Alasan Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Home Teoretis Alasan Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

-

Ubuntu Linux adalah sistem operasi open source yang paling populer. Ada banyak alasan kenapa memilih Ubuntu sebagai OS untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Selain gratis dan open source, Ubuntu memiliki interface yang mudah disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna, dan juga memiliki Pusat Perangkat Lunak (Software Center) yang penuh dengan berbagai macam aplikasi gratis.

Karena Linux merupakan perangkat lunak open source, OS ini memungkinkan para pengembang untuk mengembangkan kodenya sendiri dan menciptakan sesuatu yang baru dan menarik. Oleh karena itu, sampai sekarang ada banyak distribusi Linux yang dirancang untuk melayani kebutuhan penggunanya yang berbeda.

Dari semua distro Linux yang tersedia, Ubuntu, Mint, openSUSE, dan Debian adalah beberapa yang paling populer. Jika pengguna menghadapi masalah dengan fitur privasi yang ditawarkan di Windows 10, mereka dapat mencoba Linux untuk pengalaman computing yang baru.

Alasan Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Jika melihat statistik, Ubuntu adalah sistem operasi open source yang paling populer. Sebagaian besar pemula yang baru terjun di dunia Linux pasti memilih distribusi Ubuntu sebagai OS yang pertama mereka coba. Itulah sebabnya artkel ini ditulis untuk mengungkap alasan terbaik kenapa memilih Ubuntu sebagai OS sehari-hari.

1. Ubuntu lebih user-friendly

Alasan Kenapa Memilih Ubuntu

Banyak pengguna menganggap OS berbasis Linux sulit digunakan dan khusus dirancang untuk para developer. Pernyataan ini salah besar. Menurut pengalaman, Ubuntu memiliki interface yang mudah digunakan dan mudah disesuaikan. Bahkan setiap pengguna dengan pengetahuan dasar tentang komputer sekalipun dapat mengatur UI-nya sesuai kebutuhan. Selama bertahun-tahun, Canonical, developer Ubuntu, telah meningkatkan pengalaman desktop Ubuntu dan memoles antarmuka pengguna secara keseluruhan. Tidak hanya itu, sama seperti Windows, proses instalasi Ubuntu juga sangat mudah.

2. Ubuntu gratis

Tanpa basa-basi, poin ini merupakan poin penting dari alasan kenapa memilih Ubuntu. Berbeda dengan Windows, mengunduh, menginstal, dan menggunakan Ubuntu tidak membutuhkan biaya sepeser pun. Pengguna dapat mengunduhnya melalui situs web Canonical atau situs web torrent favorit mereka, dan membuat ISO dari file tersebut untuk kemudian di-boot melalui drive USB. Karena OS ini gratis, Ubuntu juga banyak digunakan di berbagai organisasi pendidikan dan pemerintahan di seluruh dunia untuk mengurangi biaya operasional. Selain itu, sebagian besar perangkat lunak yang ada di Software Center Ubuntu juga gratis.

Baca juga8 Distro Linux Terbaik untuk Tahun 2018

Akhir bulan ini, April 2018, rilis versi LTS berikutnya dari Ubuntu, yaitu Ubuntu 18.04 Bionic Beaver, akan dirilis.

3. Ubuntu aman dari virus

Akan salah jika pengguna mengatakan bahwa Ubuntu 100% kebal dari ancaman virus. Namun, dibandingkan dengan Windows, yang membutuhkan penggunaan antivirus, pengguna Ubuntu tidak perlu khawatir tentang malware yang sering menyerang. Firewall dan metode perlindungan virus bawaan Ubuntu memastikan pengguna terlindungi. Dengan menggunakan Ubuntu, pengguna juga menghemat biaya antivirus karena tidak memerlukannya.

