal dari perilisan Android P Developer Preview ini. Beberapa berasumsi jika OS ini akan dirilis pada tanggal 14 Maret, yang dikenal sebagai Pi Day; yang kemungkinan juga akan menjadi inspirasi untuk nama dari Android P sendiri. Jika memang benar, maka Google dapat menamai Android P dengan sebutan Android Pie.

Kapanpun Android P Developer Preview ini dirilis, kita hanya dapat menunggu untuk beberapa minggu saja. Untuk perangkat yang kompatibel dengan OS ini, Google Pixel dan Pixel 2 merupakan kandidat yang difavoritkan.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Browser Brave Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads,...

Google Fit Resmi Tersedia untuk Perangkat iOS

Google Fit, aplikasi pencatat kesehatan yang dikembangkan oleh Google, resmi tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada 2014 lalu....

Tech & Society: Sebuah Podcast dari Mark Zuckerberg

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, resmi memiliki sebuah podcast sendiri. Diumumkan melalui akun Twitter milik Facebook, Zuckerberg melalui podcast-nya ingin membahas bagaimana perkembangan...