500px Tidak Lagi Mendukung Lisensi Creative Commons

Home Internet 500px Tidak Lagi Mendukung Lisensi Creative Commons

-

Fotografer yang menggunakan 500px untuk mendistribusikan karya mereka sekarang harus menerima dua kebijakan yang baru saja diterbitkan. Pertama, 500px tidak lagi mendukung lisensi Creative Commons; di mana mereka menghapus opsi untuk mengunggah atau mengunduh foto dengan lisensi CC tersebut. Pada hari Sabtu lalu, 500px juga menutup platform foto stock-nya 500px Marketplace, dan menggantinya dengan distribusi melalui kemitraannya dengan Visual China Group, yang mengakuisisi 500px pada awal tahun ini, untuk pengguna di China dan Getty Images untuk pengguna di luar China.

500px Tidak Lagi Mendukung Lisensi Creative Commons

Didirikan pada tahun 2009, 500px adalah platform fotografi. Sejak awal, mereka telah memperoleh 13 juta pengguna dengan Marketplace yang menghubungkan fotografer dan klien yang mencari foto-foto stok. Perusahaan yang berbasis di Toronto ini juga telah melalui sejumlah perubahan pada management pada tahun ini: diakuisisi oleh Visual China Group pada bulan Februari, dan mengumumkan kemitraan dengan Getty Images pada bulan Mei lalu. Beberapa minggu lalu, 500px juga mendatangkan CEO baru, Aneta Filiciak, yang merupakan mantan Wakil Presiden Pengembangan Strategis mereka.

Seorang juru bicara 500px mengatakan kepada The Verge bahwa mereka memutuskan untuk menghentikan program Creative Commons-nya karena kurangnya aktivitas. Namun, 500px tidak menutup kemungkinan untuk mendatangkan kembali program tersebut di masa yang akan datang tergantung pada respons pengguna. Keputusan ini merupakan kerugian bagi banyak organisasi, termasuk organisasi nirlaba, yang bergantung pada gambar berlisensi Creative Commons untuk situs mereka.

500px Tidak Lagi Mendukung Lisensi Creative Commons
Credit: 500px

Baca juga: Kumpulan Website Foto Editing Pengganti Photoshop 2017

Penghapusan program lisensi CC oleh 500px ini juga memperoleh banyak kritik dari pengguna, dan bahkan juga dari co-founder mereka. Evgeny Tchebotarev, co-founder yang meninggalkan perusahaan pada tahun 2016, melalui tweet-nya mengatakan bahwa “Creative Commons sangat penting untuk pertumbuhan dan dukungan dari web yang terbuka,”

500px mengatakan dalam FAQ-nya bahwa mereka tidak berencana untuk menawarkan opsi lisensi hak cipta publik lain sebagai alternatif dari CC. Namun, mereka juga menegaskan jika fotografer dapat memilih untuk mengunggah karya mereka dengan lisensi royalti-free 500px untuk distribusi melalui Getty atau VCG. 500px juga mengatakan tidak akan menyediakan akses atau jalur migrasi untuk kontributor yang telah mengunggah gambar Creative Commons.

Sebagai komunitas Creative Commons yang sangat aktif, Jason Scott, yang bekerja di Internet Archive, memperkirakan bahwa 500px menghosting lebih dari 1 juta foto berlisensi Creative Commons dan semua foto-foto ini sekarang hilang. Scott kemudian menyatakan bahwa lebih dari 3 Terabyte foto Creative Commons yang dihosting pada 500px sedang diarsipkan melalui The Wayback Machine oleh para relawan dan aktifis internet. Pengguna dapat mengunduh bagian dari arsip foto-foto tersebut melalui Archive.org.

Alternatif untuk 500px

Berikut adalah situs-situs website yang bisa dijadikan sebagai alternatif perihal 500px tidak lagi mendukung lisensi Creative Commons:

  • Flickr: baru saja diakuisisi oleh SmugMug, Flickr mendukung lisensi Creative Common. Meskipun tidak aktif lagi seperti beberapa tahun lalu, Flickr masih menjadi destinasi populer bagi para fotografer;
  • Pexels: sebuah komunitas fotografi yang ditujukan khusus untuk menyediakan foto-foto stok yang dirilis di bawah lisensi Creative Commons;
  • Unsplash: mirip dengan Pexels, Unsplash juga menyediakan foto-foto berlisensi Creative Commons.

Artikel terkait

Tinggalkan komentar

Tulis komentar Anda!
Masukkan nama Anda di sini

Berlangganan newsletter

Untuk mendapatkan update mingguan dari artikel populer yang dibahas di Koalakontent. Tenang saja, kita juga gak suka spam kok!

Artikel terbaru

Valve Rilis Aplikasi Steam Chat di iOS dan Android

Valve resmi merilis aplikasi Steam Chat untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi native ini dirancang khusus untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan pengguna lain yang...

Adobe Premiere Rush Resmi Tersedia di Android

Telah lama dinanti, Adobe kini resmi merilis Premiere Rush untuk perangkat Android. Sebelumnya, Premiere Rush, aplikasi edit video yang dikhususkan untuk content creator, dirilis...

Windows 10 ‘May 2019 Update’ Resmi Tersedia

Microsoft merilis Windows 10 May 2019 Update beberapa hari lalu untuk semua pengguna. Sebelumnya, update ini pertama kali dirilis melalui jalur Release Preview untuk...