4. Kustomisasi tinggi

Alasan Kenapa Memilih Ubuntu

Kebebasan untuk menyesuaikan sistem adalah salah satu keunggulan utama dari OS yang berbasis Linux. Jika pengguna tidak menyukai suatu Desktop Environment (DE) tertentu, pengguna cukup menggantinya dengan yang baru. Pengguna juga dapat bereksperimen dengan suatu DE untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Pengguna juga dapat mencoba sebuah tool bernama Compiz dan menciptakan pengalaman Ubuntu yang lebih menarik.

5. Ubuntu memiliki banyak varian

Alasan Kenapa Memilih Ubuntu

Pengguna baru mungkin tidak mengetahui bahwa selain berbasis DE GNOME, Ubuntu memiliki banyak varian lainnya. Ada berbagai varian Ubuntu yang memenuhi kebutuhan spesifik pengguna. Jika pengguna ingin mencoba DE yang modern dan ramping, ada Kubuntu. Untuk sistem dengan konfigurasi rendah, Lubuntu dan Xubuntu dapat menjadi pilihan. Ubuntu GNOME dan Ubuntu MATE adalah dua varian lainnya. Selain itu, ada juga Edubuntu difokuskan untuk penggunaan di sekolah dan institusi pendidikan.

6. Memiliki forum komunitas yang supportive

Alasan kenapa memilih Ubuntu lainnya adalah Ubuntu memiliki dukungan komunitas yang bagus sama seperti proyek berbasis Linux lainnya. Hal ini merupakan salah satu keuntungan terbesar dari Ubuntu dibandingkan distrobusi lainnya. Untuk mendapatkan support dari forum Ubuntu, pengguna dapat mengunjung https://www.ubuntu.com/supporthttps://askubuntu.com, atau langsung dari group Facebook Ubuntu Indonesia.

7. Low system requirements

Meskipun dua varian khusus, Lubuntu dan Xubuntu, dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sistem kelas bawah, Ubuntu Unity default juga tidak memerlukan perangkat kelas untuk sistem kelas atas. Persyaratan perangkat keras yang disarankan untuk menjalankan Ubuntu adalah prosesor 700 MHz, RAM 512MB, dan hard disk 5GB.

8. Software Center Ubuntu menyediakan banyak software gratis

Alasan Kenapa Memilih Ubuntu

Pengguna Ubuntu juga dimanjakan dengan berbagai software gratis yang dapat diunduh melalui Software Center. Pengguna hanya perlu membuka Software Center dan dari sana dapat mencari perangkat lunak yang dibutuhkan. Cukup klik pada tombol instal dan paket dari perangkat lunak tersebut akan diinstal di sistem. Selain melalui Software Center, pengguna juga dapat menginstal perangkat lunak melalui perintah sederhana di terminal. Untuk penggunaan dasar, Ubuntu sudah diinstal dengan beberapa perangkat lunak default seperti Gimp, Chromium, VLC, dan Firefox.

9. Peningkatan kompatibilitas, termasuk kebutuhan driver

Versi-versi baru dari Ubuntu kebanyakan sudah dengan kernel Linux terbaru. Hal ini memungkinkan Ubuntu dapat berjalan dengan baik di lebih banyak perangkat keras yang sudah berumur, serta sistem baru dengan chip terbaru. Ubuntu juga dilengkapi dengan banyak driver pra-instal yang menghemat waktu pengguna.

10. Ubuntu merupakan OS open-source

Tidak seperti Windows, Ubuntu adalah OS yang bersifat open-source. Ada banyak keunggulan yang dapat dinikmati pengguna jika menggunakan OS yang bersifat open-source.

Bagaimana cara menginstall atau mencoba Ubuntu?

Jika ingin mencoba Ubuntu, pengguna dapat menggunakan Drive USB Ubuntu yang sudah diisi dengan file ISO Ubuntu secara langsung dan menjalankannya tanpa melakukan instalasi. Pengguna juga dapat mencobanya di Virtual Machine. Berikut adalah tautan resmi untuk mengunduh Ubuntu Desktop.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...